x

Iklan

Octa Putri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Juli 2023

Selasa, 11 Juli 2023 10:19 WIB

KKN Untag 1945 Surabaya; Pembuatan Tempat Duduk dari Ecobrick

Kuliah Kerja Nyata Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diketahui dan meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa. Menerapkan IPTEKS secara team work dan interdispliner. Menanamkan nilai kepribadian, keuletan, etos kerja dan tanggung jawab.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto – Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya sedang melakukan program kuliah kerja nyata pada 03/07/2023 dengan di bimbing oleh Bapak Novan Andrianto, S.I.Kom., M.I.Kom. selaku salah satu dosen di kampus serta sebagai dosen pembimbing dilapangan. Kegiatan ini bertemakan “ Pendampingan pembuatan eco brick tempat duduk dari botol plastik dengan memanfaatkan limbah botol plastik “  dengan tujuan menambah wawasan terhadap masyarakat mengenai pemanfaatan limbah botol plastik. Dalam kegiatan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini, kampus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Tujuan dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini sebagai pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan para mahasiswa dalam rangka mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diketahui dan meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa. Menerapkan IPTEKS secara team work dan interdispliner. Menanamkan nilai kepribadian, keuletan, etos kerja dan tanggung jawab, kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan. Dengan ini penulis sebagai pelaku Kuliah Kerja Nyata ( KKN ). Penulis mengusung materi tentang bagaimana cara pembuatan eco brick tempat duduk dari limbah botol plastic dan memanfaatkan pagar untuk memperindah dan lebih menerapkan konsep eco brick yang mengedepankan masyarakat sekitar untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Eco brick adalah sebuah inovasi visioner yang dikembangkan sebagai solusi pengolahan limbah plastik. Diambil dari dua kata pembentuknya, eco dan brick, secara sederhana didefinisikan sebagai bata ramah lingkungan. Ecobrick sendiri diciptakan oleh Rusel Maier seorang seniman dari Kanada di Filipina. Sangat populer di dunia saat ini dan juga sering dikenal dengan nama-nama seperti Bottle Brick atau Ecoladrillo. Dikembangkan dari material plastik atau sampah plastik, Ecobrick ini memiliki sifat dasar dari plastik tersebut yaitu kuat, anti air, dan awet.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Perlengkapan eco brick yang dibutuhkan untuk membuat tempat dudukdari botol plastik, pada umumnya membutuhkan beberapa peralatan dan perlengkapan yang dapat digunakan untuk menumbuhkan eco brick. Contohnya kayu, botol plastic bekas, sampah plastik. Membuat Eco Brick tidak semudah membuat kerajinan tangan, perlu keahlian khusus dalam hal membuat eco brick, memilih jenis sampah botol plastik, mengaplikasikannya pada lokasi yang tepat, dan merawatnya secara berkala.

Dapat disimpulkan bahwa dengan dibuatnya Eco Brick pembuatan tempat duduk dari botol plastik untuk menghasilkan produk yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Proses pembuatan eco brick tempat duduk dari botol plastik juga cukup mudah, jadi masyarakat  bisa menerapkannya dirumah masing-masing, maka masyarakat bisa memanfaatkan sampah botol plastik untuk membuat eco brick tempat duduk dari sampah botol plastik. Eco Brick yang dirancang berisi sampah plastik yang tidak hanya memiliki nilai estetika. Sehingga, perancangan pada daerah padat penduduk ini sangat bermanfaat baik bagi masyarakat maupun terhadap lingkungan yang lebih baik eco Brick belum sepenuhnya dapat memecahkan masalah lingkungan yang terjadi. Namun, eco brick dapat dijadikan sebagai salah satu solusi dalam membantu memecahkan masalah lingkungan yang terjadi. Sehingga, jika semakin banyak orang pembuatan eco brick, dapat membantu dan memberikan efek yang lebih besar dalam menangani masalah lingkungan.

 

Sehabis kegiatan yang bermakna ini, diharapkan segala hasilnya mampu memberi manfaat tentang sampah botol plastik yang ada dirumah tangga yang dapat dikembangkan. Lalu, dengan meningkatnya sampah plastik yang ada dirumah tangga juga mempengaruhi roda perekonomiaan yang membuat pendapatan masyarakat yang ada di Desa Pesanggrahan menjadi meningkat.

 

Ikuti tulisan menarik Octa Putri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

16 jam lalu

Terpopuler