x

Iklan

Epi Susanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Juli 2023

Selasa, 11 Juli 2023 07:48 WIB

AI Bisa Mendorong Personalisasi dalam Dunia Pendidikan

Tahukah anda Peran AI di Dunia Pendidikan? Secara global, AI ini telah mempengaruhi dunia ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tahukah anda Peran AI di Dunia Pendidikan? Secara global, AI ini telah mempengaruhi dunia ini. Diperkirakan tahun 2030 akan mempengaruhi PDB. Hampir semua negara ini pengaruh besar dari AI ini, terutama China. AI ini telah membantu kita di dunia digital.

Seberapa Penting Peran AI?

AI mempengaruhi dunia nyata dan ekonomi dunia. Sejak tahun 2011, telah terjadi peningkatan yang signifikan hingga 400 persen. Keterlibatan mahasiswa STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) akan mengalami peningkatan yang signifikan hingga tahun 2030 ke depan.

Kebutuhan yang mendasari adalah meningkatnya permintaan komputasi kinerja tinggi untuk pekerja, pelajar, dan mahasiswa di era modern dengan menerapkan apa yang telah dipelajari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan teknologi AI, mereka membutuhkan platform pembelajaran yang kuat untuk memenuhi standar industri. Hampir semua pekerjaan bergaji tinggi ini berasal dari STEM di bidang AI, Teknik mesin, teknik sipil, teknik elektro, teknik kimia, sains komputer/sains data, ekonomi. Ini adalah yang paling dicari.

Apa Itu Artificial Intelligence ?

Istilah Artificial Intelligence (AI) pertama kali diperkenalkan pada tahun 1956 oleh John McCharty dari MIT (Massachusetts Institute of Technology). Menurut John McCarthy Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah proses pemodelan pemikiran manusia dan merancang sebuah mesin sehingga dapat berperilaku seperti manusia atau istilah lain disebut tugas kognitif, yaitu bagaimana mesin dapat belajar secara otomatis dari data dan informasi yang telah diprogram.

Melalui ranah pendidikan, AI bisa berperan dalam banyak aspek, AI bisa memudahkan kinerja guru, seperti penentuan nilai akhir berdasarkan bobot penilaian terutama dalam hal administrasi. AI juga dapat memudahkan guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dan berbagai kegiatan pembelajaran lainnya.

Manfaat AI untuk Siswa dan Guru

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat utama AI dalam pendidikan adalah potensinya untuk meningkatkan pembelajaran yang dipersonalisasi. Pendidikan tradisional ini telah dirancang untuk model “satu ukuran bagi semua” siswa diharapkan supaya belajar dengan kecepatan dan cara yang sama.

Akan tetapi kenyataannya, tiap siswa belajar dengan cara yang berbeda dengan kecepatannya sendiri. AI ini dapat membantu anda untuk menjembatani kesenjangan dengan cara memberi siswa pengalaman untuk belajar yang adaptif dan personal.

Berdasarkan data ini, platform dapat menyesuaikan konten dan metode pengiriman agar sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan kecepatan belajar setiap siswa.

Ini membantu siswa belajar lebih efisien, terlibat dengan materi pembelajaran lebih efektif, dan mencapai hasil yang lebih baik. Berikut ini mengenai manfaat AI bagi siswa dan guru bisa anda lihat berikut:

- Analisis kesenjangan pembelajaran dan kinerja siswa: Analisis kinerja siswa sebelumnya dan identifikasi kesenjangan pembelajaran yang mungkin tidak terdeteksi. Ini juga memungkinkan guru untuk melacak kehadiran siswa, pengiriman tugas, dan kinerja pada tugas tertentu untuk menandai perilaku yang mengkhawatirkan.

- Personalisasi bahan ajar: Menyesuaikan materi dengan kebutuhan siswa, menciptakan pengalaman belajar yang dipersonalisasi alih-alih pendekatan "satu ukuran cocok untuk semua.

- Pertanyaan dijawab secara instan: Jawab setiap pertanyaan siswa dan guru dalam hitungan detik. Ini memiliki keuntungan lebih lanjut untuk mendorong siswa yang pemalu untuk mengajukan pertanyaan secara langsung.

- Dengan lebih banyak pertanyaan yang dapat dijawab, guru dapat melacak apa yang telah ditanyakan sambil memfokuskan upaya merancang intervensi keterlibatan siswa dan meminimalkan kesenjangan pembelajaran.

- Umpan balik tepat waktu: Beri siswa umpan balik yang lebih sering tepat selama kegiatan pembelajaran, saat materi masih segar dan pikiran mereka lebih terbuka untuk belajar. 

- Motivasi dan keterlibatan: Bagi yang menggunakan alat virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) ini dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Di dunia yang serba cepat dan didorong oleh teknologi, orang mendambakan metode pembelajaran yang menyenangkan.

- Aksesibilitas yang ditingkatkan: Menjembatani batasan antara siswa, guru, dan bahkan administrator pendidikan melalui pengumpulan data cerdas, tugas khusus, atau jadwal yang dipersonalisasi sehingga hambatan seperti lokasi fisik, bahasa, dan biaya dapat diatasi.

- Pembuatan ide materi: Menghemat waktu guru dalam membuat konten, ide, dan bahkan tujuan pembelajaran bagi guru untuk ditinjau, dimodifikasi, dan digunakan secara kreatif di kelas.

- Penghematan waktu: Melakukan banyak pekerjaan lain yang terlalu memakan waktu bagi pendidik, seperti mencatat dan menilai termasuk menghasilkan ide atau menyusun konten yang membebaskan waktu siswa untuk berfokus pada keterampilan tingkat tinggi seperti analisis atau kreativitas.

Demikian penjelasan dari saya tentang seberapa penting peran AI di dunia pendidikan seperti yang dilansir slot. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Ikuti tulisan menarik Epi Susanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu