x

Ilustrasi pembunuhan. FOX2now.com

Iklan

Puspo Lolailik Suprapto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Juli 2023

Senin, 17 Juli 2023 11:50 WIB

Murder on The Orient Express, Bukti Kecemerlangan Agatha Christie Sebagai Penulis Misteri

Dengan plotnya yang rumit, karakter yang mudah diingat, serta akhir yang tidak terduga, novel ini mendapatkan tempatnya sebagai salah satu novel detektif popular sepanjang masa.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Murder on Orient Express yang ditulis oleh Agatha Christie, adalah novel detektif klasik yang memikat kita sebagai pembaca sejak diterbitkan pada 1934. Novel ini memperkenalkan salah satu karakter penulis yang paling ikonik, yaitu detektif brilian Hercule Poirot. Tak hanya itu, penulis menyajikan sebuah cerita misteri yang kompleks dan juga membingungkan. 

Cerita ini dimulai ketika detektif Hercule Poirot bepergian naik Orient Express, kereta yang terkenal karena popularitas dan prestisenya. Namun, tiba-tiba kereta terdampar karena badai salju yang lebat, dan pada malam hari, salah satu penumpang, Tuan Ratchett, ditemukan tewas di kompartemennya. Poirot dipanggil untuk menyelidiki pembunuhan itu serta menghadapi belasan karakter yang menarik dan beragam yang semuanya berpotensi menjadi tersangka.

Ketika Poirot menyelidiki kasus ini, dia menemukan jaringan koneksi yang rumit antara penumpang, di mana banyak di antaranya memiliki rahasia. Setiap penumpang memiliki motif kuat menginginkan kematian Ratchett, karena dia dinyatakan sebagai penjahat yang berhasil lolos dari hukuman dalam kasus penculikan dan pembunuhan terkenal. Poirot dengan cermat memeriksa semua bukti, mewawancarai dengan belasan penumpang, dan keterampilan pengamatannya yang tajam perlahan mengungkap kebenaran.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di sepanjang penyelidikan, detektif Poirot menghadapi berbagai kendala serta kesaksian yang saling bertentangan. Namun, dia optimis dan menemukan bahwa banyak penumpang yang berperan dalam pembunuhan tersebut, di mana masing-masing penumpang bertindak karena motif pribadi dan keinginan untuk keadilan. Akhirnya, Poirot berhasil mengungkap di balik pembunuhan itu, dan menghadapi dilema moralnya sendiri serta memberi kita akan resolusi yang tidak terduga.

Dalam novel ini, penulis dengan mahir menciptakan beragam karakter dengan kepribadian dan latar belakang yang berbeda. Hercule Poirot adalah karakter yang menonjol, digambarkan sebagai detektif yang eksentrik dan cerdas dengan perhatian terhadap detail. Tingkah laku Poirot yang unik, pendekatan yang cermat untuk menyelesaikan kejahatan, dan komitmen yang tak tergoyahkan terhadap keadilan ini menjadikannya sebagai protagonis yang tak terlupakan.

Sementara, semua karakternya sangat menarik. Mulai dari, Putri Dragomiroff yang penuh rahasia hingga Countess Andrenyi yang ramah tamah. Setiap penumpang memiliki motif serta kerumitan mereka sendiri ke dalam cerita. Penulis mahir dalam menciptakan karakter multidimensi yang menjadi tersangka sekaligus calon korban, menambahkan lapisan kedalaman yang semakin intrik pada narasinya.

Salah satu tema utama yang dieksplorasi dalam novel ini adalah konsep keadilan. Penulis mengajukan pertanyaan yang menggugah pikiran kita sebagai pembaca tentang moralitas dan sejauh mana orang bersedia mencari pembalasan. Ceritanya menggali konsekuensi dari dendam pribadi serta dampaknya terhadap individu dan masyarakat.

Gaya penulisan Agatha Christie jelas, ringkas, dan juga menarik. Penulis menyajikan narasi dengan cara yang lugas, memungkinkan kita untuk mengikuti penalaran deduktif Poirot saat dia mengungkap misteri tersebut. Perhatian penulis terhadap detail serta kemampuannya untuk membuat alur cerita yang menegangkan dan sangat luar biasa, menjadikan novel ini sebagai pembalik halaman dari awal hingga akhir cerita.

Secara keseluruhan, Murder on the Orient Express adalah karya fiksi klasik abadi yang menampilkan kecemerlangan Agatha Christie sebagai penulis misteri. Dengan plotnya yang rumit, karakter yang mudah diingat, serta akhir yang tidak terduga, novel ini mendapatkan tempatnya sebagai salah satu novel detektif popular sepanjang masa. Bagi kamu penyuka genre misteri, novel ini wajib dibaca. Novel ini akan terus memikat pembaca untuk generasi mendatang.

 

Ikuti tulisan menarik Puspo Lolailik Suprapto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu