x

Iklan

KKN161 Mlandingan Wetan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juli 2023

Selasa, 25 Juli 2023 10:17 WIB

Mengenal Lebih Dekat Potensi Desa Mlandingan Wetan Bersama KKN Unej SDGs Kelompok 161


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mlandingan Wetan, 22/07/2023 — Kegiatan KKN merupakan kegiatan yang diwujudkan dalam bentuk program pengabdian masyarakat, dalam hal ini mahasiswa kelompok 161 KKN UMD Universitas Jember yakni Rizky Akbar Briliantono sebagai Koordinator Desa, Cut Putri Aliya Ghifani sebagai Sekretaris, Ike Wulandari sebagai Bendahara, Mochammad Rizky dan Anies Firdyanti Kusuma sebagai sie Publikasi Dekorasi dan Dokumentasi, Naufalaqil Austra Dwi Putra, Atikah Fairuz Salsabila, dan Tiara Dwi Meilinda Aisa sebagai sie Hubungan Masyarakat, Luvita Agoestina Rumokoy sebagai sie Konsumsi, Muhammad Faza Akmal dan Yanuar Rizky sebagai sie Perlengkapan, dengan Bapak dr. Yudha Nurdian M.Kes. sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Desa Mlandingan Wetan terletak di Kecamatan Bungatan, termasuk wilayah Kabupaten Situbondo. Sebelah timur Desa Mlandingan Wetan berbatasan dengan Desa Bletok, di sebelah barat berbatasan langsung dengan desa Mlandingan Kulon. Sedangkan sebelah utara berbatasan dengan Selat Madura dan selatan berbatasan dengan Desa Tribungan. Desa ini memiliki 6 dusun yang terdiri dari  dusun Pesisir, dusun Palongan, dusun Kloangan, dusun Tegal Cina, dusun Krajan, dan dusun La’angan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kelompok 161 KKN Unej SDGs bersama kepala dusun La'angan

Sebagian besar perempuan di Desa Mlandingan Wetan berprofesi sebagai buruh tani, hingga pekerja rantau di kota. Desa ini masih memiliki skor SDGs desa di bawah rata-rata. Salah satunya adalah kurang meratanya pertumbuhan ekonomi di desa tersebut. Sedangkan, desa Mlandingan Wetan memiliki usaha berbasis home industry yang cukup berpotensi untuk dikembangkan.

Melalui program KKN UNEJ SDGs Desa, mahasiswa KKN Kelompok 161 tahun 2023 berfokus pada keterlibatan perempuan di desa guna mendukung pertumbuhan ekonomi merata melakukan kunjungan di setiap dusunnya untuk melihat dan mengetahui secara langsung keadaan pada dusun tersebut. Dari kunjungan tersebut diperoleh informasi menganai kewirausahaan dari masing-masing dusun. Seperti di dusun Palongan, terdapat usaha pembuatan kue tradisional machu, home industry keripik sawo dengan ukuran yang bervariasi, di dusun Krajan terdapat kewirausahaan kecil kerajinan tangan yang berasal dari kerang. Sedangkan di dusun La’angan terdapat kewirausahaan kecil untuk tahu mentah.

Ikuti tulisan menarik KKN161 Mlandingan Wetan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu