x

Part of Ini Manda dari Bandung

Iklan

Acha Hallatu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 November 2021

Sabtu, 5 Agustus 2023 08:21 WIB

Terkirim ke Bandung Wetan

Sejuta sayang untukmu. Surat cinta pertamaku terkirim ke Bandung Wetan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Aku menulis sesuatu pada note di ponselku. Lihatlah, ini surat cinta pertamaku yang akan aku kirim untuk seorang wanita yang berada di Bandung. Aku coba ingat lagi, kayanya aku pernah menulis surat cinta deh sebelumnya.

Hmmm…

Kita semua pernah menulis surat cinta. Mungkin momen itu disaat kita baru masuk sekolah saat duduk di bangku sekolah menengah pertama. Yup, tepatnya saat masa orientasi siswa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ada-ada aja kerjaan kakak kelas kita saat ngospek. Pasti kalian dulu juga pernah disuruh nulis surat cinta buat kakak kelas yang kalian suka, kan? Disuruh bawa coklat juga gak sih? Tapi itu masa lalu yang penuh dengan candaan. Adakah yang jadi serius? Sampai sekarang jadi dekat karna surat cinta itu? Atau jangan-jangan jadi menikah karna surat cinta itu?

Hahahahaha…

Udah kaya sinetron ya.

Aku tak kuasa menahan senyumku di sepanjang jalan menuju tempat tahu gejrot langganan Pak Erwin. Aku senyum-senyum sendiri sampai membuat Pak Erwin susah melepas pandangannya dariku. Kebetulan di dalam mobil aku duduk tepat di samping Pak Erwin. Karna kami menaikki mobil milik Pak Erwin jadi Pak Erwin lah yang menyetir.

Kapan lagi sih ngerasain disupirin sama atasan sendiri?

Hahahaha…

Si tukang cepu sibuk dengan gadget miliknya. Maklum, baru beli aipon boba dia mah. Jadinya susah lepas, awas gencet!

“Kamu kenapa senyum-senyum sendiri gitu?” tanya Pak Erwin yang menyimpan rasa penasaran.

Aduhh!

“Nggak apa-apa kok, Pak Erwin.” Aku mencoba ngeles.

Bukan Pak Erwin namanya kalau belum merasa puas jika tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Hmmm…

Aku melihat matanya melirik ke arah ponselku. Sepertinya dia mencoba mengintip isi note tersebut. Perlahan tapi pasti aku coba menggoyangkan ponselku agar berhasil mengecohkan pandangannya agar tidak terlihat jelas isi note itu. Lalu aku mengunci layarku. Dan aku membuang pandanganku keluar sambil memperhatikan setiap kendaraan yang berlalu-lalang di jalanan kota Jakarta ini.

“Saya tahu kok kalau kamu lagi jatuh cinta..” celetuk Pak Erwin yang tiba-tiba terasa seperti petir gledek menyambarku di dalam mobil.

What the hell?!

Benar sih tebakannya, Pak Erwin juga udah pernah bilang kemarin dan sekarang dia makin yakin kalau aku memang sedang jatuh cinta. Tapi setidaknya Pak Erwin tidak mengetahui dengan siapa aku menjatuhkan hatiku ini sedalam Danau Toba. Eak!

“Gua bilang juga apa…”

Ha?! Astagaaa.. Berisik banget deh ketombe kuyang. Tiba-tiba dia bersuara dari kursi penumpang bagian belakang.

“Dia lagi jatuh cinta ya, kan?” tanya Pak Erwin pada rekan kerjaku itu.

“Tanya aja dah sama orangnya langsung, Pak.” Sahut rekan kerjaku sambil cengar-cengir. Sepertinya dia ingin membalaskan dendamnya setelah aku menginjak sepatunya kemarin.

Pliss! Kok aku merasa terkepung ya di dalam mobil ini?

“Dari semua karyawan, cuma kamu doang yang saya perhatiin nggak punya pacar.” Ucap Pak Erwin sambil membelokkan stir mobil ke kanan.

Aku melihat tempat itu. Yup, tempat tahu gejrot langganan Pak Erwin. Akhirnya sampai juga. Udah merasa gerah banget aku di dalam mobil karna dikepung. Tapi sepertinya Pak Erwin menunggu jawabanku atas pernyataannya yang tadi itu.

Aku menghela nafas dan hanya tertawa kecil.

“Lagi nggak kepikiran aja nih, Pak. Mau fokus karir dulu aja,” ucapku penuh dengan kebijaksanaan.

Ciyeelaaahhhh…

Aslinya mah ngerasa kesepian, pasti! Apalagi udah 5 tahun lamanya nggak ngerasain rasanya pacaran. Kok jadi terdengar ngenes banget, ya?

Hahahaha…

“Halo Pak Erwin, selamat datang. Makan sini?” Sambutan hangat langsung dari owner tahu gejrot, gaiss! Pak Erwin ini memang pelanggan setia disini. Kalau kata orang-orang sih privilege. Yup, Pak Erwin punya privilege di tempat tahu gejrot ini. Pelayanannya beda pokoknya dari customer yang lainnya deh!

Tapi serius, ini enak banget lho!

Atau mungkin karna ini pilihan dan seleranya Pak Erwin? Ya, berarti seleranya Pak Erwin bagus dong. Terlihat dari raut wajah rekan kerjaku yang juga menikmati seporsi tahu gejrot pesanannya. Dan berhasil membuatnya lupa dengan makanan dambaannya, mie ramen.

Seusai makan kami mulai membahas naskah.

L I N E ~

Nada khas itu terdengar oleh kami bertiga. Dan aku melihat notif yang udah aku tunggu dari tadi. Ah, Manda! Aku suka banget melihat namamu muncul di layar ponselku!

Hahahaha…

Lebay banget, ya?

Aku baru bisa membaca pesannya setelah aku berada di mobil dalam perjalanan balik ke kantor. Pengen banget deh buru-buru reply pesan darinya tapi emang gak memungkinkan aja.

Maaf ya, Manda.

“Kamu udah makan?” isi pesan chat dari Manda yang mampu membuatku dimabuk kepayang sampai nggak sadar ngemil daun ketapang.

Ya Tuhan…

Terakhir kali aku merasakan hal seperti ini tepat 5 tahun yang lalu. Kelamaan jomblo deh jadinya gini. Lama nggak diperhatiin, sekalinya dikasih perhatian bisa buat diri ini kegirangan guling-guling dari Jakarta sampai Bogor.

Aku yang terlihat senyum-senyum sendiri saat membalas chat dari Manda, ternyata Pak Erwin memperhatikanku.

“Ada yang lagi dimabuk kepayang nih kayanya..” ujar Pak Erwin yang berhasil memancing si tukang cepu untuk berkoar.

Yaelahh.. Jigong kuda nil pasti bakalan nyablak nih!

“Iya, Pak Erwin. Waktu itu kepergok dia lagi sibuk ngotak-atik ponselnya pas kita lagi pada meeting. Aku lihat sih ada satu panggilan tidak terjawab dari cewe deh kayanya..” Rekan kerjaku mulai berpikir mencoba mengingat kontak yang menelfon aku kemarin.

“Cewe? Siapa? Berarti bukan satu kantor dengan kita dong, ya?” tanya Pak Erwin yang semakin penasaran. Makin gerah nih di dalam mobil. AC-nya gak bisa digedein nih?

Aku hanya bisa diam pasrah aja.

Pak Erwin melirik rekan kerjaku dari spion atas dekat pengemudi. Seolah menanti jawaban yang akurat tentang wanita yang kemarin menelponku saat kami sibuk meeting.

“Wanda deh kayanya, Pak.” Rekan kerjaku mencoba menebak wanita itu.

What?! Hampir aja bener, tapi sayangnya masih salah menebak nama wanitaku! Tapi tetap aja dia lupa-lupa ingat kaya judul lagu gak tuh?

Hahahaha…

Aku hanya tertawa cengengesan saat mereka melihatku dengan tatapan yang menggoda. Berharap ya aku ceritain? Tidak semudah itu, ferguso!

Sesampainya di kantor, aku masih aja tergoda dengan tulisanku yang ada di note ponselku. Aku mencuri waktu saat di kantor untuk membaca kembali isi surat cinta pertamaku itu. Mumpung lagi di kantor nih, jangan disia-siakan fasilitas yang ada.

Hahahaha…

Aku memindahkan tulisanku dari note di ponselku ke laptop dan sengaja nge-print di kantor. Aku beli amplop untuk suratku setelah pulang ngantor deh. Merdu sekali aku mendengar suara printer itu. Suara Manda sisa semalam masih aja terasa dan terngiang-ngiang hari ini di kantor.

Ah, entahlah. Aku benar-benar jatuh suka padanya. Aku tidak bisa menyangkal perasaan itu. Tapi aku takut, takut kalau cuma aku doang yang merasakannya. Capek banget rasanya bertepuk sebelah tangan teruusss…

Tepat jam 10 malam aku membaca ulang surat cinta pertamaku itu dalam kesunyian di kamarku.

“Dear Manda…

Aku tahu kalau zaman udah canggih banget dan mungkin ini akan terasa menggelikan buatmu. Ini surat cinta pertamaku yang aku tulis untuk seorang wanita. Aku belum pernah melakukan hal ini pada wanita manapun. Jadi kamu boleh berbangga terhadap hal itu. Maaf, surat cinta ini bukan berisi gombalan seperti surat cinta pada umumnya.

Aku senang dipertemukan denganmu. Jaga kesehatan disana, ya. Semoga harimu selalu menyenangkan.

Kabari aku kalau surat ini udah sampai di Bandung Wetan.

 

Jakarta,

Dari Temen Match kamu”

 

Andai Manda mengetahui kalau ternyata aku udah lama banget gak ngerasain jatuh cinta. Dan semenjak bertemu dengannya di dating apps, hatiku yang mati rasa selama 5 tahun kembali berdetak menunjukkan tanda-tanda bibit unggul akan bertumbuh.

Aku bersiul…

Pagi ini kota Jakarta cerah banget! Aduh, secerah masa depanku. Amiinnn!

Aku udah menyusun rencana hari ini. Jam makan siang nanti aku keluar sebentar ke kantor pos buat kirim surat cintaku ini.

Adakah yang pernah melakukan hal se-freak ini? Atau cuma aku doang? Aku sengaja menyemprotkan parfum kesayanganku ke surat itu. Ya, biar wangi aja. Penanda ini surat cinta dari aku lho, Manda. Eak!

Tapi kayanya lebay banget deh, ya kan?

Perhatian dan penjagaan yang sangat ketat selama berjam-jam sebelum surat ini aku serahkan ke mbak yang tersenyum manis di loket pengiriman surat. Pokoknya surat ini gak boleh kusut atau terkena noda sedikit pun !

Ikuti tulisan menarik Acha Hallatu lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu