x

Iklan

Muhammad Syafi'i Nurullah

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dan Content Writer berpengalaman
Bergabung Sejak: 4 Juni 2022

Selasa, 22 Agustus 2023 17:56 WIB

Virtuathlon: Platform Inovatif untuk Menerapkan Gaya Hidup Sehat dan Aktif

Virtuathlon pertama kali diluncurkan pada 17 Agustus 2017. Sejak saat itu, platform ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam upaya meningkatkan gaya hidup aktif di kalangan masyarakat. Seperti ini ulasannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menerapkan pola hidup sehat dan aktif kini semakin mudah dengan kehadiran Virtuathlon, sebuah aplikasi virtual multisport organizing platform. Platform inovatif ini memberikan kesempatan kepada masyarakat umum, pemilik usaha, korporasi, pemerintah, dan komunitas untuk menjalani rutinitas bergerak dan berolahraga di mana pun dan kapan pun mereka mau.

Diciptakan oleh Ramli Alrasid, seorang anak muda asal Sukabumi yang saat ini menetap di Jakarta, Virtuathlon bertujuan untuk mendorong masyarakat Indonesia agar lebih aktif dan sehat melalui gerakan rutin berolahraga. Ramli, yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang ekonomi dan manajemen, memiliki mimpi besar untuk mengubah kebiasaan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi.

Virtuathlon pertama kali diluncurkan pada 17 Agustus 2017. Sejak saat itu, platform ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam upaya meningkatkan gaya hidup aktif di kalangan masyarakat. Ramli tidak sendirian dalam perjalanan ini; ia berkolaborasi dengan Weellie Soe dan Anita Krisnandari untuk membawa inovasi ini menjadi kenyataan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan Virtuathlon, pengguna memiliki kemampuan untuk membuat tantangan atau acara olahraga secara virtual atau hibrid, baik yang terbuka untuk umum maupun yang lebih tertutup. Berbagai jenis olahraga dapat difasilitasi melalui aplikasi ini, mulai dari lari, bersepeda, renang, hingga yoga dan zumba. Pengguna juga dapat mengambil bagian dalam tantangan yang memiliki dampak sosial atau misi personal.

Salah satu keunggulan Virtuathlon adalah kemampuannya dalam memfasilitasi berbagai jenis olahraga, tidak hanya fokus pada satu jenis saja seperti platform sejenis. Dengan dukungan teknologi React-Native, aplikasi ini mampu menyajikan pengalaman pengguna yang lebih cepat dan interaktif.

Seiring berjalannya waktu, Virtuathlon mendapatkan respons positif dari masyarakat. Tidak hanya individu, namun juga komunitas, pemilik usaha, dan bahkan pemerintahan tertarik untuk berkolaborasi dalam mengadakan berbagai acara olahraga melalui platform ini. Bahkan, konsep ini juga berperan dalam menggerakkan BIB (Buat Indonesia Bergerak) Project yang bertujuan untuk mendorong 10.000 orang untuk rutin berolahraga dalam 3 tahun.

Dalam upaya mengembangkan Virtuathlon, Ramli dan timnya tidak hanya berfokus pada inovasi teknologi, tetapi juga menjalin kemitraan dengan berbagai pihak. Virtuathlon berhasil memperoleh investasi dari Spotgue Group, yang memberikan dukungan finansial untuk pengembangan aplikasi dan rencana manajemen sumber daya manusia.

Meskipun telah mencapai banyak pencapaian, Virtuathlon terus mencari pendanaan tambahan dari investor dan perusahaan untuk terus berinovasi dan berkembang lebih jauh. Salah satu pendanaan yang pernah Virtuathlon dapatkan adalah SATU Indonesia Awards. Bersama PT Astra Internasional, penghargaan tersebut memberikan kesempatan kepada Virtuathlon untuk berkembang bersama puluhan awardee lainnya, menjadikan mereka sebagai solusi nyata dalam mewujudkan pola hidup sehat dan aktif bagi masyarakat Indonesia.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Syafi'i Nurullah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu