x

Iklan

Gansuar Sepri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Agustus 2023

Minggu, 10 September 2023 10:45 WIB

Diskusi dengan Warga, Tim PPKO Himasilkan Bantu Bangkitkan Usaha Ibu-ibu Desa Rancabungur

Diskusi denganw arga, Tim PPK Ormawa Himasilkan IPB siap bantu bangkitkan usaha rumahan masyarakat Desa Rancabungur

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dosen THP IPB dan Tim PPK Ormawa Himasilkan Bersama Ibu-Ibu KWT Desa Rancabungur

Mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Perairan IPB University yang tergabung dalam tim pelaksana Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPKO) Himpunan Mahasiswa Teknologi  Hasil Perikanan (Himasilkan) melakukan kunjungan ke rumah warga RW 10, Desa Rancabungur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (9/9). Kunjungan tersebut dalam rangka koordinasi dan diksusi mengenai kelompok usaha individu yang sedang dijalankan ibu-ibu Desa Rancabungur.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam kesempatan ini, Abdul Faiq Jidan selaku tim PPK Ormawa Himasilkan menyampaikan siap membantu kendala ibu-ibu dalam proses wirausaha, khususnya dalam strategi pemasaran. “Disini kami akan membantu ibu-ibu secara individu untuk meningkatkan pemasarannya. Kami memiliki tim di sektor pemasaran yang akan membantu dalam proses pemasaran yang lebih  luas seperti di Tokopedia, Shopee, maupun instagram dan Facebook. Tim kami juga akan membantu dalam strategi pemasaran nantinya,” ujar Faiq (9/9).

Menanggapi hal ini, Dedeh selaku warga RW 10 mengungkapkan keadaan penjualan dan proses pemasaran yang dilakoninya selama ini. “Untuk jualan sendiri, saya disini tidak setiap hari ada barangnya. Hanya saja sesuai permintaan warga dan musiman seperti di hari-hari tertentu. Untuk produk yang dijual juga terbatas pemasaran di WhatsApp karna keterbatasan dalam pengetahuan teknologi” Ungkap Dedeh dalam kunjungan tersebut (9/9).

Dedeh juga menambahkan bahwa produk yang dijual bermacam-macam, tidak hanya berupa makanan tapi juga elektronik, dan pakaian tergantung permintaan dari warga. Mona Dianita selaku penanggung jawab sektor pemasaran menyampaikan agar difokuskan salah satu produk yang ingin dikembangkan, namun tetap memenuhi permintaan masyarakat mengenai produk atau barang lainnya.

“Untuk produk yang ingin dikembangkan cukup 1 produk saja untuk dikembangkan, misalkan produk makanan saja. Namun tetap menerima permintaan masyarakat apabila menginginkan produk lain seperti elektronik atau pakaian, dalam konteks sebagai produk sampingan,” ungkap Mona (9/9).

Melalui pembinaan oleh Tim PPKO Himasilkan ini, Mona berharap ibu-ibu yang memiliki usaha di rumah dapat memaksimalkan kesempatan ini meningkatkan penjualan dan pemasaran.

Ikuti tulisan menarik Gansuar Sepri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

13 jam lalu

Terpopuler