x

Iklan

Lentera Pustaka

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Agustus 2019

Senin, 11 September 2023 12:37 WIB

Apa Hubungan Berbuat Baik di Taman Bacaan dengan Tingkat Hipertensi Seseorang?

Apa hubungan berbuat baik di taman bacaan dengan tingkat hipertensi seseorang? Jadilah relwan di taman bacaan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tidak ada berbuat baik yang terlalu kecil atau tidak penting. Setetes perbuatan baik di taman bacaan pun memberi dampak yang luar biasa. Menyediakan tempat membaca, menyemangati anak-anak, bahkan mengimbangi waktu anak-anak untuk kegiatan yang positif. Maka berkiprah di taman bacaan, pasti memberikan dampak positif yang bertahan lama pada semua yang terlibat dalam kebaikan tersebut. Masih belum percaya?

 

Sebuah studi baru menemukan bahwa melakukan perbuatan baik tidak hanya membantu penerima, tetapi berdampak langsung kepada pelakunya. Carnegie Mellon University (2013) meneliti tentang hubungan antara melakukan aktivitas volunteering (relawan) dan hipertensi. Hasilnya luar biasa, ternyata aktivitas volunteering (relawan) bisa berdampak signifikan pada tekanan darah. Kemungkinan terkena hipertensinya 40 persen lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak menjadi volunteer dalam aktivitas sosial.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Spirit “setetes perbuatan baik” itulah yang dikembangkan di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Setelah 6 tahun beroperasi, TBM Lentera Pustaka selalu berkolaborasi dengan korporasi dan individu untuk berkiprah nyata dalam perbuatan baik di taman bacaan. Bisa membimbing aktivitas membaca di program, TAman BAcaan (TABA), mengajar GErakan BERantas BUta aksaRA (GEBERBURA), mengajar KElas PRAsekolah (KEPRA), menjalankan aktivitas MOtor BAca KEliling (MOBAKE), memandu kagitan LITerasi DIGital (LITDIG) dan LITerasi FINansial (LITFIN). Tidak kurang dari 200 anak-warga menjadi pengguna layanan TBM Lentera Pustaka setiap minggunya yang didukung oleh 12 wali baca dan relawan. Prinsipnya, taman bacaan adalah “ladang amal” semua orang, semua yang mau terlibat dalam perbuatan baik secara nyata.  

 

Setetes perbuatan baik di taman bacaan. Terbukti mampu memotivasi pelakunya untuk berbuat baik lagi. Ingin lebih baik walau tanpa perlu merasa sudah baik. Karena baik itu pilihan, mau atau tidak menjalankannya sekalipun hanya di taman bacaan? Jadi, ke mana Anda mau berbuat baik dan menebar manfaat? Pikirkan dari sekarang. Semoga sehat selalu orang-orang baik. Salam literasi #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Lentera Pustaka lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu