x

Iklan

Munadi Akrom

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 September 2023

Rabu, 13 September 2023 08:49 WIB

Matching Fund dan Dampaknya

Berisi tentang manfaat program matching fund kedaireka bagi intitusi perguruan tinggi yang didalamnya ada dosen (peneliti), mahasiswa, serta bagi industri dan masyarakat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

MATCHING FUND DAN DAMPAKNYA

Perguruan tinggi dan industri merupakan dua entitas terpisah dalam masyarakat. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, paradigma terjadi secara signifikan yang membuat cara berinteraksi keduanya berubah. Kedua entitas tersebut lebih terbuka untuk melakukan kolaborasi khususnya untuk mendorong pembangunan dengan perannya masing-masing. Salah satu bentuk kolaborasi yang terwadahi dengan baik adalah program dari Kedaireka, yaitu matching fund. Kedaireka mewadahi insan perguruan tinggi dan mitra industri bekerja sama untuk menciptakan inovasi. Kolaborasi ini memiliki potensi dan dampak nyata di berbagai bidang. Pada Artikel ini, kami selaku penerima sekaligus pelaksana program matching fund Kedaireka akan mengulas dampak nyata dari kolaborasi inovasi antara insan perguruan tinggi dan mitra industri. Kolaborasi inovasi antara perguruan tinggi dan industri melalui program matching fund Kedaireka telah membantu meningkatkan kualitas bidang pendidikan. Hal ini sejalan dengan program yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yaitu program merdeka belajar. Program ini dinilai akan membawa perubahan signifikan dalam pengajaran, pembelajaran, dan pengembangan sumber daya manusia di level perguruan tinggi. Mitra industri memberikan pemahaman secara langsung baik bagi mahasiswa maupun dosen khususnya dalam implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak dipelajari dikampus. Mitra industri juga menyediakan kesempatan belajar praktis serta menghasilkan proyek-proyek nyata yang melibatkan mahasiswa. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan profesional industri, mengembangkan keterampilan praktis, dan memahami bagaimana teori yang mereka pelajari dapat diterapkan dalam konteks nyata. Ini membuat pembelajaran menjadi lebih berarti dan relevan. Perguruan tinggi dapat menggabungkan pengetahuan akademis dengan wawasan industri sehingga melatih para akademisi menjadi profesional yang lebih kompeten.

Dilihat dari sisi pebagai peneliti, program matching fund Kedaireka memberikan banyak manfaat untuk perguruan tinggi. Pertama, mendorong terwujudnya penelitian terapan yang menghasilkan penemuan-penemuan baru yang dapat langsung diimplementasikan dalam dunia bisnis. Ini berarti penelitian tidak hanya menjadi akademis, tetapi juga memiliki dampak nyata pada perkembangan teknologi dan inovasi. Kedua, kolaborasi yang dibangun antara insan dikti dan industri membuka pintu bagi perguruan tinggi untuk mengakses fasilitas, peralatan, dan dana tambahan yang mungkin tidak tersedia sebelumnya. Ketiga, mendorong kolaborasi antar-disiplin yang mana peneliti dari bidang yang berbeda dapat bekerja bersama untuk menyelesaikan masalah yang nyata.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain, dampaknya bagi, Pendidikan dan penelitian program matching fund Kedaireka bedampak dalam sisi ekonomi. Penciptaan lapangan kerja salah satu dampak nyata dari kolaborasi inovasi antara perguruan tinggi dan industri. Dari program yang diajukan menghasilkan proyek-proyek yang membutuhkan tenaga kerja tambahan, yang berarti lulusan perguruan tinggi memiliki lebih banyak peluang pekerjaan. Dampak lainya adalah pertumbuhan ekonomi lokal. Ketika perguruan tinggi dan industri bekerja sama untuk mengembangkan produk atau layanan baru, ini dapat menghasilkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di wilayah sekitarnya. Dan yang terakhir adalah mengadopsi inovasi dan teknologi terbaru yang dikembangkan bersama dengan perguruan tinggi, perusahaan dapat meningkatkan daya saing mereka di tingkat nasional maupun internasional.

Ikuti tulisan menarik Munadi Akrom lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB