x

pixabay.com

Iklan

Imelda Azzahara

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 September 2023

Jumat, 15 September 2023 10:32 WIB

Pesona Lagoi, Pengaruh Objek Wisata terhadap Ekonomi Masyarakat


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya


Pariwisata lagoi ,terletak di kecamatan Teluk Sebong, Bintan, Kepulauan Riau. Kawasan lagoi menjadi salah satu sumber penghasilan ekonomi masyarakat Desa Sebong Pereh. Karena jarak nya yang dekat dengan negara Singapore dimana banyak turis datang menikmati keindahan pantai lagoi,tidak hanya datang para turis juga menginap di hotel yang ada di wisata lagoi,serta masyarakat setempat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk berjualan, hal itu menambah pemasukan daerah tersebut.

Tidak hanya para turis,wisatawan domestik memilih berliburan ke wisata lagoi menikmati indah nya pemandangan pantai,baik bersama keluarga,pasangan dan teman. Pesona alam yang indah memiliki pantai dengan pasir-pasir putih ,pohon kelapa yang berjajar rapi di sepanjang tepian pantai dan berbagai fasilitas rekreasi membuka pintu peluang bagi ekonomi masyarakat setempat.
Keindahan Alam Wisata Lagoi

Wisata alam adalah tempat pariwisata yang memanfaatkan potensi sumber daya alam untuk dinikmati keindahannya ,baik dalam keadaan alami maupun setelah ada usaha budi daya,agar ada daya Tarik wisata ke tempat tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Indonesia kaya akan keindahan alam pantai nya,salah satu nya adalah pantai lagoi yang menjadi objek wisata di pulau bintan. Objek wisata kelas internasional yang dekat dengan singapura hanya berjarak 50mil. Di kawasan wisata lagoi terdapat berbagai macam fasilitas seperti hotel,villa,restoran,kios souvenir,kamar mandi,dan area parker yang luas. Dengan mengunjungi lagoi, wisatawan dapat menyaksikan deburan ombak dan melakukan akivitas bermain wahana laut seperti banana boat,diving,snorkling,dan lain sebagainya.


Daya Tarik kawasan wisata lagoi:
Mempunyai pemandangan hijau yang indah. Tempat yang luas terdapat beberapa jenis tumbuhan,memiliki udara yang sejuk dan ASRI,dengan tempat yang nyaman dan bersih menjadi salah satu daya Tarik pengunjung. Mempunyai banyak spot foto 

Bangunan – bangunan dengan desain kekinian , serta pantai dengan pasir yang indah membuat pengunjung ingin mengabadikan momen saat berwisata ke lagoi. Memiliki toko souvenir dan menjual oleh-oleh khas bintan seperti makanan otak-otak ,keripik gongong, dan lain sebagainya
Dilengkapi penginapan, resort dan hotel.

Pengunjung dapat menikmati pelayanan dari hotel / resort kualitas terbaik dengan pemandangan pantai yang mereka pesan. Sebagai tempat rekreasi dan wisata olahraga Pengunjung dapat menyewa permainan wahana air dan bermain di sekitar pantai lagoi 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berikut data kunjungan wisata 

Pada tahun 2021 kawasan lagoi sepi pengunjung karena wabah covid19 melanda, jumlah pengunjung sangat turun drastis dikarenakan akses wisata sangat terbatas dan pengunjung daerah lokal melakukan karantina masing-masing dirumah.  Dan para turis tidak boleh masuk karena akses masuk Indonesia-singapura tidak berjalan. Namun seiring waktu wabah covid19 mereda kini wisata lagoi kembali pulih dan beraktivitas seperti biasa,hingga sekarang pengunjung kembali meningkat banyak.

 

 

 

 

 

 

 

 


Dampak sektor pariwisata
Indonesia adalah negara yang penuh dengan kekayaan alam nya,dan berbagai macam keindahan yang bisa dinikmati,dan dimanfaatkan keberadaanya. Potensi pariwisata di Indonesia sangat melimpah yang dapat mengangkat ekonomi masyarakat setempat apabila setiap obyek dapat dikelola dengan baik oleh pemerintah ataupun pihak di sekitar.
Menurut Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan, pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta pelayanan. Keduanya disediakan masyarakat, pengusaha, pemerintah, dan pemerintah daerah.
Salah satu pariwisata yang dibahas dalam esai ini adalah kawasan pariwisata lagoi, lagoi merupakan kawasan wisata bertaraf internasional yang memiliki potensi alam  dalam usaha pengembangan dan peningkatan pariwisata yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan adanya kawasan pariwisata ini, Maka Kabupaten Bintan menjadi daerah tujuan wisata internasional di Indonesia setelah Bali. Hal ini membuka peluang bagi masyarakat sekitar. Kawasan wisata Lagoi selalu berupaya memberi dampak positif dalam meningkatkan Kualitas Kawasan pembangunan wisata , pemeliharaan ,dan perbaikan sarana serta prasarana penunjang wisata untuk kenyamanan dan daya tarik wisatawan berkunjung.
Pertumbuhan pariwisata di Lagoi telah memberikan dampak positif signifikan pada ekonomi masyarakat sekitarnya,salah satu pengaruh terbesar adalah penciptaan lapangan kerja. Industri pariwisata ini mempekerjakan ribuan penduduk lokal sebagai pemandu wisata, karyawan hotel, pengemudi taksi, penjual souvenir, dan berbagai peran lainnya. Ini memberikan penghasilan tetap bagi banyak orang yang sebelumnya mungkin kesulitan mencari pekerjaan yang layak.

Pengaruh ekonomi pariwisata lagoi terhadap ekonomi masyarakat 
Kawasan lagoi menjadi sangat krusial dikarenakan 70% sumber pendapatan asli daerah (PAD)  Kabupaten Bintan berasal dari kawasan wisata lagoi dikarenakan Pariwisata Lagoi sebagai tempat industri tenaga kerja bagi masyarakat Desa Sebong Pereh dikarenakan Pariwisata Lagoi memiliki peranan penting dalam pembangunan negara yakni dalam meningkatkan industri bagi masyarakat daerah sekitaran Pariwisata Lagoi, menciptakan Lapangan pekerjaan bagi masyarakat, membantu usaha pendidikan dan latihan, meningkatkan devisa, meningkatkan pendapatan daerah serta meningkatkan hubungan antar bangsa.

Pengaruh yang ditimbulkan secara langsung 
Membuka lapangan kerja dan usaha yang menunjang kegiatan pariwisata 
Meningkatkan perkembangan suatu daerah ,karena pada umumnya keindahan alam seperti pantai,gunung dan laut terletak di daerah terpencil yang dapat dijadikan obyek wisata,sehingga kegiatan ekonomi dapat berkemabng dan meluas ke daerah daerah tersebut.
menggerakkan sektor usaha mikro dan kecil di sekitarnya. Warung makan, toko-toko souvenir, penyewaan peralatan air, dan penyedia jasa transportasi lokal semua mendapatkan manfaat dari kedatangan wisatawan

Pengaruh tak langsung
Investasi dalam infrastruktur wisata, seperti hotel, restoran, dan fasilitas hiburan, telah membuka peluang investasi dan pengembangan properti. Banyak penduduk lokal yang memanfaatkan peluang ini untuk berinvestasi dalam bisnis perhotelan atau properti sewaan yang memberikan pendapatan pasif yang stabil.
Memajukan pasaran produk produk tertentu karena pariwisata merupakan daya konsumtif yang dinamis dapat mendorong konsumsi produk-produk tersebut.
Penerimaan pemerintah dalam bentuk pajak langsung maupun restribusi dari karcis tanda masuk dan parker kendaraan

Dampak positif pengembangan pariwisata terhadap ekonomi masyarakat local desa sebong pereh;
Peningkatan pendapatan dari sector pariwisata yang dirasakan oleh masyarakat local yang sebelumnya hanya mengandalkan sector  pertanian ,sekarang memiliki sumber pendapatan baru dari penjualan produk dan jasa pariwisata serta bekerja langsung di dalam kawasan lagoi
Penyerapan tenaga kerja yang ditimbulkan setelah adanya pengembangan pariwisata seperti tour guide, petugas kebersihan, waiters, petugas parkir,dan  penjaga keamanan (security).
Permintaan produk local yang meningkat, sebelum adanya pariwisata dan wisatawan yang datang produk kesenian hanya dipakai untuk keperluan pribadi ,seperti kerajinan dari bahan tali kur yang dibuat menjadi sandal,dompet,tas yang digunakan untuk kesehariannya. Meningkatnya kunjungan wisatawan memicu permintaan produk local kerajinan tangan tersebut.
Tidak hanya sebuah produk, makanan khas Bintan seperti gonggong dijadikan bentuk kripik banyak diminati oleh wisatawan.
Pengembangan pariwisata membuat fasilitas meningkat , seperti fasilitas musholla,lahan parkir,toilet umum dan khusus wisatawan ,serta jaringan listrik.

Dampak negatif pengembangan wisata terhadao ekonomi masyarakat :
Besaran pendapatan masyarakat tergantung dari keterlibatan dalam kegiatan kepariwisataan
suatu faktor pendapatan yang berbeda.
Pendapatan hidup masyarakat yang meningkat menimbulkan gaya hidup masyarakat yang berubah
Lonjakan jumlah wisatawan akan menimbulkan masalah lingkungan dan kepadatan 
Oleh karena itu, perlu adanya keseimbangan antara pertumbuhan pariwisata dan pelestarian alam serta budaya setempat

Kesimpulan
Secara keseluruhan ,pengaruh objek wisata Lagoi terhadap ekonomi masyarakat adalah positif dilihat dari terbuka nya lapangan kerja,dan diambil dari warga lokal, meningkatkan pendapatan daerah, dan memberi peluang investasi kepada penduduk lokal
Keberhasilan nya pariwisata tergantung bagaimana pihak mengelola nya dan menjaga keseimbangan ekosistem alam nya.
#Cinta Indonesia

 

 

 

Daftar Pustaka
https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kepulauan-riau/pantai-lagoi-keistimewaan-pasir-putih-di-kepulauan-riau.html
https://pariwisataindonesia.id/download/undang-undang-kepariwisataan-di-indonesia-pedoman-hukum-pariwisata-indonesia/
https://bintantourism.com/informasi/data-kunjungan-wisatawan-mancanegara/
https://www.blackxperience.com/blackattitude/blackspot/wisata-lagoi-bay-bintan-rekreasi-selayak-di-kuta-bali

Ikuti tulisan menarik Imelda Azzahara lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

20 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

20 jam lalu