x

saat antri anak anak mengaji iqro:

Iklan

Harja Santana Purba

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 September 2023

Selasa, 19 September 2023 18:38 WIB

Kedaireka, Menggali Potensi Membuka Cakrawala

Artikel ini membahas pengalaman dan dampak nyata kolaborasi antara Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dengan PT. Novo Indonesia Belajar, dalam mengembangkan platform ULM-NOVO Membangun Kampung Mengaji Digital" melalui program kolaborasi Matching Fund, Kedaireka. Artikel ini juga mengungkap kendala yang dihadapi selama pelaksanaan program dan bagaimana menemukan solusinya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada tahun 2021, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan PT Novo Indonesia Belajar, berinisiatif mengembangkan platform “Kampung Mengaji Digital” melalui program kolaborasi Matching Fund, Kedaireka. Platform ini dilatar-belakangi dengan realita bahwa pendududuk Indonesia mayoritas muslim, dan kemampuan mengaji merupakan tuntutan bagi setiap muslim. Beberapa hasil penelitian mengungkap bahwa kemampuan mengaji masyarakat Indonesia masih kurang, dan tenaga pengajarnya pun belum mencukupi.

Pada sisi lain perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin maju, terutama dengan semakin berkembangnya teknologi AI (Artificial Intelligence). Platform ini diharapkan dapat menjadi alternatif solusi yang menyediakan fasilitas belajar mengaji berbantuan teknologi AI.  

ULM dan Novo berkomitmen untuk turut menyediakan pendanaan dalam pengembahan awal, sebelum berhasil mendapatkan hibah pendanaan Matching Fund. Kolaborasi inovasi dilaksanakan dengan membentuk Tim Pengembang aplikasi yang beranggotakan dosen dan lima mahasiswa tahun akhir Prodi Pendidikan Komputer, FKIP ULM. Mereka mendapatkan kontrak selama enam bulan dengan pendanaan dari Novo.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kolaborasi pentahelix melibatkan mitra komunitas rumah baca Al-Qur’an yang ada di Kota Banjarmasin, untuk pengumpulan data rekaman mengaji, yang akan dipakai sebagai basis pengetahuan Machine Learning. Pengumpulan data mengaji ini dengan pendanaan dari program riset ULM. Kolaborasi ini berhasil mengembangkan prototype awal aplikasi ngaji.ai yang akan disempurnakan pada tahapan berikutnya.

Banyak manfaat yang dapat dipetik dari program kolaborasi antara ULM dengan Novo ini. Dosen dan mahasiswa mendapatkan informasi terbaru seputar perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di dunia industri, melalui kuliah umum dengan narasumber dari Novo. Program studi dapat menjalin kolaborasi dengan mitra komunitas rumah baca Al-Qur’an di kawasan kota Banjarmasin. Dosen dan mahasiswa dapat melakukan refleksi dengan melihat pencapaian sejawat pada insan perguruan tinggi yang lain.

Mahasiswa berkesempatan melaksanakan program magang di Novo. Dosen berkesempatan memperluas wawasan dengan mengikuti berbagai program workshop dan pelatihan yang difasilitasi oleh Kedaireka Academy.

Ikuti tulisan menarik Harja Santana Purba lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu