x

Muhammad Farrel Al Ghazmy alumni Sekolah Islam Az Zahra yang sukses diterima sebagai Siswa SMA Taruna Nusantara

Iklan

Meza

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 September 2023

Senin, 25 September 2023 16:17 WIB

Inspirational Class, Kisah Alumni Sekolah Islam Az Zahra yang Sukses Diterima sebagai Siswa SMA Taruna Nusantara


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

SMP Islam Az Zahra kembali menggelar sharing session melalui Inspirational Class with Muhammad Farrel Al Ghazmy, alumni Sekolah Islam Az Zahra yang sukses diterima di Sekolah Taruna Nusantara Magelang.

Dalam sharing session itu, Farrel yang juga menjadi kandidat penerima Beasiswa Indonesia Maju Kemendikbudristek Republik Indonesia di Nanyang Technological University (NTU) Singapura ini, membagikan tips agar bisa lulus seleksi Taruna Nusantara.

Dihadapan para siswa SMP Islam Az Zahra, Farrel yang saat ini kelas XII SMA Taruna menjelaskan SMA Taruna adalah salah satu sekolah menengah atas yang berada di urutan lima besar sekolah terbaik di Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Untuk bisa diterima menjadi siswa Taruna Nusantara yang paling utama adalah nilai akademis dan prestasi calon siswa. Karena, calon siswanya berasal dari seluruh Indonesia sehingga Taruna Nusantara melakukan seleksi yang sangat ketat,” terang Farrel.

Farrel yang juga alumni SD Islam Az Zahra ini juga menambahkan, terdapat empat mata pelajaran yang standar nilai tiap semesternya minimal 75, yang meliputi: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA.

“Nilai keempat mapel ini selama semester 1 – 5 minimal harus 75. Atau bisa juga melalui jalur prestasi dengan prestasi minimal tingkat kabupaten/kota,” kata Farrel.

Ketika diterima sebagai siswa Taruna Nusantara, seorang siswa akan menjalani pendidikan semi militer dengan berbagai aturan yang ketat, misalnya; tidak diperkenankan memegang ponsel selama tiga bulan pertama sejak ditetapkan sebagai siswa.

Selain itu, ada pula aktivitas napak tilas rute gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman atau yang di SMA Taruna Nusantara dikenal dengan istilah Rute Pangsar Soedirman (RPS) yang harus dilaluli siswa dengan berjalan kaki dan berkemah dari Magelang menuju Yogyakarta.

Didikan semi militer itu, lanjut Farrel lagi, sangat efektif membentuk karakter siswa Taruna Nusantara yang tangguh hingga berhasil ketika melanjutkan pendidikan di jenjang selanjutnya baik di universitas atau berkarier di dunia militer.

SMA Taruna Nusantara merupakan salah satu sekolah menengah atas semi-militer terbaik di Indonesia. Sekolah ini berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

SMA Taruna Nusantara atau yang dikenal dengan SMA TN dikelola oleh Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) yang berada dibawah naungan Yayasan Pengembangan Sumber Daya Pertahanan (YPSDP).

Inspirational Class sebagai Motivasi bagi Siswa SMP Islam Az Zahra

Kepala SMP Islam Az Zahra, Umi Fatirah menjelaskan Inspirational Class yang rutin digelar oleh SMP Islam Az Zahra ini diharapkan menjadi sebuah motivasi bagi siswa siswi SMP Islam Az Zahra untuk mengejar prestasi dan lebih optimis menatap masa depan.

“Inspirational Class sebelumnya kita juga menghadirkan alumni yang sukses melanjutkan kuliah di Toronto Kanada. Sharing session seperti ini sangat efektif untuk membangun motivasi siswa agar lebih giat belajar dan meraih prestasi,” terang Kepala SMP Islam Az Zahra, Umi Fatirah.

Ikuti tulisan menarik Meza lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu