x

Iklan

ayu gemuh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 September 2023

Sabtu, 30 September 2023 06:36 WIB

Abon Cabe, Peluang Usaha yang Lagi Tren


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh:  Anak Agung Made Semaryani dan Ni Made ayu Gemuh Rasa Astiti.

Di Indonesia abon memang bukan menjadi lauk utama. Fungsi abon lebih seperti kerupuk yakni menjadi makanan pelengkap. Namun ada juga masyarakat yang menjadikannya makanan utama jika lauk tak ada. Abon juga biasa dibawa sebagai lauk utama ketika akan bepergian jauh.
Biasanya abon dijadikan pelengkap pada nasi kuning, krawu atau dijadikan sebagai toping roti. Abon memang bisa menambah selera. Jika mendengar kata abon, pasti yang terlintas abon sapi, abon ayam atau abon ikan.  Kali ini, kita akan membuka peluang usaha olahan cabe berupa abon cabe.

Terdengar aneh sepertinya, namun ternyata beberapa tahun belakangan ini abon cabe memang menjadi trend bagi pencinta cabe. Sebut saja merek terkenal yang sedang booming produksi utamanya olahan cabe,”Bon Cabe” rasanya yang khas pedas dengan beberapa level ditambah tingkat kegurihan yang tinggi membuat bon cabe yang baru saja meluncur di serbu oleh pecinta pedas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Abon cabe ini biasanya dijadikan pengganti sambal dan biasa digunakan untuk menambah tingkat kepedasan pada mie atau sayuran. Bahkan abon cabe juga bisa dijadikan bumbu oseng seperti lada. Abon cabe bisa divariasikan, bisa menjadi abon cabe merah, abon cabe hijau, abon cabe rawit hingga cabe-cabe khas daerah. Bagi para petani cabe mengolah cabe menjadi abon cabe adalah cara yang paling ampuh agar mereka tidak merugi disaat panen raya dan harga sangat murah. Seperti nelayan yang mencoba mengawetkan ikan menjadi ikan asin, begitulah cara petani mengolah cabe.

Untungnya membuka peluang usaha olahan cabe yang satu ini, karena abon cabe tahan lama jadi tak perlu khawatir tak laku karena bisa disimpan dalam waktu lama dan dijual kembali. Menjual abon cabe tak mesti langsung ke pelanggan bisa ke tukang bakso, mi ayam, soto, bubur ayam dan toko oleh-oleh. Biasanya mereka akan memesan kembali jika abon cabe buatan Anda enak. 
Cara Membuat Abon Cabe
•    Cabe Merah Besar dikeringkan 100gr
•    Cabe Rawit Kering 50gr
•    Gula 50gr
•    Kaldu ayam bubuk 8gr
•    Bawang Putih Goreng Blender Halus 25gr

Blender gula dan kaldu ayam hingga halus. Setelah itu cabe kering dan besar dipotong kecil-kecil bisa juga langsung diblender hingga halus. Kemudian campurkan dengan gula, cabe merah dan cabe rawit kecil. Lalu aduk hingga rata.

Setelah itu panaskan minyak goreng dan panaskan api kecil aduk  hingga tercampur rata. Setelah itu diangkat dan tambahkan bawang putih. Jika tidak suka dengan bawang putih bisa diganti dengan rasa bawang merah atau bawa bombai yang telah digoreng dan diblender. 

Ikuti tulisan menarik ayu gemuh lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler