x

Iklan

Ivan Fathur

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Oktober 2023

Rabu, 11 Oktober 2023 07:10 WIB

Menghasilkan Rp18 Miliar per Tahun Tanpa Karyawan

Brett, pendiri Design Joy, telah berhasil membangun bisnis desain satu orang yang sukses dan menghasilkan $1,2 juta atau sekitar Rp18 miliar per tahun. Salah satu strategi utama yang digunakan Brett adalah model berlangganan. Alih-alih mengenakan biaya per proyek, ia mengenakan biaya bulanan kepada kliennya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Brett, pendiri Design Joy, telah berhasil membangun bisnis desain satu orang yang sukses dan menghasilkan $1,2 juta atau sekitar rP18 miliar pertahun. Perjalanannya adalah bukti kekuatan solopreneurship, efektivitas model langganan, dan pentingnya kualitas daripada kuantitas.

Solopreneurship: Kekuatan Satu Orang

Brett adalah seorang pendukung kuat solopreneurship. Dia percaya pada kekuatan bekerja sendiri, berfokus pada kekuatannya, dan mempertahankan operasi yang ramping. Dia telah berhasil mengungguli banyak agensi desain dengan banyak karyawan, membuktikan bahwa bisnis satu orang bisa sangat sukses.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Model Bisnis Berlangganan: Penghasilan Tetap, Pekerjaan Berkualitas

Salah satu strategi utama yang digunakan Brett adalah model berlangganan. Alih-alih mengenakan biaya per proyek, ia mengenakan biaya bulanan kepada kliennya. Model ini memberikan aliran pendapatan yang stabil dan memungkinkannya untuk fokus pada memberikan pekerjaan berkualitas daripada terus-menerus mencari proyek baru.

  • Memprioritaskan Kualitas Daripada Kuantitas: Lebih Sedikit Lebih Baik.Brett menekankan pentingnya kualitas daripada kuantitas. Dia membatasi jumlah kliennya hanya lima pada satu waktu, memastikan bahwa dia dapat memberikan perhatian dan kualitas kerja yang layak mereka dapatkan kepada setiap klien. Pendekatan ini tidak hanya menghasilkan kepuasan klien yang tinggi tetapi juga tingkat retensi yang tinggi.
  • Basis Klien Terbatas: Dengan membatasi basis kliennya, Brett memastikan bahwa ia dapat memberikan perhatian yang layak bagi setiap klien. Pendekatan ini memungkinkannya untuk membangun hubungan yang kuat dengan kliennya, yang mengarah pada kepuasan dan retensi klien yang tinggi.

Ubah Pola Pikir Anda: Dari Desainer Menjadi Pemecah Masalah

Brett percaya bahwa pola pikir yang tepat sangat penting untuk kesuksesan. Dia mendorong para desainer untuk mengubah pola pikir mereka dari sekadar desainer menjadi pemecah masalah. Hal ini melibatkan pemahaman akan kebutuhan klien dan memberikan solusi yang memenuhi kebutuhan tersebut.

Manfaatkan Otomatisasi: Bekerja Lebih Cerdas, Bukan Lebih Keras

Untuk mengelola beban kerjanya secara efektif, Brett memanfaatkan alat bantu otomatisasi. Dia menggunakan Trello untuk manajemen proyek, mengotomatiskan proses pemberian informasi terbaru kepada klien tentang kemajuan proyek mereka. Hal ini memungkinkannya untuk lebih fokus pada aspek kreatif dari pekerjaannya.

  • Manajemen Proyek: Brett menggunakan Trello untuk mengelola proyek-proyeknya. Alat ini memungkinkannya melacak semua proyeknya di satu tempat, memastikan tidak ada yang terlewatkan.
  • Otomatisasi: Brett mengotomatiskan proses pemberian informasi terbaru kepada klien tentang kemajuan proyek mereka. Otomatisasi ini menghemat waktu dan memastikan bahwa kliennya selalu mendapatkan informasi terbaru.
  • Fokus pada Kreativitas: Dengan memanfaatkan otomatisasi, Brett bisa lebih fokus pada aspek kreatif dari pekerjaannya. Dia bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk mendesain dan lebih sedikit waktu untuk tugas-tugas administratif.

Buat Kursus: Bagikan Pengetahuan Anda

Brett juga telah membuat kursus di mana dia berbagi strategi dan wawasannya. Meskipun ada beberapa kritik, dia tetap mendukung nilai yang diberikan oleh kursus semacam itu. Dia melihatnya sebagai cara untuk mengemas pengetahuan dan pengalamannya, sehingga dapat diakses oleh orang lain yang ingin mengikuti jalan yang sama.

  • Berbagi Pengetahuan: Brett percaya untuk membagikan pengetahuannya. Dia telah membuat kursus di mana dia membagikan strategi dan wawasannya, membantu orang lain untuk belajar dari pengalamannya.
  • Pengalaman Pengemasan: Brett melihat kursusnya sebagai cara untuk mengemas pengalamannya. Dia menyediakan cara terstruktur bagi orang lain untuk belajar dari perjalanannya, sehingga memudahkan mereka untuk mengikuti jejaknya.
  • Menghadapi Kritik: Meskipun ada beberapa kritik, Brett tetap mempertahankan nilai dari kursus ini. Dia percaya bahwa pengetahuan dan wawasan yang dia berikan sangat berharga dan dapat membantu orang lain untuk sukses.

Kesimpulan

Kisah sukses Brett menggambarkan bahwa menjalankan bisnis satu orang yang sangat sukses adalah mungkin. Dengan mengadopsi strategi yang tepat, memanfaatkan otomatisasi, dan mempertahankan fokus yang kuat pada kualitas, para solopreneur bisa mencapai kesuksesan yang luar biasa. Perjalanan Brett memberikan peta jalan bagi orang lain yang bercita-cita untuk membangun bisnis desain satu orang yang sukses. Dengan mengikuti strategi dan prinsip-prinsipnya, Anda juga dapat mencapai kesuksesan yang luar biasa.

Ivan Fathur Rizaldi Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

 

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Ivan Fathur lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler