x

Iklan

Edoanta Raja

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Oktober 2023

Senin, 9 Oktober 2023 12:13 WIB

Empat Cara Membuat Pekerjaan Lebih Bermakna

Tips membuat kita bekerja menjadi lebih bermakna

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saya menjabarkan empat cara penting agar setiap orang bisa mengejar tujuan profesional dengan lebih baik: buatlah pekerjaan Anda, jadikan pekerjaan sebagai seni, hubungkan pekerjaan dengan pelayanan, dan berinvestasilah dalam hubungan yang positif. Dengan melakukan empat praktik sederhana ini, pekerjaan apa pun akan menjadi lebih bermakna. Namun, kita semua harus memiliki rasa ingin tahu untuk menggali makna dari praktik-praktik ini.

 

Kembangkan Pekerjaan Anda

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan makna yang Anda dapatkan dari pekerjaan adalah melalui job crafting - seni membuat perubahan kecil dalam kehidupan kerja Anda untuk mengubah pekerjaan yang Anda miliki menjadi pekerjaan yang Anda inginkan. Idenya adalah dengan membuat perubahan kecil pada pekerjaan Anda, Anda dapat menyesuaikannya dengan hasrat, kepribadian, dan minat Anda yang unik dengan cara yang memaksimalkan maknanya bagi Anda dan orang lain.

 

 

Keingintahuan adalah prasyarat yang diperlukan untuk menciptakan pekerjaan. Dimulai dengan evaluasi diri. Tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan seperti apa yang saya kuasai (sebenarnya)? Apa yang saya sukai untuk dilakukan? Apa yang membuat saya bahagia dalam pekerjaan? Pemahaman diri yang mendalam dan dieksplorasi secara mendalam dan dengan pikiran terbuka dapat menjadi fondasi untuk membangun job-crafting. 

 

 

Kemudian, terapkan kesadaran diri ini pada pekerjaan: 

 

 

Elemen-elemen apa saja dari pekerjaan saya yang dapat saya ubah agar lebih bermakna bagi saya dan lebih berdampak bagi orang lain? 

Dapatkah apa yang saya lakukan saat ini dilakukan dengan cara yang berbeda? 

Apakah pekerjaan saya, sebagaimana yang terstruktur, memecahkan masalah yang paling penting - untuk organisasi dan orang-orang yang kita layani - dengan cara yang terbaik? 

Untuk memulai praktik ini, buatlah daftar orang-orang yang Anda layani dalam pekerjaan Anda, kemudian buatlah daftar hasil dari pekerjaan Anda yang membantu melayani mereka dengan baik. Kemudian renungkanlah tugas-tugas Anda saat ini dan lihatlah apakah ada cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk melayani mereka dengan baik atau lebih baik lagi dengan melakukan pekerjaan Anda dengan cara yang berbeda. Anda mungkin akan menemukan cara-cara untuk membuat pekerjaan Anda menjadi lebih baik bagi mereka dan lebih bermakna bagi Anda.

 

 

Jadikanlah Pekerjaan Sebagai Sebuah Kerajinan

Cara kedua untuk membuat pekerjaan menjadi lebih bermakna adalah dengan menjadikannya sebuah kerajinan. Dalam banyak sejarah, orang sering mempraktikkan profesi secara turun-temurun. Pekerjaan seperti bertani, bertukang, dan membuat sepatu bisa diwariskan dari generasi ke generasi dalam sebuah keluarga. Dan sering kali seseorang dengan susah payah menyempurnakan keahliannya seumur hidup. Pencarian kesempurnaan dan perbaikan terus-menerus ini menciptakan pencapaian yang paling berkesan dalam sejarah - mulai dari mural di Kapel Sistina hingga terobosan dalam genetika dan kesederhanaan yang elegan dari Mac yang asli. 

 

 

Komitmen terhadap keahlian ini menawarkan rasa tujuan tersendiri. Seperti yang saya jelaskan dalam buku saya, kita semua mendapatkan makna dari pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Ada motivasi dan tujuan intrinsik saat mengetahui bahwa kita telah mengerahkan upaya terbaik kita untuk melakukan sesuatu, bahwa kita telah mengasah keahlian dengan cara yang menantang kita.

 

 

Namun, bagaimana kita dapat menemukan peluang untuk berkarya dalam pekerjaan modern kita? Bagaimanapun juga, membangun model keuangan atau memimpin tim di sebuah pabrik bisa terasa agak jauh dari karya bersejarah Michelangelo atau kejeniusan Steve Jobs. Namun, kerajinan bukanlah tentang dampak historis. Ini adalah tentang pengembangan diri dan upaya untuk mendorong batas kinerja kita sendiri - untuk menghadapi tantangan baru dan mencapai sesuatu yang sulit dan unik. Ketika saya masih menjadi analis di McKinsey, hal ini terlihat seperti membangun model Excel yang indah dengan formula elegan yang dapat digunakan oleh klien selama bertahun-tahun. Saya melakukan hal ini tanpa peduli apakah para mitra menyadari atau tidak, karena saya bangga dengan tantangan dan pengembangan diri saya sendiri. Dalam pekerjaan Anda, hal ini adalah sesuatu yang berbeda. Keingintahuan dapat membukanya. 

 

 

Untuk memulai, pilihlah satu bidang pekerjaan Anda yang ingin Anda coba asah dan sempurnakan. Jadikan hal ini sesuatu yang Anda sukai dan penting bagi pekerjaan Anda. Kemudian kaji 5-10 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya lebih baik dan mulailah bekerja untuk memperbaikinya dan tantang diri Anda sendiri. Buatlah catatan setiap hari atau simpan versi lama secara berurutan agar Anda dapat melihat peningkatan Anda dari waktu ke waktu.

 

Hubungkan Pekerjaan dengan Pelayanan

Hampir tidak ada hal dalam hidup ini yang dapat meningkatkan rasa kesejahteraan dan tujuan hidup kita selain melayani orang lain. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa tindakan pelayanan memiliki dampak langsung pada kebahagiaan dan kepuasan. Dan dalam hidup saya sendiri, saya jarang merasa memiliki tujuan seperti saat membangun rumah Habitat for Humanity bersama rekan-rekan kerja, melayani di dapur umum, atau membacakan buku untuk anak-anak di sekolah setempat.

 

Namun, pelayanan tidak harus terbatas pada pekerjaan sukarela di komunitas. Setidaknya ada enam kesempatan untuk melayani orang lain dalam pekerjaan apa pun: klien atau pelanggan, kolega, modal, komunitas, mitra, dan orang-orang yang kita cintai. Mengetahui hal ini dan mencari peluang untuk melayani di setiap bidang ini dapat memberikan makna pada pekerjaan. 

 

 

Berinvestasilah dalam Hubungan Positif

Dalam literatur ilmu sosial, mungkin tidak ada yang lebih penting bagi kebahagiaan selain hubungan positif yang bermakna dengan orang lain. Hubungan semacam itu sangat penting bagi kerangka kerja bahwa "Kebahagiaan adalah cinta." Dan temuan-temuan tersebut digaungkan dalam karya-karya orang lain.

 

Hubungan tidak terbatas pada kehidupan pribadi kita. Dan mencoba menjalani pekerjaan tanpa adanya hubungan yang berarti adalah resep untuk kekecewaan. Hubungan positif di tempat kerja dapat membantu kita untuk berkembang, membuat orang lain bahagia, dan menciptakan budaya perusahaan yang luar biasa. 

 

Di tempat kerja, seperti halnya di rumah, hubungan bertumpu pada empati dan rasa ingin tahu. Kita tidak bisa memiliki hubungan yang saling peduli dan menghormati dengan seseorang jika kita tidak menunjukkan rasa ingin tahu yang tulus terhadap orang tersebut.

Terus-menerus mendekati orang lain dengan rasa ingin tahu akan secara alami membangun empati Anda sendiri dan menunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda peduli - menciptakan hubungan yang bermakna dalam prosesnya mereka. Meningkatkan hubungan kerja Anda akan membuat Anda dan orang-orang di sekitar Anda lebih bahagia, dan mungkin juga akan membuat Anda lebih produktif.

 

Edoanta Raja Peranata Bangun Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

Ikuti tulisan menarik Edoanta Raja lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu