x

Iklan

NADIA SAFIRA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Oktober 2023

Selasa, 24 Oktober 2023 09:53 WIB

Pengantar Akuntansi dan Perusahaan

Area akuntansi yang menyediakan informasi untuk pemangku kepentingan eksternal disebut juga dengan akuntansi keuangan (financial accounting).

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Akuntansi adalah sistem yang dapat digunakan untuk mengumpulkan, menafsirkan, menyusun, menganalisis,serta menyajikan informasi keuangan suatu entitas.

Pemangku kepentingan tidak dapat terlibat langsung dalam melakukan pengelolaan dan mengoperasikan bisnis. Area akuntansi yang menyediakan informasi untuk pemangku kepentingan eksternal disebut juga dengan akuntansi keuangan (financial accounting)

Tujuan dari akuntansi keuangan adalah dapat menyediakan informasi yang sangat relevan dan tepat waktu untuk kebutuhan pengambilan keputusan pemangku kepentingan yang tidak terlibat di dalam bisnis. Sebagai contoh, laporan keuangan mengenai dengan operasi dan kondisi bisnis bermanfaat bagi bank dan juga kreditor lainnya dalam memutuskan untuk dapat memberikan pinjaman atau tidak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Laporan keuangan bertujuan umum ( general purpose financial statement) merupakan jenis laporan akuntansi keuangan yang di distribusikan kepada pengguna eksternal. Istilah kepada bertujuan umum dapat mengacu pada desain laporan keuangan yang mencakup luasnya kebutuhan atas pengambilan keputusan.

Secara umum, usaha atau Perusahaan (business) merupakan suatu organisasi dengan sumber daya dasar (input), seperti bahan baku dan tenaga kerja, digabung dan di proses untuk menyediakan barang atau jasa (output) untuk para pelanggan. Perusahaan juga dapat berbentuk usaha kecil sampai yang berskala besar, seperti mulai dari warung kopi yang berada di pinggir jalan hingga seperti starbuck, yang setiap tahun nya dapat menjual lebih dari Rp 10 miliar minuman kopi dan produk sejenisnya.

Tujuan dari banyaknya Perusahaan adalah memaksimalkan keuntungan atau sering kita sebut dengan profit.

Keuntungan atau laba merupakan selisih antara uang yang di terima dari pelanggan atas barang atau jasa yang di hasilkan, dan biaya yang di keluarkan untuk input yang dilakukan guna menghasilkan barang atau jasa.

Terdapat jenis-jenis usaha

  1. Usaha jasa ( service businesses) ialah usaha yang menyediakan jasa untuk para pelanggannya. Contoh usaha dan jenis yang diberikan adalah sebagai berikut.

Garuda Indonesia (jasa transportasi)

Telekomunikasi Indonesia ( jasa komunikasi)

  1. Usaha dagang ( merchandising businesses) menjual produk yang diperoleh dari pihak lain untuk di jual Kembali ke tanggan pelanggan. Perusahaan seperti ini disebut dengan peritel, yang dapat mempertemukan produk dan pelanggan di satu tempat. Contoh usaha dan produk adalah sebagai berikut.

Alfamart (barang-barang umum)

Tokopedia.com (buku, barang elektronik, dan lain-lainnya melalui internet)

  1. Usaha manufaktur (manufacturing businesses) mengubah input dasar menjadi produk yang kemudian akan di jual kepada pelanggan atau konsumen. Contoh bisnis produk dan beberapa produknya adalah sebagai berikut.

Astra internasional ( kendaraan, mobil van, dan lain sebagainya)

Indofood sukses Makmur ( Mi instan, makanan, dan lain sebagainya)

Prinsip moral yang mengarahkan kepada individu dalam bertindak dapat disebut dengan etika (etbics)

Manajer bisnis dapat di tekan untuk melanggar etika pribadi. Contohnya adalah pada kasus yang melibatkan sejumlah Perusahaan yang terkait dengan praktik bisnis curang dan pemalsuan pada laporan keuangan. Kecurangan pada Perusahaan tersebut dapat berakibatkan kepada hukuman denda, pemecatan, dan tuntutan pidana atau perdata.

Sementara dalam banyak nya kasus tersebut, pimpinan (eksekutif) di tingkat yang sudah senior dan bahkan pada tingkat menengah di pecat dan digugat secara perdata oleh para investor yang merasa dirugikan oleh mereka. Serta di beberapa kasus, mereka di pidana dan harus menjalani hukuman penjara atas apa yang sudah mereka perbuat.

 

Nadia Safira Roslyana Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

Ikuti tulisan menarik NADIA SAFIRA lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB