Layaknya Babershop, Rutan Demak Berikan Pembinaan Kemandirian Kepada Narapidana

Kamis, 2 November 2023 12:16 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mengimplementasikan hal tersebut, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah memberikan pembinaan kemandirian kepada Narapidana berupa pelatihan potong rambut atau babershop

Demak, 31 Oktober 2023 – Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan menjelaskan bahwa pembinaan adalah kegiatan yang diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas kepribadian dan kemandirian Narapidana dan Anak Binaan.

Mengimplementasikan hal tersebut, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah memberikan pembinaan kemandirian kepada Narapidana berupa pelatihan potong rambut atau babershop.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan baru kepada narapidana. Selain itu, dengan adanya kegiatan pembinaan kemandirian dapat digunakan untuk menyalurkan bakat dan minat para Narapidana.

Fokus pada pelatihan kemandirian babershop ini diharapkan dapat memberikan keterampilan yang berguna bagi Narapidana dalam mencari pekerjaan atau bahkan memulai usaha sendiri setelah mereka bebas.

Kepala Rutan Demak Heri Mujiono menyatakan bahwa, "Kami percaya bahwa memberikan keterampilan kepada narapidana adalah langkah penting dalam mempersiapkan mereka untuk kembali ke masyarakat. Melalui program pembinaan kemandirian babershop, kami berharap dapat membantu mereka untuk memiliki keterampilan yang dapat digunakan di dunia kerja setelah bebas nantinya", ungkap Heri Mujiono.

Salah seorang narapidana yang mengikuti kegiatan ini, EW menyatakan, "Saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini. Saya belajar banyak hal yang akan saya gunakan setelah saya selesai menjalani masa hukuman. Saya berharap dengan keterampilan ini, saya bisa memulai usaha kecil di luar sana", ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan seperti ini di Rutan Demak, diharapkan akan semakin banyak Narapidana yang siap beradaptasi kembali ke masyarakat dengan memiliki keterampilan yang dapat memberikan kontribusi positif bagi diri mereka dan masyarakat sekitar.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Rutan Demak

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler