x

Iklan

Rutan Demak

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 September 2022

Kamis, 2 November 2023 12:16 WIB

Layaknya Babershop, Rutan Demak Berikan Pembinaan Kemandirian Kepada Narapidana

Mengimplementasikan hal tersebut, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah memberikan pembinaan kemandirian kepada Narapidana berupa pelatihan potong rambut atau babershop

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Demak, 31 Oktober 2023 – Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan menjelaskan bahwa pembinaan adalah kegiatan yang diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas kepribadian dan kemandirian Narapidana dan Anak Binaan.

Mengimplementasikan hal tersebut, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah memberikan pembinaan kemandirian kepada Narapidana berupa pelatihan potong rambut atau babershop.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan baru kepada narapidana. Selain itu, dengan adanya kegiatan pembinaan kemandirian dapat digunakan untuk menyalurkan bakat dan minat para Narapidana.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Fokus pada pelatihan kemandirian babershop ini diharapkan dapat memberikan keterampilan yang berguna bagi Narapidana dalam mencari pekerjaan atau bahkan memulai usaha sendiri setelah mereka bebas.

Kepala Rutan Demak Heri Mujiono menyatakan bahwa, "Kami percaya bahwa memberikan keterampilan kepada narapidana adalah langkah penting dalam mempersiapkan mereka untuk kembali ke masyarakat. Melalui program pembinaan kemandirian babershop, kami berharap dapat membantu mereka untuk memiliki keterampilan yang dapat digunakan di dunia kerja setelah bebas nantinya", ungkap Heri Mujiono.

Salah seorang narapidana yang mengikuti kegiatan ini, EW menyatakan, "Saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini. Saya belajar banyak hal yang akan saya gunakan setelah saya selesai menjalani masa hukuman. Saya berharap dengan keterampilan ini, saya bisa memulai usaha kecil di luar sana", ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan seperti ini di Rutan Demak, diharapkan akan semakin banyak Narapidana yang siap beradaptasi kembali ke masyarakat dengan memiliki keterampilan yang dapat memberikan kontribusi positif bagi diri mereka dan masyarakat sekitar.

Ikuti tulisan menarik Rutan Demak lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 jam lalu

Terpopuler