x

Iklan

Lentera Pustaka

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Agustus 2019

Selasa, 7 November 2023 11:42 WIB

Saat Pegiat Literasi Pelupa, Menulislah untuk Taman Bacaan

Saat pegiat literasi pelupa, maka menulislah untuk taman bacaan. Ikatlah ilmu dan bacaan dengan menulis seperti yang dilakukan TBM Lentera Pustaka di Bogor

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu praktik baik yang selalu diterapkan di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka adalah menulis untuk taman bacaan. Tidak ada aktivitas taman bacaan yang tidak dituliskan. Menulis untuk taman bacaan sangat penting. Apalagi pegiat literasi yang pelupa. Kapan aktivitas dilakukan? Siapa yang datang ke taman bacaan? Baru seminggu saja, sudah lupa kapan waktunya dan siapanya. Jadi jelas, menulis untuk taman bacaan memang penting.

Mungkin ada benarnya. Pegait literasi di taman bacaan sepertinya perlu mengurangi terlalu banyak berpikir. Apalagi terlalu banyak bicara. Karena berpikir dan berbicara sulit dijadikan bukti. Tapi tulisan tentang taman bacaan, pasti bisa jadi bukti otentik. Di samping sebagai rekam jejak digital di era media sosial yang sulit dihindari lagi. Lebih dari itu, menulis untuk taman bacaan pastinya akan jadi bukti sejarah. Apa yang terjadi pada suatu waktu hanya bisa diketahui karena tulisan. Seperti buku-buku bacaan, tulisan itulah yang menjelaskan suatu peristiwa, ilmu pengetahuan, dan Sejarah sekalipun.

Bila aktivitas taman bacaan itu baik dan bagus, kenapa tidak dituliskan? Tidak cukup hanya update di facebook, Instagram atau media sosial lainnya. Tapi buatlah jadi  satu atau lima paragraph. Tertuang ke dalam tulisan. Karena tulisan tentang taman bacaan dan gerakan literasi, bukan hanya memberikan informasi yang bermanfaat. Tapi juga jadi sarana mengembangkan diri pegiat literasinya. Maka sesederhana apapaun aktivitas dan kata-kata yang dituliskan, pasti bermanfaat bagi yang membacanya. Seperti pepatah “scripta manen verba volant”, yang tertulis akan abadi yang terucap akan hilang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti yang dialami langsung TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Tanpa disangka mendapatkan donasi buku, ada yang berkunjung, bahkan lebaga yang ber-CSR. Saat ditanya dari mana tahunya? Jawabnya, dari tulisan yang tersajikan di media online atau saat di “googling” muncullah TBM Lentera Pustaka. Jadi, menulis untuk taman bacaan itu penting. Bahkan sama pentingnya dengan proses dan praktik baik yang ada di taman bacaan itu sendiri.

 

Imam Syafi’I, seorang ulama terkenal, menyebut bahwa menulis adalah alat untuk mengikat ilmu atau bacaan. Sekiranya tidak ada tulisan maka kita lupa. Maka saat lupa maka lenyaplah ilmu dan peristiwa itu dari diri kita. Menulis bukanlah pelajaran tapi perbuatan. Menulis bukan pula teori tapi praktik. Menulis tidak cukup diomongkan tapi dibiasakan. Menulis adalah keberanian, bukan kekhawatiran.

 

Seperti para pujanggga dulu, selalu menyerukan kebaikan lewat tulisan. Mereka menulis, menulis, dan terus menulis untuk menghadirkan tiap kata, tiap kalimat, tiap paragraf, tiap cerita sebagai cara berbagai kebaikan yang menggugah jiwa. Dan semoga esok, kita tidak  sekadar jadi pengagum dan penikmat karya orang-orang penyeru kebaikan itu. Tapi mau ikut andil menambah daftar panjang kelompok orang-orang penyeru dan perindu meluasnya nilai-nilai kebaikan melalui tulisan. Sekalipun hanya tulisan tentang taman bacaan dan gerakan literasi.

 

Karena kata Imam Ghozali,, “Kalau kamu bukan anak raja dan bukan anak ulama besar, maka menulislah.” Salam literasi! #BacaBukanMaen #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Lentera Pustaka lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu