x

Petugas Rutan Demak dan Mahasiswa Unnes. Foto: Istimewa

Iklan

Rutan Demak

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 September 2022

Sabtu, 18 November 2023 19:19 WIB

Rutan Demak dan Mahasiswa Unnes Lakukan Observasi terhadap Petugas dan Narapidana

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah bersama Mahasiswa Universitas Negeri Semarang bekerja sama melakukan observasi kepada petugas dan narapidana. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pembinaan yang ada di Rutan Demak.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Demak, 17 November 2023 – Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah bersama Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) bekerja sama melakukan observasi kepada petugas dan narapidana. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pembinaan yang ada di Rutan Demak.

Bertempat di Aula Rutan, sebanyak 7 orang Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) melakukan observasi melalui wawancara kepada petugas dan narapidana. Salah satu petugas Rutan Demak M. Abdul Aziz menerima dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di tanyakan para Mahasiswa tersebut.

Salah satu pertanyaan yang di tanyakan adalah apa saja bentuk pembinaan yang diterapkan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Di Rutan Demak terdapat pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian. Untuk pembinaan kepribadian sendiri kita adakan kegiatan-kegiatan kerohanian seperti kegiatan mengaji, sholat berjam’ah, siraman rohani, dan majelis dzikir. Selain itu, pembinaan kepribadian juga kita isi dengan kegiatan bela negara seperti apel kesadaran berbangsa dan bernegara”, ujar M. Abdul Aziz.

“Sedangkan untuk kegiatan pembinaan kemandirian, kita adakan kegiatan pelatihan potong rambut atau sering kita sebut Babershop. Selain kegiatan tersebut kita juga adakan pelatihan kerajinan tangan, bebagai contoh ada kegiatan pembuatan keset, bunga plastik, dan kerajinan tangan lainnya,” ungkap staf pelayanan tahanan Rutan Demak tersebut.

Kepala Rutan Demak Heri Mujiono menyampaikan bahwa, akan selalu memberikan fasilitas bagi masyarakat yang ingin melakukan observasi atau penelitian terhadap kegiatan petugas maupun narapidana Rutan Demak.

Melalui kegiatan observasi ini diharapkan dapat menjadi model kerjasama yang berkelanjutan antara perguruan tinggi dan lembaga-lembaga penegak hukum untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi aktif mahasiswa dalam pembangunan sosial.

Ikuti tulisan menarik Rutan Demak lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 jam lalu

Terpopuler