x

Jepretan Ian Servin tentang langit yang memukau

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Rabu, 22 November 2023 09:39 WIB

Eksposur Panjang Fotografer Ian Servin Tunjukkan Pengawasan Ketat untuk KTT APEC

Ian Servin Seorang fotografer mengabadikan operasi pengawasan udara yang sangat besar di atas KTT APEC di San Francisco minggu lalu dengan gambar mengagumkan yang menggabungkan 150 foto eksposur panjang.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Itulah: Ian Servin adalah seorang pilot dan juga fotografer.  Dia menyaksikan pesawat milik beberapa lembaga penegak hukum AS melayang-layang dan berputar-putar di atas kota untuk menghadiri KTT tingkat tinggi yang juga dihadiri oleh Presiden Xi dari Tiongkok.

"Patroli Jalan Raya California memiliki helikopter yang terbang rendah dan pesawat bersayap tetap yang terbang lebih tinggi," kata Ian Servin kepada PetaPixel. "Badan-badan federal juga berpartisipasi termasuk helikopter Departemen Keamanan Dalam Negeri dan pesawat sayap tetap FBI."

Dilansir dari laman petapixel.com,  Ian Servin dari apartemennya di Oakland, menggunakan Sony a7 III dengan lensa 50mm dan mulai memotret foto-foto langit malam dengan pencahayaan lama dengan kota di bawahnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Saya telah memotret eksposur yang lebih lama dari pesawat terbang yang mengorbit, tetapi hasilnya tidak terlalu bagus. Saya berpikir bahwa karena banyaknya jumlah pesawat yang terlibat, upaya ini mungkin akan bekerja lebih baik," jelasnya.

"Saya sungguh tidak tahu bagaimana hasilnya, saya hanya menyesuaikan pencahayaan ke rana 30 detik, mengatur timer built-in pada kamera saya, dan membiarkannya selama beberapa jam.

Saat saya mulai menumpuk gambar dan melihatnya menjadi satu, sungguh merupakan kejutan yang menyenangkan. Saya hanya perlu melakukan sedikit penyesuaian untuk warna dan pembingkaian untuk mendapatkan gambar akhir."

Servin menjelaskan bahwa hanya Patroli Jalan Raya California yang menyiarkan data ADS-B - informasi yang muncul di situs web pelacakan penerbangan.

"Pesawat federal tidak melakukan transmisi sehingga Anda harus mengidentifikasi secara visual atau dengan mendengarkan radio kontrol lalu lintas udara," katanya.

"Secara keseluruhan, apa yang saya lihat selama APEC adalah pengaturan yang cukup umum untuk acara-acara terkenal, Anda akan melihat sesuatu yang serupa untuk Super Bowl, misalnya."

Servin mengatakan bahwa fotonya adalah "hanya sekilas pandang" ke dalam dunia keamanan pemerintah. Dia senang, foto-foto jepretannya membuat lebih banyak orang penasaran tentang bagaimana badan-badan pemerintah menggunakan pesawat terbang untuk pengawasan.

"Saya pikir dengan popularitas pelacak penerbangan dan meningkatnya pengawasan terhadap bagaimana lembaga pemerintah dan militer menggunakan pesawat terbang. Ini adalah waktu yang sangat menyenangkan untuk menjadi seorang ahli penerbangan," tambah Servin.

 

Servin  menambahkan "Saya mendapatkan banyak komentar positif yang berterima kasih,  karena telah mendokumentasikan apa yang biasanya merupakan kegiatan yang cukup rahasia dan melihat diskusi yang bagus di tempat lain." ***

 

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu