x

Iklan

Rendi Saputra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Desember 2023

Kamis, 7 Desember 2023 13:21 WIB

Mata Sehat, Hidup Bahagia, Perjalanan LASIK Menuju Keseimbangan Visual

Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui tentang lasik, LASIK Mata kerap menjadi pilihan seseorang agar bisa melihat lebih jelas tanpa harus gunakan kacamata atau lensa kontak

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui tentang lasik, LASIK Mata kerap menjadi pilihan seseorang agar bisa melihat lebih jelas tanpa harus gunakan kacamata atau lensa kontak.

Operasi Lasik (Laser-Assisted in Situ Keratomileusis) telah menjadi solusi populer untuk memperbaiki masalah penglihatan seperti miopia, hipermetropia dan astigmatisme. Prosedur Lasik melibatkan banyak penggunaan teknologi laser excimer untuk mengubah bentuk kornea, lapisan luar bola mata yang bening. Sehingga, mengoreksi kelainan refraksi yang menyebabkan gangguan penglihatan.

Mata Sehat Dan Hidup Bahagia Dengan Lasik

Saat ini, operasi Lasik semakin populer. Banyak pasien yang menderita rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisme memilih melakukan Lasik untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Sebelum Anda memutuskan untuk menjalani prosedur Lasik, penting untuk memahami biaya Operasi Lasik.

Mengenai Biaya Lasik

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lasik dianggap sebagai solusi bebas kacamata sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup. Artinya, setelah menjalani prosedur Lasik, pasien dapat hidup dengan mudah karena dapat melihat sekeliling dengan jelas tanpa bantuan kacamata atau lensa kontak.

Di sisi lain, perlu diketahui bahwa Lasik merupakan tindakan medis untuk tujuan kosmetik dan estetika yang termasuk dalam kategori bedah non-esensial. Hal inilah yang membuat biaya operasi LASIK tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan, baik BPJS Kesehatan maupun asuransi swasta.

Biaya operasi Lasik ini berbeda-beda tergantung beberapa faktor seperti: lokasi klinik, reputasi klinik dan dokter, tingkat keparahan kelainan refraksi dan teknologi laser yang digunakan. Laser assisted in-situ keratomileusis atau lasik dikenal sebagai salah satu solusi permanen terbebas dari alat bantu membaca. Operasi ini telah diterapkan pada banyak orang yang memiliki masalah mata.

Manfaat Melakukan LASIK

LASIK merupakan prosedur bedah mata yang menjadi alternatif bagi pasien dengan kelainan refraksi sehingga dapat mengembalikan fungsi penglihatan tanpa menggunakan alat bantu penglihatan. Dengan Lasik, penderita Miopia, Hipermetropia, dan Astigmatisma dapat mengurangi ketergantungannya terhadap penggunaan alat bantu penglihatan seperti kacamata dan lensa kontak.

Faktanya, LASIK sangat membantu pasien kelainan refraksi apapun jenis kacamatanya, selama kondisi mata yang dialaminya masih bisa mendukung operasi LASIK. Oleh karena itu, pentingnya diagnosis awal pra-LASIK dan konsultasi dengan dokter mata untuk memberikan edukasi mengenai LASIK itu sendiri.

Semua ini sangat bergantung pada kondisi mata dan tubuh pasien. Prosedur Pra-LASIK ini akan menentukan apakah Anda layak dikategorikan sebagai calon LASIK? Atau justru sebaliknya? Banyak sekali mengenai manfaat yang akan Anda dapatkan dari menyelesaikan perawatan Lasik. Apa saja manfaatnya? Mata Sehat, Hidup Bahagia, Perjalanan LASIK menuju keseimbangan visual akan berdampak pada kualitas hidup Anda:

- Selain alat bantu penglihatan (kacamata dan lensa kontak)

- Meningkatkan rasa percaya diri

- Mendukung kebutuhan karir (militer, pilot, polisi, pramugari, dll.)

- Mengurangi alergi akibat pemakaian lensa kontak

- Menghemat biaya dalam jangka panjang

- Dari manfaat diatas pastinya akan membuat Anda menjadi lebih optimis dan produktif dalam beraktivitas sehari-hari.

LASIK adalah prosedur bedah mata dengan menggunakan teknologi laser untuk memperbaiki masalah penglihatan rabun jauh, rabun dekat, atau astigmatisme. Meski keampuhannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Namun LASIK cukup berisiko dan dapat menimbulkan komplikasi. Lantas, berapa lama masa penyembuhan mata LASIK? Untuk mencegah komplikasi dan mempercepat waktu penyembuhan.

Berapa Lama Penyembuhan Mata LASIK?

Operasi mata LASIK umumnya membutuhkan waktu sekitar 2-3 bulan hingga sembuh total. Namun, mata biasanya dapat kembali stabil dalam beberapa hari. Meski begitu, Anda akan langsung diperbolehkan pulang di hari yang sama tanpa perlu menginap semalam di rumah sakit.

Setelah menjalani prosedur ini, biasanya mata akan terasa gatal, seperti ada yang mengganjal, panas dan berair. Penglihatan juga mungkin menjadi kabur. Namun kondisi ini biasanya akan mereda dengan cepat, meski mungkin juga disertai sedikit rasa sakit pada mata.

Kemampuan melihat setelah operasi LASIK akan bergantung pada beberapa faktor, termasuk tingkat keparahan gangguan penglihatan yang Anda alami sebelum operasi. Semakin tinggi tingkat keparahannya, maka akan semakin sulit pula perbaikan dan pemulihan seluruh kemampuan penglihatan mata.

Demikian penjelasan dari saya tentang mata sehat, hidup bahagia, perjalanan LASIK menuju keseimbangan visual semoga bermanfaat, terimakasih.

Ikuti tulisan menarik Rendi Saputra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu