x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 11 Desember 2023 09:45 WIB

Membangun Semangat Kerelawanan di Taman Bacaan, Gimana Caranya?

Membangun semangat kerelawanan di taman bacaan, apa spiritnya? Cukup hadirkan senyum bagi orang-orang yang dibantunya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perang, pilpres bahkan gaya hidup. Bisa jadi membuat banyak orang kehilangan kepercayaan pada kemanusiaan. Begitu pun media sosial, kian menyingkirkan banyak orang dari kiprah sosial. Terlalu asyiik pada diri sendiri, lupa menebar manfaat ke orang lain. Hingga kian abai terhadap kepedulian. Lalu bertanya pada diri sendiri, "Mengapa kita harus peduli kepada orang lain?".

 

Mahatma Gandhi pernah berpesan, "Kamu tidak boleh kehilangan kepercayaan pada kemanusiaan". Karena sejatinya, bumi menyediakan cukup ruang untuk kepedulian. Sambil menyingkirkan ego dan nafsu semata. Untuk selalu berbuat dan mengubah keadaan sebisa mungkin. Bukan hanya menerima dunia apa adanya tnap mau melakukan apapun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Maka di taman bacaan, relawan selalu bertindak atas nama kemanusiaan. Untuk mengabdi dan berkiprah demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi anak-anak dan masyarakat. Sekaligus aktualisasi diri secara sosial, sambil menunjukkan sikap belas kasih - tekad untuk membantu orang lain.

 

Atas semangat dan spirit itulah, relawan TBM Lentera Pustaka setiap hari Minggu berkumpul dan mendedikasikan diri untuk taman bacaan. Seperti yang terjadi hari ini (Minggu, 10/12/2023), relawan TBM Lentera Pustaka diantaranya Susi, Ai, Zhia, Mega, Resa, Farida, Fadil dan Gandi terjun langsung membimbing dan mengabdikan diri di taman bacaan. Saat ini ada 6 wali baca dan 12 relawan aktif di TBM Lentera Pustaka. Hanya saja waktu dan datangnya disesuaikan dengan ketersediaann waktu masing-masing. Relawan berkiprah, tanpa padang bulu tanpa pamrih. Sambil tetap menikmati momen asyik dan menyenangkan di taman bacaan.

 

Relawan taman bacaan yakin. Tidak ada kekuatan untuk perubahan yang lebih besar daripada semanngat kerelawanan untuk menemukan tempat apa yang dipedulikannya. Maka komunitas relawan akan terus hidup bila dirawat, di manapun berkiprah. Agar selalu ikhtiar untuk tidak kehilangan rasa kemanusiaan, apapun alasannya.

 

Relawan taman bacaan itu, bisa melihat orang-orang yang dibantunya tersenyum saja sudah cukup. Karena sejatinya, punya tindakan baik yang kecil dan nyata masih lebih berharga daripada niat termegah. Salam literasi #RelawanTBM #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

14 jam lalu

Terpopuler