x

Ilustrasi konseling. Gambar: pixabay.com

Iklan

Kata Teman Saya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 November 2023

Rabu, 20 Desember 2023 07:44 WIB

Hipnokonseling, Salah Satu Upaya Penanganan Kasus Siswa di MTsN 9 Bantul


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bantul (MTsN 9 Bantul)--Tim BK MTsN 9 Bantul meluncurkan program hypnokonseling sebagai salah satu inovasi layanan di Bimbingan dan Konseling (BK). Inovasi ini merupakan salah satu dari program Netracup (Nine Transformation Counseling Program) yang berupa 9 inovasi layanan prima dari BK. Metode hipnokonseling merupakan metode unggulan baru. Prosesnya dapat dilakukan selama proses assessment sekaligus sebagai metode preventif, kuratif dan pengembangan.

Dalam hipnokonseling ini, guru BK dapat memberikan terapi dan arahan-arahan kepada siswa dengan efektif karena proses ini dilakukan dengan menyampaikan sugesti-sugesti positif secara langsung pada pikiran bawah sadar sebagai pusat kendali siswa. Hipnokonseling bisa mengatasi berbagai masalah, seperti rasa kurang percaya diri, fobia, grogi, stress, suka marah-marah, sakit hati, dan perasaan bersalah yang menghantui. Hipnokonseling juga bisa mengurangi kebiasaan buruk, rasa ketakutan yang mendalam, paranoid, psikosomatik, dan berbagai kasus lain yang berhubungan dengan pikiran dan emosi.

Salah satu guru BK MTsN 9 Bantul, Wasidi memaparkan bahwa ada banyak sekali manfaat Hipnokonseling yang bisa di gunakan untuk pendampingan siswa bermasalah. Konseling ini dikombinasikan dengan hipnoterapi yang sering dimanfaatkan untuk memancing kejujuran siswa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Hipnokonseling ini bagus untuk diterapkan dalam pendampingan siswa. Semua guru BK sebaiknya bisa menerapkan metode ini dengan mengikuti beberapa pelatihan. Semoga metode ini lebih bisa efektif dalam membantu permasalahan siswa,” kata Wasidi. (as)

 

Ikuti tulisan menarik Kata Teman Saya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler