Ngajuku; Platform Belajar Bahasa Dayak Ngaju dengan Mudah dan Menarik

Minggu, 31 Desember 2023 20:05 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tampilan Ngajuku

Sebuah terobosan pendidikan mencuat dari langkah seorang mahasiswa Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya yakni Muafi Fathi Rizki, yang menunjukkan inovasi luar biasa dengan menciptakan platform E-Learning Bahasa Dayak Ngaju, yang ia namakan "Ngajuku". Platform ini menjadi jawaban atas perbedaan bahasa yang dihadapi siswa di SDN Kantan Muara 5, sebuah sekolah di desa transmigran Jawa, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Muafi, dengan tekadnya untuk mengatasi tantangan pembelajaran yang timbul dari perbedaan bahasa sehari-hari dan muatan lokal, mengembangkan Ngajuku melalui skripsi yang dikerjakannya di Universitas Negeri Surabaya. Melalui platform daring www.ngajuku.com, Muafi menyajikan akses mudah dan menarik bagi siswa, guru, dan masyarakat umum yang ingin memahami Bahasa Dayak Ngaju.

Ngajuku bukan sekadar kumpulan materi pelajaran. Ia menawarkan menu-menu interaktif yang meliputi berbagai aspek kehidupan sehari-hari, kamus Bahasa Dayak Ngaju, pepatah, kalimat tanya, hingga berbagai permainan yang mengasyikkan dan mendalamkan pemahaman terhadap Bahasa Dayak Ngaju dan budaya Kalimantan Tengah.

"Platform ini merupakan jawaban atas kebutuhan akan metode pembelajaran yang lebih menarik, terutama bagi siswa yang terbiasa menggunakan bahasa Jawa di lingkungan sekitarnya namun harus mempelajari Bahasa Dayak Ngaju di sekolah," ungkap Muafi.

Sosialisasi Ngajuku kepada Guru SDN Kantan Muara 5

Ngajuku bukan hanya untuk siswa SDN Kantan Muara 5. Muafi bermimpi bahwa platform ini dapat merangkul masyarakat yang ingin menjelajahi kekayaan Bahasa Dayak Ngaju, menghadirkan solusi bagi tantangan belajar bahasa yang seringkali menjadi batasan dalam pembelajaran.

Dengan langkah inovatifnya, Muafi Fathi Rizki membawa harapan akan terciptanya pendidikan yang lebih inklusif dan pemahaman yang lebih mendalam tentang keberagaman budaya di Indonesia.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Muafi Fathi

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua