x

Iklan

Muafi Fathi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Desember 2023

Minggu, 31 Desember 2023 20:05 WIB

Ngajuku; Platform Belajar Bahasa Dayak Ngaju dengan Mudah dan Menarik


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tampilan Ngajuku

Sebuah terobosan pendidikan mencuat dari langkah seorang mahasiswa Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya yakni Muafi Fathi Rizki, yang menunjukkan inovasi luar biasa dengan menciptakan platform E-Learning Bahasa Dayak Ngaju, yang ia namakan "Ngajuku". Platform ini menjadi jawaban atas perbedaan bahasa yang dihadapi siswa di SDN Kantan Muara 5, sebuah sekolah di desa transmigran Jawa, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Muafi, dengan tekadnya untuk mengatasi tantangan pembelajaran yang timbul dari perbedaan bahasa sehari-hari dan muatan lokal, mengembangkan Ngajuku melalui skripsi yang dikerjakannya di Universitas Negeri Surabaya. Melalui platform daring www.ngajuku.com, Muafi menyajikan akses mudah dan menarik bagi siswa, guru, dan masyarakat umum yang ingin memahami Bahasa Dayak Ngaju.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ngajuku bukan sekadar kumpulan materi pelajaran. Ia menawarkan menu-menu interaktif yang meliputi berbagai aspek kehidupan sehari-hari, kamus Bahasa Dayak Ngaju, pepatah, kalimat tanya, hingga berbagai permainan yang mengasyikkan dan mendalamkan pemahaman terhadap Bahasa Dayak Ngaju dan budaya Kalimantan Tengah.

"Platform ini merupakan jawaban atas kebutuhan akan metode pembelajaran yang lebih menarik, terutama bagi siswa yang terbiasa menggunakan bahasa Jawa di lingkungan sekitarnya namun harus mempelajari Bahasa Dayak Ngaju di sekolah," ungkap Muafi.

Sosialisasi Ngajuku kepada Guru SDN Kantan Muara 5

Ngajuku bukan hanya untuk siswa SDN Kantan Muara 5. Muafi bermimpi bahwa platform ini dapat merangkul masyarakat yang ingin menjelajahi kekayaan Bahasa Dayak Ngaju, menghadirkan solusi bagi tantangan belajar bahasa yang seringkali menjadi batasan dalam pembelajaran.

Dengan langkah inovatifnya, Muafi Fathi Rizki membawa harapan akan terciptanya pendidikan yang lebih inklusif dan pemahaman yang lebih mendalam tentang keberagaman budaya di Indonesia.

Ikuti tulisan menarik Muafi Fathi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB