x

Penerapan ilmu ergonomi

Iklan

Maura Billaily Unssa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Januari 2024

Kamis, 18 Januari 2024 18:22 WIB

Penerapan Ilmu Ergonomi di Tempat Kerja

Setiap kita memiliki tingkat imun tubuh berbeda-beda. Di dalam setiap aktifitas kita pasti menggunakan alat bantu. Kita selalu berusaha memilih menggunakan alat yang nyaman sesuai proporsi kebutuhan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada masa sekarang ini banyak para pekerja mengeluhkan kesehatan tubuh, seperti sering pegal, stress, otot leher tegang, nyeri punggung, atau mata kelelahan menatap monitor terlalu lama. Semua gejala itu menunjukkan pentingnya ilmu ergonomi.
 
Setiap kita memiliki tingkat imun tubuh berbeda-beda. Di dalam setiap aktifitas kita pasti menggunakan alat bantu. Kita selalu berusaha memilih menggunakan alat yang nyaman sesuai proporsi kebutuhan. Sebab, jika menggunakan alat yang tidak nyaman dengan tubuh khawatir menimbulkan ketidak-nyamanan pada tubuh.
 
Pengertia Ergonomi
 
Ilmu ergonimi adalah salah satu ilmu di dunia industri yang mempelajari perilaku manusia kaitanya dengan pekerjaan mereka. Ergonomi adalah penyesuaian tugas pekerjaan dengan komdisi tubuh manusia. Tujuannya untuk menurunkan stress yang akan dihadapi. Ergonomi mengacu pada serangkaian disiplin ilmu yang diterapkan untuk mengoptimalkan interaksi antara lingkungan kerja dan pekerjanya.
 
Perusahaan sangat perlu menerapkan ergonomi di perkantoran.  Karyawan di era modern banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan dengan menggunkan peralatan elektronik, misalnya handphone, komputer, dan laptop.
 
Ergonomi dipergunakan sebagai penyeimbang antara kemampuan dan keterbatasan manusia dengan tuntutan pekerjaanya. Sesuatu pekerjaan dikatakan ergonomis kalau memberikan rasa nyaman, sehat, efektif, dan efesien.
 
Produk ergonomi juga tidak bersifat estetika. Ilmu ergonomi bisa menjadi solusi guna menemukan kenyamanan dan kepuasan dalam beraktivitas. Salah satunya yaitu bekerja dan belajar.  Bekerja dan belajar dengan menerapkan ilmu ergonomi menjadi hal yang sangat dipahami bagi setiap individu karena sebuah posisi kerja dan belajar yang tidak ergonomi dapat menyebabkan kecelakaan kerja dan gangguan kesehatan baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang nantinya.
 
Beberapa posisi kerja dan belajar yang harus dipahami adalah cara dan posisi kerja dan belajar yang nyaman, cara mengangkat beban secara manual untuk pekerja. Mencari posisi kerja dan belajar yang tepat pun bisa mengurangi kadar stres setiap individu.
 
Manfaat Menerapkan Ergonomi yang Baik di Tempat Kerja
Penerapan prinsip ergonomi ditempat kerja akan mengurangi cedera, kematian, dan gangguan kesehatan serta meningkatkan produktivitaas dan kualitas kerja. Berikut manfaat dari penerapan ergonomi tersebut :
  • Produktivitas kerja yang meningkat
  • Mencegah penyakit akibat kerja.Ergonomi membantu mencegah kelelahan, ketegangan otot, dan cedera dengan memastikan tempat kerja dirancang untuk kenyamanan dan efeiensi.
  • Membuat pekerjaan nyaman dan efeiensi.Tempat kerja yang ergonomis dapat membuat pekerjaan lebih nyaman, tidak cepat lelah.
  • Mengurangi risiko kecelakaankerja.Tempat kerja yang ergonomis dapat mengurangi risiko kecelakaan kerja, seperti tekanan pada sistem otot rangka, kelelahan mata, dan mata perih.
Berikut dipaparkan tentang bagaimana ergonomi dapat berpengarus sangat besar terhadap kegiatan pekerjaan kita.Jadi mari terapkan ilmu ergonomi ini pada kehidun kita untuk menciptakan tubuh yang sehat dan lingkungan kerja yang nyaman.

Ikuti tulisan menarik Maura Billaily Unssa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

19 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

19 jam lalu