x

Gambar oleh Vlad Vasnetsov dari Pixabay

Iklan

Nur Annisa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Januari 2024

Sabtu, 27 Januari 2024 08:21 WIB

Cara dan Teknik Permainan Bulutangkis

Badminton adalah salah satu cabang olahraga yang sangat terkenal di Indonesia dan dunia. Bulu tangkis merupakan cabang olahraga yang masuk ke dalam kategori permainan dan dapat dilakukan di dalam ataupun di luar ruangan dalam lapangan khusus.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

  1. Area permainan

Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi berseberangan pada kedua sisi jaring di lapangan bulutangkis. Permainan dimulai dengan salah satu pemain melakukan servis. Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket, melewati jaring ke wilayah lawan, sampai lawan tidak dapat mengembalikannya kembali. Area permainan berbeda untuk partai tunggal dan ganda. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dikatakan "keluar". Setiap kali pemain/pasangan tidak dapat mengembalikan kok (karena menyangkut di jaring atau keluar lapangan) maka lawannya akan memperoleh poin. Permainan berakhir bila salah satu pemain/pasangan telah meraih sejumlah poin tertentu.

 

  1. Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis
  2. Cara Memegang Raket Pegangan raket ada tiga macam, yaitu:
  • Pegangan forehand (pegangan dasar),Pegangan ini dapat di peroleh dengan cara mendirkan raket yang sisinya tegak dengan lantai Pegangan ini hampir sama dengan posisi tangan sedang bersalaman.
  • Pegangan backhand,Pegangan ini dapat di peroleh dengan jalan memutar seperempat ke kanan dari pegangan forehead.
  • Pegangan pukul kasur/Amerika,Cara pegangan ini adalah mula-mula raket diletakkan secara mendatar di atas lantai. Kemudian ambil dan peganglah raket pada pegangannya, sehingga bagian tangan antar ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

  1. Teknik Pukulan

Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pukulan pada permainan bulu tangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke lapangan lawan. Terdapat macam-macam teknik dasar pukulan dalam permainan bulutangkis, yaitu:

  • Pukulan Servis

Pukulan servis merupakan pukulan degan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai permulaan permainan. Servis dilakukan dari satu sisi lapangan (kiri atau kanan) menyilang menyeberangi jaring ke area lawan. Partai tunggal dan ganda memiliki area servis yang berbeda. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dinyatakan "keluar" dan poin untuk penerima servis. Posisi kiri atau kanan tempat servis dilakukan ditentukan dari jumlah poin yang telah dikumpulkan oleh pemain yang akan melakukan servis. Posisi kanan untuk jumlah poin genap dan posisi kiri untuk jumlah poin ganjil. Servis dari posisi kanan juga dilakukan saat jumlah poin masih nol. Pada set pertama pemain/pasangan yang melakukan servis untuk pertama kali ditentukan dengan undian, sedangkan untuk set berikutnya dilakukan oleh pemenang dari set sebelumnya. Macam-macam pukulan servis, yaitu:

  1. Pukulan servis panjang

Servis panjang hampir sama dengan gerakan mengayun pada pukulan forehand dibawah tangan. Pemain harus berdiri didekat garis tengah dan kira-kira 4 hingga 5 kaki (1,5 meter) di belakang garis servis pendek. Posisi ini menempatkan pemain dekat dengan bagian tengah lapangan dan kira-kira sama jauhnya dengan semua sudut lapangan. Salah satu kaki dimajukan ke depan dengan kaki belakang adalah kaki yang lebih dominan. Tangan yang memegang raket adalah tangan yg lebih dominan, sedangkan tangan satunya lagi memegang kok. Ayunkan tangan yang memegan raket dari belakang ke depan menuju kok yang dilepas oleh tangan satunya. Kok harus melambung tinggi menuju garis belakang lawan. Setelah itu, pindahkan tubuh ke posisi tengah lapangan untuk tunggal, sedangkan untuk double pindah ke posisi masing-masing dan bersiap menerima kok jika lawan berhasil mengembalikannya.

 

  1. Pukulan servis p

Persiapan untuk melakukan servis pendek sama dengan persiapan servis panjang. Salah satu yang membedakan adalah posisi berdiri lebih dekat ke garis servis yang kira-kira berjarak +/-15cm. Selain itu, dorongan kok harus melambung rendah di atas net dan mendarat tipis melewati garis servis lawan. Servis pendek memiliki keuntungan jika menggunakan pegangan backhand, karena bola akan lebih cepat dan bergerak dengan jarak yang lebih pendek.

 

  • Pukulan Lob

Pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulutangkis yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan. Pukulan lob dapat di lakukan dengan dua cara. yaitu:

  1. Overheadlob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang. Pukulan overhead terbagi menjadi dua, yaitu:
  • Pukulan Forehand Overhead

Gerakan pukulan forehand overhead hampir sama dengan gerakan melempar bola. Gerakan ini bertujuan melambungkan kok ke arah belakang wilayah lawan dengan menggunakan pegangan forehand di atas kepala.

  • Pukulan  Backhand Overhead

Gerakan ini bertujuan melambungkan kok ke arah belakang wilayah lawan dengan menggunakan pegangan backhand di atas kepala.

  • Underhand lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari bawah dengan cara memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan di lambungkan tinggi ke belakang.
  • Pukulan Clear

Pukulan ini memiliki tujuan untuk membuat bola menjauh dari lawan sehingga membuat lawan bergerak lebih cepat dan bisa membuat lawam lebih lelah. Pukulan clear dapat dilakukan dengan pegangan forehand maupun backhand, pada posisi overhead ataupun underhand.

  • Pukulan Drop Shot

Pukulan drop shot adalah pukulan rendah tipis di atas net dan pelan, sehingga kok langsung jatuh menuju lantai. Pukulan drop shot dapat dilakukan dengan pegangan forehand maupun backhand, pada posisi overhead ataupun underhand.

  • Pukulan Smash

Pukulan smash adalah pukulan yang cepat, diarahkan ke bawah dengan kuat dan tajam. Pukulan ini bertujuan untuk mengembalikan bola pendek yang telah dipukul ke atas oleh lawan. Pukulan smash terbagi menjadi dua pukulan, yaitu:

  1. Pukulan smash forehand
  2. Pukulan smash backhand
  • Pukulan Drive

Pukulan drive adalah pukulan datar yang mengarahkan bola dengan lintasan horizontal melintasi net. Pukulan drive terbagi menjadi pukulan drive forehand dan pukulan drive backhand. Pukulan drive forehand maupun pukulan drive backhand adalah pukulan yang sama-sama mengarahkan bola dengan ketinggian yang cukup untuk melakukan clear pada bola dengan jalur yang datar atau sedikit menurun.

 

Sistem Perhitungan Nilai

 

Beberapa peraturan berbeda diterapkan untuk perhitungan poin, ada yang menggunakan sistem pindah bola dan sistem reli poin, berikut penjelasannya:

  • Sistem pindah bola
  • Sebelum pertandingan dimulai, harus ditentukan salah seorang pemain dari tiap-tiap pasangan sebagai "orang pertama". Pilihan ini berlaku untuk setiap set yang dimainkan.
  • Jumlah poin genap atau ganjil menentukan posisi "orang pertama" saat melakukan servis.
  • Setiap pasangan mempunyai dua kali kesempatan servis (masing-masing untuk tiap pemain) sebelum pindah bola, kecuali servis pertama pada tiap-tiap awal set tidak mendapat kesempatan kedua.
  • Saat pindah bola, servis pertama selalu dilakukan oleh pemain yang berada di sebelah kanan, bukan oleh "orang pertama".

 

 

  • Sistem reli poin
  • Setiap pasangan hanya mendapat satu kali kesempatan servis, tidak ada servis kedua.
  • Servis dilakukan oleh pemain yang posisinya sesuai dengan poin yang telah diraih oleh pasangan tersebut.
  • Pemain yang sama akan terus melakukan servis sampai poin berikutnya diraih oleh lawan.

Sejak Mei 2006, pada kejuaraan resmi seluruh partai menggunakan sistem perhitungan 3x21 reli poin. Pemenang adalah pemain/pasangan yang telah memenangkan dua set.

 

Pertandingan-pertandingan internasional

 

Adapun pertnadingan-pertandingan Internasional yang penting diantaranya:

  • Kejuaraan All England.
  • Dunia yang resmi (world Badminton Championship).
  • Kejuaraan Asia (Asia badminton Championship).
  • Kejuaraan bulu tangkis di dalam Asian games, SEA Games, Commonwealth Games dan sebagainya (beregu dan perorangan).
  • Kejuaraan dunia beregu terdiri dari:

- untuk golongan pria disebut Thomas Cup Championship.

untuk golongan wanita disebut Uber Cup Championship.

 

 

Perlengkapan Bulutangkis

 

  1. Lapangan

Lapangan bulutangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat pada gambar. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yang lunak. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Berikut ini adalah gambar lapangan bulu tangkis beserta ukuran-ukurannya:

  1. Raket

Secara tradisional raket dibuat dari kayu . Kemudian aluminium atau logam ringan lainnya menjadi bahan yang dipilih. Kini, hampir semua raket bulutangkis profesional berkomposisikan komposit seret karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket.

 

  1. Senar

Mungkin salah satu dari bagian yang paling diperhatikan dalam bulu tangkis adalah senar nya. Jenis senar berbeda memiliki ciri-ciri tanggap berlainan. Keawetan secara umum bervariasi dengan kinerja. Kebanyakan senar berketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb . Kesukaan pribadi sang pemain memainkan peran yang kuat dalam seleksi senar.

 

  1. Kok

Kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis, terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus . Dalam latihan atau pertandingan tidak resmi digunakan juga kok dari plastik.

 

  1. Sepatu

Karena percepatan sepanjang lapangan sangatlah penting, para pemain membutuhkan pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. Sepatu bulutangkis membutuhkan sol karet untuk cengkraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik, dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat; bulutangkis mengakibatkan agak banyak stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan kaki.

Servis forehand merupakan salah satu teknik awalan dalam permainan dalam bulutangkis yang perlu dikuasai oleh setiap pebulutangkis. Oleh karena itu para pemain pemula perlu mengetahui apa itu servis forehand dan memahami betul cara melakukan servis forehand agar dapat bermain secara optimal.

Seorang pemain bulutangkis haruslah menguasai beberapa teknik servis agar dapat bermain dengan baik sehingga mampu mencetak skor. Pada dasarnya teknik servis tersebut terbagi menjadi 2 jenis, yakni servis pendek dan servis tinggi atau servis panjang. Hanya saja secara umum lebih banyak orang yang mengenal istilah teknik forehand dan backhand pendek ataupun panjang dalam permainan bulutangkis.

 

Cara Melakukan Servis Forehand dalam Bulu Tangkis

Mengutip dari laman pbdjarum.org (diakses pada 1/11/21), teknik servis forehand biasanya digunakan dalam permainan tunggal. Adapun yang dimaksud dengan servis forehand ialah servis yang dilakukan untuk memaksa lawan agar ia tidak bisa melakukan serangan atau membuat lawan dalam posisi bertahan.

Dikutip dari buku Mahir Bulu Tangkis, Hermawan Aksan (2012: 65), teknik servis forehand tersebut dibagi menjadi 2 cara penggunaan, yakni forehand pendek dan forehand panjang. Adapun cara melakukan servis forehand dalam permainan bulutangkis yang perlu dipahami oleh pemula ialah seperti berikut:

  • Posisikan pegangan tangan kanan pada raket dengan menghadapkan muka raket ke shuttlecock yang dipegang tangan kiri di depan bahu
  • Posisikan kaki kiri di depan dan kaki kanan agak ke belakang
  • Buka kaki selebar pinggul dengan kedua telapak kaki kontak dengan lantai
  • Arahkan dada ke samping dengan menarik bahu untuk diayun bersamaan dengan pukulan pada raket dan shuttlecock
  • Pukul shuttlecock dengan tenaga penuh agar melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakangan garis area lawan
  • Konsentrasi penuh untuk kembali memukul shuttlecock dari lapangan lawan dengan kuat untuk mencetak poin

Demikian ulasan singkat mengenai cara melakukan servis forehand dalam permainan olahraga bulu tangkis yang perlu dikuasai oleh pemula. Agar dapat bermain dengan baik dan semakin menguasai teknik permainan bulu tangkis, maka para pemain pemula harus terus semangat dan berlatih secara rutin tanpa kenal lelah. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat!

 

 

Pembelajaran Servis Forehand Permainan Bulutangkis melalui Tekhnologi

 

https://youtu.be/BsiKXduqbno?si=qh6yULFG0FGLyhQf

Ikuti tulisan menarik Nur Annisa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu