x

Senam bersama oleh tim KKN dan seluruh masyarakat di Desa Tambi, Wonosobo, 8 Juli 2023. Indonesiana.id/Tim KKN 115

Iklan

Nur Annisa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Januari 2024

Senin, 29 Januari 2024 18:59 WIB

Mengenal Senam Irama Kreasi

Senam kreasi adalah senam yang dilakukan dengan iringan musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam kreasi dilakukan tanpa menggunakan alat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Senam kreasi adalah senam yang dilakukan dengan iringan musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam kreasi dilakukan tanpa menggunakan alat.

Senam kreasi sudah menjadi cabang olahraga yang dilombakan diberbagai ajang seperti olimpiade dan pertandingan skala internasional lainnya. Senam kreasi bisa memakai musik apa saja tanpa harus keterikatan dengan satu musik, karna bisa mengembangkan gerak kreasi yg kita inginkan termasuk musik daerah. musik daerah adalah lagu yang berasal dari suatu daerah tertentu menjadi popular dinyanyikan baik oleh rakyat daerah tersebut.

Pada umumnya pencipta musik daerah ini tidak diketahui lagi alias anonim. Musik kedaerahan biasanya memiliki lirik sesuai dengan bahasanya masing-masing. Ciri khas m usik daerah antara lainnya menceritakan tentang keadaan atau budaya masyarakat setempat, jarang diketahui pengarangnya, bersifat sederhana untuk mempelajari musik daerah dan sulit dinyanyikan oleh seseorang yang berasal dari daerah lain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di sini peneliti akan mengembangkan sebuah senam kreasi Jambi Pusako dengan menggunakan musik daerah Jambi yaitu Dagang Menumpang dan Serampang Laut. Dikarenakan senam sebelumnya dalam segi musik dan gerakan masi kurang kompak dan kurang menarik sehingga kurang memicu semangat dan minat masyarakat.

Maka dari itu penulis ingin sekali mengembangkan senam kreasi Jambi Pusako kepada masyarakat, untuk meningkatkan minat masyarakat dalam olahraga terhadap senam, dengan mengembangkan senam yang sudah ada menjadi senam kreasi yang lebih menarik dan musiknya memicu semangat masyarakat.

Ikuti tulisan menarik Nur Annisa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler