x

Foto : Musyawarah Penataan Kawasan Pecinan II, Selasa malam, 30 Januari 2024.

Iklan

Abd. Malik Efendi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Rabu, 31 Januari 2024 07:22 WIB

Wacana Pindah Lokasi Festival Pecinan Banyuwangi 2024 Ditolak Warga

Masyarakat menolak pemindahan lokasi Festival Pecinan karena rencana tersebut tanpa dasar dan alasan yang jelas. Selain itu warga khawatir akan menimbulkan kemacetan kendaraan di sejumlah titik .

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyuwangi - Suasana perayaan Tahun Baru Imlek yang meriah mulai terasa, apalagi konsep acaranya akan dibuat sebuah Destinasi Wisata Kuliner bernuansa Chinese oleh pihak Panitia Festival Pecinan, tentu membawa rasa kebersamaan dan harapan baru bagi masyarakat Banyuwangi yang merayakannya.

Namun, untuk tahun ini ada rencana pemindahan lokasi Festival Pecinan dari yang semula bertempat di Jalan Ikan Gurami menuju arah Timur, direncanakan pindah ke kawasan Jalan Piere Tendean dan Jalan Imam Bonjol.

Hal tersebut, menjadi polemik bagi sejumlah masyarakat setempat khususnya bagi pemilik usaha seperti kios buah, toko, dan pedagang-pedagang kecil di lokasi tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam forum pembahasan rencana pemindahan lokasi Festival Pecinan yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Karangrejo tersebut, dihadiri oleh Camat Banyuwangi H. Hartono, S.Sos., M.Si bersama Plt. Bakesbangpol Kabupaten Banyuwangi Muhammad Lutfi, S.Sos., M.Si serta para pemilik rumah/Toko/RT/RW di kawasan Pecinan Banyuwangi. Selasa, 30 Januari 2024.

Peter bersi keras melakukan penolakan dalam mewakili sejumlah warga yang merasa keberatan, atas rencana pemindahan lokasi Festival Pecinan tersebut. Menurutnya, dasar dan alasan rencana tersebut sangatlah tidak jelas.

"Jangan pakai alasan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Buktinya para pemilik toko, kios buah, dan para pedagang kecil di kawasan tersebut sangat merasa keberatan kok, karena sangat mengganggu aktivitas ekonomi mereka," ujar pria yang juga berprofesi sebagai Advokat tersebut.

Selain tanpa dasar dan alasan yang jelas, masyarakat juga menolak rencana pemindahan lokasi Festival Pecinan tersebut, karena dikhawatirkan akan menimbulkan dampak kemacetan kendaraan di sejumlah titik jalan akibat adanya Festival Tahunan tersebut.

Wagiman, pemilik toko buah mengungkapkan keluhannya, karena rencananya kiosnya akan digunakan lahan parkir, menurutnya hal tersebut sangat mengganggu jalan.

"Rencana perpindahan tempat Festival Pecinan ini tentu akan sangat merugikan bagi para pedagang setempat, misalnya saya, sudah menanam modal dan karyawan banyak sekali disana, jangan sampai terganggu oleh agenda-agenda seperti ini," tutur Wagiman.

Salah satu warga yang akrab disapa Efendi, juga menyampaikan pendapatnya dalam Forum Musyawarah Penataan Kawasan Pecinan II tersebut. Ia berharap kepada pihak pemerintah setempat agar tidak merubah-rubah kegiatan yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

"Setiap daerah itu punya nilai sejarah atau filosofisnya masing-masing, maksud saya jangan merubah-rubah kegiatan Festival Pecinan yang selama ini sudah berjalan dengan baik, apalagi sampai mempecinankan kawasan-kawasan yang bukan pecinan," kata Efendi.

Menanggapi pendapat masyarakat tersebut, Camat Banyuwangi senada dengan Plt. Bakesbangpol Kabupaten Banyuwangi Muhammad Lutfi, S.Sos., M.Si menyampaikan dalam forum, bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas saran pendapat dari warga. "Dan kita putuskan pada malam ini, bahwa rencana pemindahan lokasi Festival Pecinan kita batalkan dan kita tetapkan lokasinya sama seperti di tahun-tahun sebelumnya yaitu di kawasan Jalan Ikan Gurami menuju ke arah Timur," ujar Lutfi.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Pecinan Alexander Martin juga menyampaikan kepada awak media, bahwa pihaknya sangat berbesar hati dari hasil keputusan musyawarah bersama pihak pemerintah dan masyarakat setempat.

"Tentunya kita sangat menghormati hasil keputusan pada malam hari ini, intinya kegiatan Festival Pecinan akan tetap dilakukan di tempat yang sama seperti tahun-tahun lalu," kata Alex.

Ikuti tulisan menarik Abd. Malik Efendi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 jam lalu

Terpopuler