x

Lukisan karya Frans Hals

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Kamis, 15 Februari 2024 08:29 WIB

Kepala Rijksmuseum Serukan Pengembalian Lukisan Frans Hals, yang Dicuri 3 Kali Jelang Pameran Besar

Rijksmuseum di Amsterdam hanya tinggal beberapa hari lagi untuk membuka pameran besar karya master Belanda abad ke-17, Frans Hals.  Sebagaimana diketahui, karya pelukis ini ditutup bulan Januari 2024 di Galeri Nasional London.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada pratinjau pers pameran hari ini, direktur Rijksmuseum, Taco Dibbits, menyampaikan permohonan kepada publik untuk mengembalikan sebuah karya Hals, Two Boys Laughing with a Mug of Beer (1626), yang dicuri pada bulan Agustus 2020 dari Museum Hofje van Mevrouw van Aerden di Leiden, Belanda.

Akankah permohonan Dibbits sampai ke telinga pencuri yang memiliki hati nurani? Harapannya, publisitas ini setidaknya dapat menguak sedikit informasi mengenai keberadaan lukisan yang bernilai sekitar 16 juta dolar AS tersebut. Hal yang mengherankan, lukisan tersebut telah dicuri 2 kali sebelumnya, pada tahun 1988 dan 2011. Lalu pada 2020, lukisan tersebut berhasil ditemukan kembali.

Dalam kasus terakhir, pencuri memasuki museum Leerdam dengan membuka paksa pintu belakang dan menyalakan alarm. Pada saat petugas tiba di tempat kejadian, sekitar pukul 3:30 pagi, para bandit telah menghilang-dan membawa serta Two Laughing Boys.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dibbets mencatat bahwa Hals biasanya melukis potret kelompok atau individu, sedangkan karya yang hilang itu menunjukkan dua anak laki-laki yang sedang berinteraksi, menurut laporan di Guardian.

"Itu adalah sesuatu yang ingin kami tunjukkan dan saya sangat berharap lukisan ini akan ditemukan kembali," katanya, menurut laporan tersebut. "Ini adalah lukisan milik kita semua."

Sebuah lukisan Vincent van Gogh yang diyakini telah dicuri oleh pencuri yang sama, dari Museum Singer Laren, ditemukan tahun lalu. Akan tetapi,  tidak ada tanda-tanda dari Hals.

Pameran Rijksmuseum dibuka pada hari Jumat dengan 50 karya, termasuk beberapa karya yang bukan merupakan bagian dari versi lain dari pertunjukan tersebut, yang akan berpindah ke Gemäldegalerie di Berlin pada akhir tahun ini. Karya-karya khusus tersebut termasuk sebuah potret kelompok besar berjudul “Banquet of the Officers of the St George Militia Company” atau Perjamuan Para Perwira Kompi Milisi St George (1616), yang belum pernah dipinjamkan oleh Museum Frans Hals di Haarlem. Lukisan ini dipinjam berkat dispensasi khusus dari walikota kota tersebut.  Keamanan pada  pameran ini tidak diragukan lagi akan sangat ketat. ***

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terkini

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB