x

Lukisan \x22Landscape near Malabat, Tangier\x22

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Senin, 19 Februari 2024 07:37 WIB

Francis Bacon dan Monet Siap Pamer Lukisan Terkenalnya di Christie's di London

Penjualan seni abad ke-20 dan ke-21 Christies yang besar di London tahun ini,  akan dipimpin oleh dua lanskap lukisan: Francis Bacon yang dinamis dan penuh gairah serta lukisan karya Monet yang bernuansa murung.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lukisan Francis Bacon, berjudul “Landscape near Malabata, Tangier” atau “Pemandangan dekat Malabata, Tangier” (1963), diperkirakan bernilai £15 juta-£20 juta. Lukisan ini dilukis sebagai penghormatan kepada Peter Lacy, yang menjalin hubungan asmara dengan sang seniman selama bertahun-tahun.

Francis Bacon membuat lukisan tersebut di London, hanya satu tahun setelah Lacy meninggal secara tragis di Tangiers pada usia 46 tahun. Lukisan tersebut tetap berada dalam koleksi yang sama selama lebih dari 20 tahun.

Ketika terakhir kali dijual di pelelangan, di Sotheby's New York dengan harga $517.000 pada tahun 1985, lukisan ini menjadi lukisan Francis Bacon termahal yang pernah dijual.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai catatan, saat ini rekor lelang Francis Bacon adalah lukisan tahun 1969 berjudul “Three Studies of Lucian Freud”, yang terjual di Christie's New York dengan harga $142,4 juta pada tahun 2013).

Lukisan Bacon awalnya dijual oleh Marlborough Gallery pada tahun 1963. Mengutip artnews.com, lukisan-lukisan karya Bacon telah dipamerkan di 32 pameran di 27 kota di seluruh dunia. Termasuk pameran retrospektif tahun 1971-72 di Grand Palais di Paris dan “Francis Bacon: Man and Beast”  pada tahun 2022.

Lukisan “Matinée sur la Seine, temps net”  (1897) karya Monet merupakan salah satu dari 21 foto yang membentuk seri "Mornings on the Seine" dari sang seniman. Setiap karya di dalamnya berfokus pada bagian yang sama dari sungai yang terkenal itu pada waktu yang berbeda sepanjang hari.

Diperkirakan akan menghasilkan £12 juta-£18 juta,” Matinée sur la Seine, temps net” akan dilelang untuk pertama kalinya dalam 45 tahun terakhir. Karya ini dibuat di bateau-atelier (studio-perahu) Monet di tengah sungai yang melintasi Giverny, desa pedesaan tempat Monet menciptakan beberapa karyanya yang paling dikenal, termasuk seri "Nymphéas" (Bunga Lili Air).

Lukisan “Matinée sur la Seine, temps net” terakhir kali dipamerkan pada tahun 1990 sebagai bagian dari "Monet in the '90s: The Series Paintings," yang diselenggarakan di Museum of Fine Arts, Boston, Art Institute of Chicago, dan Royal Academy of Arts di London.

Lukisan Francis Bacon akan dipamerkan di Christie's New York hingga 19 Februari, juga kedua lukisan tersebut akan dipamerkan di Christie's London mulai 1 hingga 7 Maret. ***

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB