x

Foto Berikut Merupakan Konten-Konten yang Berada di Asumsi

Iklan

rizqi adam

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Februari 2024

Selasa, 19 Maret 2024 05:51 WIB

Asumsi, Platform Media Spesialis Pop Culture di Indonesia untuk Generasi Muda

Konten Asumsi banyak mengenalkan dan menggambarkan sub kultur di Indonesia. Institusi ini termasuk ke dalam Meta and Comment Sites.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Asumsi adalah institusi media yang memiliki beberapa cabang mulai dari situs web, laman Youtube hingga akun Twitter (X), dengan berisikan konten-konten seputar pop culture atau sub kultur yang ada di Indonesia dengan target pasar yaitu generasi muda. Beberapa konten-konten yang disajikan pada multi-platform nya menawarkan sajian informatif yang sudah dikaji menurut sudut pandang unik hasil kreasi tim Asumsi. Informasi yang diunggah juga merupakan bentuk pemikiran kritis terhadap apa yang sudah menjadi pengetahuan publik namun, diolah dengan menarik dan cukup berani oleh Asumsi.

Berdasarkan hasil konten yang dibuat serta tujuan utama dari Asumsi yaitu memperkenalkan dan juga menggambarkan sub kultur di Indonesia, institusi ini termasuk ke dalam Meta and Comment Sites. Dikarenakan, karya Asumsi banyak mendiskusikan hal-hal yang telah dikaji ulang dan dibawakan kembali dengan sudut pandang baru sehingga dapat membentuk asumsi baru dalam benak masyarakat. Pandangan sosial maupun politik juga diangkat dan dijadikan konten bersama untuk kembali didiskusikan di sosial media Asumsi.

Berikut beberapa situs Asumsi yang telah ada, yaitu laman situs Asumsi.co, @Asumsiasumsi (YouTube), dan @asumsico (Twitter), merupakan contoh jurnalisme digital yang berjenis Meta and Comment Sites. Karena Asumsi adalah institusi media yang berfokus pada bahasan politik dan budaya pop, yang berawal dari sebuah channel Youtube yang aktif membahas berbagai isu terkini dan juga mewawancarai sejumlah tokoh. Situs ini memiliki format multimedia yang beragam, mulai dari video, artikel, podcast, newsletter, hingga media sosial, yang digunakan untuk mengumpulkan dan mengkomentar berita aktual dan isu sosial.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Akun Asumsi yang menyediakan konten berita aktual dan isu sosial, serta ruang untuk diskusi dan pendapat berbagai tokoh. Semua multi-platform Asumsi ini memanfaatkan potensi Internet sebagai sarana untuk bertukar ide, cerita, dan sebagainya, dan menganggap peran media massa sebagai sarana informasi, pendidikan, dan kontrol sosial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Situs-situs jurnalisme digital yang berjenis Meta and Comment Sites, seperti Asumsi ini, sering digunakan untuk menyediakan informasi dan diskusi tentang berita aktual dan isu sosial, serta menyediakan ruang untuk pendapat dan pendiskusian publik. Sehingga jurnalisme digital ini memiliki beberapa kelebihan, seperti kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat untuk terlibat langsung dalam memilih dan mencari informasi.

*)Artikel ini adalah tugas dari mata kuliah Komunikasi Digital yang diampu  Rachma Tri Widuri, S.Sos.,M.Si.” 
Penulis adalah mahasiswa semester 4 pada Prodi Produksi Media, Politeknik Tempo.

Ikuti tulisan menarik rizqi adam lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan