x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Jumat, 5 April 2024 19:32 WIB

Hikmah Puasa, Inilah yang Disebut Di Luar Rencana Manusia

Tanpa kita tahu mungkin saat ini, ada orang-orang jahat yang sedang bersekongkol untuk menjatuhkan kita. Biarkan saja, di luar rencana manusia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Terkadang, tanpa kita tahu. Mungkin saat ini, ada orang-orang jahat yang sedang bersekongkol untuk menjatuhkan kita. Di kantor, di lingkungan, bahkan di pergaulan sehari-hari. Orang-orang atas dasar iri dan benci ingin ingin menzolimi kita. Menebar aib, bergibah hingga memfitnah tiada henti. Semua itu bisa terjadi, dan pasti di luar rencana manusia.

 

Saat ini p[ula, bukan tidak mungkin. Ada orang-orang yang ketika bertemu dengan kita mereka tersenyum. Tapi begitu kita membalikkan punggung dan berlalu, lisan mereka begitu asyik membicarakan segala aib kita. Ada pula orang-orang yang pandai membicarakan kesalahan kita tanpa pernah bisa menemukan kesalahannya sendiri. Ada yang tampilannya relijius tapi hatinya setan. Orang yang mulutnya manis tapi hatinya busuk. Dan untuk itu semua, kita semua tidak pernah tahu. Karena di luar rencana manusia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Mungkin kita bingung. Kenapa mereka jahat kepada kita. Kenapa mereka penuh prasangka buruk? Kita tidak mencuri, kita bukan penjudi, bahkan bukan bandar narkoba. Jawabnya, mungkin kita masih tidak tahu. Siapa saja mereka itu, kenapa mereka begitu? Apa yang mereka inginkan dari kita? Sekali lagi, kita tidak pernah tahu. Itu realitas yang tidak bisa dihindarkan. Karena di luar rencana manusia.

 

Tapi satu hal yang harus dipahami. Setiap orang tumbuh besar sepaket dengan pecintanya dan pembencinya. Tidak mungkin semua orang mencintai kita. Tapi tidak banyak orang juga yang membenci kita. Itu sudah sunnatullah kehidupan. Asal kita tetap eling dan waspada. Kerjakan yang baik dan tebarkan manfaat kepada sesama. Biarkan orang-orang jahat bergerak dengan pikiran dan perilakunya. Biarkan!

 

Ketahuilah, manusia paling mulia akhlaknya sekalipun. Manusia yang paling indah senyumannya. Orang yang paling menentramkan suaranya. Penuh kelembutan dan tatapannya hangat. Manusia pilihan-Nya sekaliber Nabi Muhammad SAW pun tetap ada pembencinya. Ada saja orang-orang yang memusuhinya, apalagi kita.

 

Tapi jangan khawatir. Rileks saja dan tetaplah berbuat baik. Karena sehebat-hebatnya rencana orang-orang jahat, pasti mereka tidak akan pernah bisa merencanakan untuk mencelakai kita melebihi apa yang AllAh takdirkan untuk kita. Karena apapun dan siapapun berjalan sesuai kehendak-Nya.

 

Orang-orang jahat boleh punya rencana. Mereka boleh lakukan apapun sekalipun jahat. Tapi ingat, Allah juga sudah punya rencana. Dan rencana Allah jelas lebih baik untuk kita. Lebih pasti ketetapannya. "Dan mereka membuat rencana (tipu daya), maka Allah pun punya rencana (tipu daya). Dan Alloa sebaik-baik pembalas tipu daya." (QS. Ali 'Imran: 54)

 

Mumpung di bulan puasa. Muhasabah diri saja, kuatkan sikap tawakal. Tidak perlu ambil pusing dengan apa yang orang lain pikirkan tentang kita. Jangan kepo dengan rencana jahat orang lain untuk kita. Jangan mencari tahu apa yang mereka lakukan di belakang kita. Agar hati kita tetap sehat, agar prasangka kita tetap baik. Agar ibadah kita lebih khsyuk. Dan akhirnya senyum kita tetap tulus. Sisanya, biarkan Allah saja yang urus. Dia maha berkuasa, maha besar.

 

Hikmah penting di bulan puasa. Sekalipun di kelilingi orang jahat, tetaplah berserah diri sepenuhnya kepada Allah. Tanamkan sifat tawakal dan selalu sabar dalam kondisi apapun. Sehingga kita selalu menjadi hamba yang bersyukur. Salam literasi #NgabubuRead #TamanBacaaan #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB