x

Ilustrasi Study Tour. Gambar dari Pixabay.com

Iklan

Nathasya Adelia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Mei 2024

Senin, 20 Mei 2024 07:19 WIB

Pentingnya Memeriksa Uji Kelayakan Bus Study Tour Siswa

DPR akan melakukan evaluasi atau peninjauan kembali terhadap cakupan penyelenggaraan studi banding bagi pengembangan pendidikan siswa.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perpisahan siswa SMK Lingga Kencana, Depok, yang berakhir dengan duka, mengangkat konsep study tour dan field trip. Salah satu bus yang membawa rombongan kehilangan kendali dan bertabrakan dengan mobil dan tiga sepeda motor, lalu terbalik. Dari 11 korban tewas, sembilan orang pelajar, satu guru, dan satu pengendara sepeda motor. Kecelakaan maut ini terjadi di Subang, Jawa Barat pada Sabtu, 11 Mei 2024.

Sandiaga Uno mengimbau sekolah lebih berhati-hati dalam memilih bus untuk perjalanan sekolah. “Saya menghimbau kepada instansi atau organisasi penyelenggara wisata untuk memastikan kendaraan yang mereka gunakan dalam kondisi baik dan mematuhi peraturan pemerintah,” ujarnya.

Kapolres Wibowo mengungkapkan, penyebab utama kecelakaan yang menewaskan 11 orang di Ciateri ini adalah rusaknya sistem rem bus. Menurut wakil ketua panitia tujuan utama study tour adalah untuk belajar, bukan berwisata.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

DPR akan melakukan evaluasi atau peninjauan kembali terhadap cakupan penyelenggaraan studi banding bagi pengembangan pendidikan siswa. "Kalau saya lihat, ide sekolah mandiri itu benar. Mereka belajar. Hasil karyawisatanya apa? Kalau karyawisata ke museum, kebun binatang, tempat bersejarah di mana Itu. Masih masuk akal,” kata Dede, Kamis, 16 Mei 2024 saat ditemui di Kompleks DPR, Jakarta Pusat.

Seorang guru, sembilan siswa dan seorang pengendara sepeda motor dilaporkan tewas dalam kejadian tersebut. Sementara itu, puluhan orang lainnya mengalami luka-luka.

Untuk mencegah hal serupa terjadi, beberapa pemerintah daerah dan dinas pendidikan setempat memutuskan untuk melarang atau membatasi study tour ke luar kota..

Ikuti tulisan menarik Nathasya Adelia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler