x

Damien Hirst

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Sabtu, 25 Mei 2024 16:44 WIB

Damien Hirst Memundurkan Tanggal Pembuatan Ribuan Karya Lukisnya

Damien Hirst memundurkan tanggal setidaknya 1,000 lukisan enamel di atas kertas untuk proyek NFT 2021. Hirst, yang awal tahun ini ditemukan telah memundurkan tanggal beberapa karya formaldehida yang membuatnya terkenal, menjual lukisan dengan jaminan, bahwa lukisan itu berasal dari tahun 2016, padahal sebenarnya lukisan itu diproduksi secara massal oleh staf pada tahun 2018 dan 2019.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Damien Hirst memundurkan tanggal setidaknya 1,000 lukisan enamel di atas kertas untuk proyek NFT 2021. Hirst, yang awal tahun ini ditemukan telah memundurkan tanggal beberapa karya formaldehida yang membuatnya terkenal, menjual lukisan dengan jaminan,  bahwa lukisan itu berasal dari tahun 2016, padahal sebenarnya lukisan itu diproduksi secara massal oleh staf pada tahun 2018 dan 2019.

Karya-karya yang dimaksud berada di bawah rubrik yang disebut lukisan spot yang mulai dibuat Hirst pada pertengahan tahun 1980-an. Sepuluh ribu kanvas yang sibuk dan bergetar dilukis sebagai bagian dari seri yang disebut "The Currency", yang ditawarkan Hirst untuk dijual melalui Heni, dealer yang dijalankan oleh manajer bisnisnya.

Tersedia dalam bentuk NFT atau lukisan di atas kertas, karya-karya tersebut masing-masing dihargai $ 2,000 dalam upaya untuk menarik kolektor yang kurang mampu. Mereka yang memilih opsi NFT diyakinkan bahwa versi fisiknya akan dibakar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Setiap karya dikatakan "dibuat dengan tangan pada tahun 2016." Namun, menurut artforum.com, mengungkapkan bahwa lukisan-lukisan tersebut dibuat pada tahun 2018 dan 2019 di dua studio milik perusahaan Hirst, Science Ltd. oleh lusinan pelukis yang bekerja di tempat yang disebut oleh salah satu sumber sebagai "jalur produksi Henry Ford."

"Lukisan tersebut dibuat dengan tangan sehingga terlihat seperti cetakan, tetapi sebenarnya bukan cetakan," kata Hirst kepada pada saat pembuatannya.

Hirst menjual lebih dari 5,000 karya fisik, menyimpan 1,000 iterasi NFT untuk dirinya sendiri, dan menjual sisanya sebagai NFT, membakar karya fisik dalam sebuah acara yang difilmkan pada musim gugur 2022.

Setiap karya fisik yang tersisa memiliki titik mikro, stempel keaslian yang diembos dan, dengan pensil, judul, tanggal, dan tanda tangan; ini sesuai dengan yang terlihat dalam versi NFT. Semua kecuali dua - masing-masing bertanggal 2018 dan 2021 - bertanggal 2016.

Pengacara Hirst and Science Ltd. tidak menyangkal perbedaan antara penanggalan karya dan tahun pembuatannya yang sebenarnya, tetapi berpendapat bahwa sang seniman tidak sengaja menyesatkan, dengan mengatakan bahwa sudah menjadi "praktik yang biasa" bagi Hirst untuk memberi tanggal pada karya-karya konseptual berdasarkan tahun pembuatannya, dan bukan pada tahun pembuatannya. ***

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler