x

Iklan

Pevi Revina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tips Supaya IQ Anak Meningkat

Pengertian IQ, Beberapa Tips supaya IQ anak meningkat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mempunyai anak yang pintar atau pandai merupakan dambaan bagi setiap orang tua. Berbagai cara akan ditempuh oleh orang tua supaya sang anak menjadi pintar. Mempunyai IQ yang tinggi diyakini oleh sebagian masyarakat sebagai jaminan masa depan yang cerah bagi sang anak. Istilah EQ diperkenalkan pertama kali oleh John Mayer dan Petter Salowey di awal tahun 1990-an. Sedangkan pada tahun 1995, Faniel Coleman mempopulerkan istilah ini lewat bukunya yang bertajuk Emotional Intelligence: Why It Can Matter Than More IQ. Istilah IQ sendiri merajuk kepada kecakapan seseorang dalam memahami perasaannya dan perasaan orang lain serta kemampuannya bertindak secara akurat berdasarkan pada pemahamannya tersebut.

Beberapa ahli memberikan berbagai tips nya untuk membina serta meningkatkan IQ anak kita. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Beri ASI

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

ASI memang makanan baik yang tiada duanya. Anugrah yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa khusus untuk kaum ibu. Dengan memberikan ASI pada anak kita, maka berbagai macam zat gizi bisa terpenuhi. Selain itu, dengan meminum ASI bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan intelegensi bayi. Semakin lama bayi kita meminum ASI, maka kecerdasan otaknya akan semakin baik. Hal tersebut bisa kita bandingkan dengan bayi yang minum ASI selama 1 tahun dengan bayi yang meminum ASI selama 2 bulan. Tentu akan lebih baik bayi yang meminum ASI selama 1 tahun.

2. Belajar Musik

Dengan belajar musik, maka otak kanan sang anak akan terus berkembang serta kemampuan otaknya akan semakin meningkat. Selain itu, dengan mempelajari musiK hasilnya akan semakin jelas yaitu bisa ditunjukan dengan peningkatan intelligence quotient dan prestasi sekolah seorang anak.

3. Berolahraga

Usahakanlah untuk mengajarkannya berolahraga baik sendiri maupun diikuti bersama kedua orang tuanya. Karena dengan berolahraga tingkat kesehatannya akan meningkat. Apalagi jika berolahraga berkelompok atau bersama orang lain. karena olahraga secara berkelompok bisa meningkatkan rasa percaya diri dan membangun spirit kebersamaan.

4. Permainan Yang Menggunakan Pikiran

Anak kecil tentu suka permainan atau bermain. Karena memang itu adalah dunianya. Tapi, jangan biarkan anak kita bermain dengan permainan yang ekstrim. Gunakanlah permainan yang bisa mengasah otak anak. Buatlah anak kita berpikir dalam bermain.

5. Makanlah Makanan Yang Bergizi Tinggi dan Mengandung Zat Besi

Kurangi anak kita makanan yang banyak mengandung lemak tinggi. Hal tersebut karena tidak baik bagi kesehatannya dan junk food adalah salah satu makanan yang berlemak tinggi. Makanlah makanan yang sehat, bergizi tinggi serta makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak atau makanan yang mengandung zat besi.

6. Kembangkan Bakat dan Minat Anak

Sebaiknya orang tua melihat dengan seksama minat maupun bakat anak seperti apa. Apabila mempunyai minat yang positif, maka bantu dan doronglah untuk mengembangkannya. Kenalkan dan ajarkanlah keterampilan baru kepada anak kita. Dengan begitu pengetahuan anak akan terus bertambah.

7. Jadikanlah Anak yang Gemar Membaca

Bagi sebagian orang yang malas membaca buku merupakan pekerjaan yang monoton dan membosankan. Padahal dengan banyak membaca akan meningkatkan intelligence quotient seseorang. Untuk itu, orang tua harus bisa membiasakan anaknya untuk menjadi orang yang gemar membaca. Di mulai dari kecil sediakanlah buku-buku yang dapat menarik minat baca anak, seperti buku dongeng dan lain-lain. Apabila anak kita belum bisa membaca, maka bacakanlah buku tersebut pada anak kita..

 

Ikuti tulisan menarik Pevi Revina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB