Pendekar Tongkat Emas, Nonton Lagi Film Silat - Hiburan - www.indonesiana.id
x

Tara Basro berpose dalam konferensi pers film Pendekar Tongkat Emas di Rollingstone Cafe, Jakarta, 25 November 2014. Film yang terinspirasi komik silat ini bercerita tentang dunia kependekaran akan tayang serempak di bioskop seluruh Indonesia mulai 1

Topik Irawan

Fulltime Blogger
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • Pendekar Tongkat Emas, Nonton Lagi Film Silat

    Setelah dua dekade, Pendekar Tongkat Emas seolah menjawab kerinduan pecinta film silat di penghujung 2014

    Dibaca : 9.149 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sudah lama layar bioskop tanah air kerontang dengan film tema atau genre silat, padahal di dua dekade lalu, film film jenis ini sangatlah digemari, judul judul seperti Si Buta Dari Goa Hantu yang diperankan Ratno Timoer, Wiro Sableng, Saur Sepuh, Tutur Tinular yang dulu menjadi box office karena unsur cerita dan tentu saja ada silatnya disana memikat hati para penonton.

    Silat atau pencak silat adalah jenis beladiri asli nusantara, beragam jurus kembangan dari silat itu sendiri, hampir di setiap daerah di tanah air memiliki jenis dan pakem silat, untuk di daerah Jawa Barat atau tatar Sunda, jurus silat Cimande, atau Cikalong menjadi jurus khas yang sangat dikenal, bahkan tarian Jaipongan pun ada unsur unsur gerakan silat, begitu juga di Sumatera Barat, silat harimau begitu kuat melekat.

    Tak heran film film bertema silat laku di pasaran, itu dulu, namun semenjak era milenium dan kondisi perfilman kita yang morat marit hingga munculnya AADC dan Jelangkung, perfilman Indonesia bangkit dari pingsan panjangnya, namun geliat film tak terasa dijenis film Silat. Namun untungnya di penghujung tahun 2014, hadir film dengan genre silat, ya Pendekar Tongkat Emas seolah menjawab kerinduan pecinta film silat.

    Pendekar Tongkat Emas yang diproduksi bersama antara Miles Production dan Kompas Grup, menawarkan dahaga akan film silat, dan bintang bintang yang berperan dalam film ini tampak total, Christine Hakim yang berperan sebagai Cempaka dan menjadi guru di padepokan silat Tongkat Emas bermain apik, begitu juga dengan Reza Rahardian yang berperan bengis sebagai murid Cempaka bernama Biru, ada juga Eva Celia yang berperan sebagai Dara, tampil juga Slamet Rahardjo yang berperan sebagai Datuk Persilatan.

    Film dibuka dengan sosok tua, dengan latar warna hitam putih dialah Cempaka yang akan mewariskan ilmu pamungkasnya ke pada empat muridnya, cerita terus mengalir, tentang pengkhianatan kedua muridnya yang meracunnya agar mendapatkan tongkat emas secara paksa, Biru dan Gerhana yang diperankan dingin oleh Tara Basro berkolaborasi melenyapkan adik seperguruannya bernama dara yang dipilih oleh Cempaka sebagai ewaris senjata tongkat emas dan akan dibekali dngan ilmu pamungkas Tongkat Melingkar Bumi.

    Belum ilmu itu diturunkan, Cempaka tewas ditangan Biru dan Gerhana, sebuah pembalasan karena Cempak pulalah yang menewaskan orang tua mereka, cerita bergulir ke arah pencarian Dara untuk menemui pendekar Naga Putih sesuai pesan terakhir gurunya, di sinilah cerita terus mengalir, dalam segala kepahitan mencari Naga Putih, Dara kehilangan adik seperguruannya bernama Angin yang dihabisi oleh Biru dan Gerhana.

    Nicholas Saputra bermain apik sebagai pendekar bernama Elang, dan dia ternyata anak dari pendekar Naga Putih dan Cempaka, maka berkolaborasilah Elang dan Dara untuk melawan hegemoni Biru dan Gerhana serta misi untuk merebut kembali tongkat emas.

    Lokasi syuting yang berada di Sumba Timur NTT, dengan latar langit biru, awan putih berarak, gunung, sungai, padang rumput, kita seolah diterbangkan ke imaji masa kecil tentang kehebatan para pendekar, setting yang sangat menakjubkan dan kita layang bangga dengan Indonesia, ya tempat lokasi syuting Pendekar Tongkat Emas begitu menakjubkan.

    Inilah film silat yang hadir untuk kita semua, setelah fim silat menghilang, kini Pendekar Tongkat Emas hadir menjawab semua kerinduan itu, PTE layak ditonton anda sekeluarga, salam film Indonesia berjaya.

     

    Ikuti tulisan menarik Topik Irawan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












    Oleh: Dwi Kurniadi

    Sabtu, 13 Agustus 2022 09:06 WIB

    Sajadah Basah

    Dibaca : 2.475 kali

    Sebuah Puisi karya Dwi Kurniadi