Tahun Baru dan MEA di Depan Mata - Analisis - www.indonesiana.id
x

Asean leaders pose for a photo session at the Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) -Republic of Korea Commemorative Summit in Busan (12/12). REUTERS/Lee Jung-hun

Topik Irawan

Fulltime Blogger
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Tahun Baru dan MEA di Depan Mata

    Memasuki 2015, Indonesia dipastikan menjadi bagian dalam zona Masyarakat Ekonomi ASEAN perdagangan ASEAN. Sudah siapkah kita menghadapi MEA?

    Dibaca : 2.119 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Tahun ini 2015 telah kita buka lembarannya, suasana terompet dan letusan petasan masih terdengar walau agak samar, namun tadi kebisingan dipukul dua belas malam menjadi jadi, semua tampak bahagia dengan pergantian tahun, terlihat kerumunan di gang gang perumahan sambil membakar ikan, jagung atau pun ayam, dan kita resmi berada di tahun 2015.

    Ada tanya lanjutannya, siapkah kita dengan MEA, ya MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN, mulai detik ini, bersiaplah,persaingan akn terjadi dengan ketatnya, dan Indonesia dipastikan akan ikut ambil bagian dalam perdagangan ASEAN, sudah siapkah kita?

    Tantangan dan peluang sama besarnya, tinggal siap siapan dari semua anggota negara ASEAN, secara umum pasar Indonesia sangatlah besar, seandainya semua negara ASEAN digabung mungkin jumlah penduduk Indonesia lebih besar, inilah keunggulan kita yang seharusnya dioptimalkan.

    Sudah saatnya bangsa Indonesia berada di garis depan dan menjadi terbaik di kawasan regional, dengan segala kelebihannya, semoga ALLAH ridho dengan bangsa ini, bangsa yang dibangun dengan cucuran air mata para founding father, dan tongkat estafet sekarang berganti di generasi masa kini, tantangan ekonomi akan semakin ketat, semoga bangsa besar ini tidak oleng.

    Setiap ada tantangan pasti ada peluang untuk memecahkannya, ayo sambut MEA dengan rasa optimis, dan inilah ujian pertama bagi bangsa ini, seperti biasa kita akan berjuang penuh untuk harga diri akan sebuah kedaulatan bangsa.SIAP INDONESIA?

    Ikuti tulisan menarik Topik Irawan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.







    Oleh: Priskila Naomi

    19 jam lalu

    Asa

    Dibaca : 79 kali