x

Keluarga petani duduk di atas jerami padi usai berladang di sawah di desa Samroang Kandal di pinggiran kota Phnom Penh, Kamboja, 26 Januari 2015. (AP/Heng Sinith)

Iklan

Harry Wicaksono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Krisis Komunikasi Halangi Kebahagiaan Rumah Tangga

Komunikasi adalah elemen yang sangat penting dalam membangun rumah tangga bahagia. Namun beberapa pasangan justru mengalami hambatan berkomunikasi sekian lama bersama.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Komunikasi adalah elemen yang sangat penting dalam membangun rumah tangga bahagia. Namun beberapa pasangan justru mengalami hambatan berkomunikasi sekian lama bersama. Komunikasi yang terhambat ini bisa disebabkan oleh beberapa sebab. Misalnya konflik, pertengkaran maupun kesibukan yang tidak bisa diganggu. Jika komunikasi yang terhambat dibiarkan, maka akan mempengaruhi keharmonisan dalam rumah tangga. Lalu bagaimanakah cara memperbaiki komunikasi ini?

Cara memperbaiki komunikasi yang krisis ini sebenarnya tidak terlalu susah. Beberapa tips berikut bisa anda coba untuk mengatasinya:

  • Sering mendengarkan pasangan

    Cara pertama untuk mencairkan komunikasi adalah dengan mendengarkan setiap ucapan pasangan anda. Tak hanya mendengar, tetapi anda juga harus mengerti..

  • Utarakan pendapat
    Iklan
    Scroll Untuk Melanjutkan

    Saat anda berkomunikasi dengan pasangan anda, sebaiknya jangan menutupi sesuatu yang anda sembunyikan. Lebih baik ungkapkan semua perasaan yang anda pendam. Ingat, semua ini demi membangun keluarga bahagia yang anda impikan.

Setelah mengetahui tips tersebut, lalu kapankah saat yang tepat untuk menerapkannya? Saat yang tepat untuk mengungkapkan semua perasaan tersebut adalah ketika pasangan anda memiliki waktu luang. Misalnya saat akhir pekan tiba. Saat itu anda bisa mengajak pasangan anda untuk duduk bersama dan mulai berkomunikasi. Jangan takut untuk memulai pembicaraan. Karena untuk membangun rumah tangga bahagia, rasa gengsi sudah tidak diperlukan. Agar suasana lebih hangat, anda bisa membuatkan secangkir teh untuk meredakan suasana.

Ikuti tulisan menarik Harry Wicaksono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler