x

Iklan

Pevi Revina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Sehat Selalu di Musim Hujan

Penyakit yang biasanya menyerang di musim hujan adalah flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, penyakit kulit, dan demam. Berikut tips menjaga kesehatan di musim hujan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di Indonesia hanya ada dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Namun, akhir-akhir ini musim penghujan di Indonesia tidak menentu. Biasanya di bulan Maret intensitas hujan mulai menurun. Tapi, bulan sekarang di beberapa daerah di Indonesia curah hujan masih tinggi.

Hujan yang terus menerus mengguyur dari pagi hingga malam terkadang menjadi rutinitas yang mau tidak mau harus kita hadapi. Tubuh kita pun akan merasa kedinginan, sehingga berbagai penyakit bisa menyerang tubuh kita. Jika tidak segera mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius, maka kemungkinan besar tubuh kita akan terkena penyakit. Sehingga tak heran jika ruang tunggu dokter akan lebih penuh saat musim ini.

Beberapa penyakit yang biasanya menyerang pada musim penghujan adalah flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, penyakit kulit hingga demam dan lain. Untuk itu di musim penghujan ini kita harus pintar-pintar menjaga kesehatan.

Tips menjaga kesehatan saat musim hujan :

1.    Minum Vitamin

Vitamin ini sangat penting bagi tubuh kita, yaitu untuk menjaga kestabilan system imun. Diantara sekian banyak vitamin, maka vitamin C mempunyai kandungan buah-buahan seperti buah jeruk, buah strawberry dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin akan membantu  meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.

2. Jagalah Kebersihan Lingkungan   

Sebelum musim hujan tiba atau minimal sebelum hujan turun, maka lingkungan kita harus bersih. Supaya tatkala hujan turun sampah-sampah yang berserakan tidak membuat arus air tersendat dan bisa mengakibatkan banjir. Selain itu, hujan yang terus menerus turun akan membuat lingkungan menjadi lebih kotor daripada saat musim kemarau. Hal ini dipicu karena tingkat kelembapan udara yang lebih tinggi yang membuat sampah atau limbah menjadi lebih mudah membusuk yang pada akhirnya menjadi sumber kuman.

Ada beberapa cara untuk membersihkan lingkungan kita supaya tatkala hujan turun tidak menjadi sumber kuman. Diantaranya yaitu dengan mengubur atau membakar sampah, menutup lubang yang berpotensi membuat air hujan tergenang, menutup penampungan air, memotong ranting dan rumput yang terlalu rindang dan lain-lain.

3.    Jaga Asupan Air Minum dan Makan

Meskipun sedang berada di musim penghujan, akan tetapi kita tubuh kita tetap membutuhkan cairan. Untuk itu, minumlah air sedikitnya 1,5 liter perhari. Jika kita bosan terus mengkonsumsi air putih, maka air tersebut bisa kita ubah menjadi teh tawar hangat atau air jahe yang akan membuat tubuh terasa lebih hangat.Tetapi, jangan lupa pula untuk menjaga asupan makan sehat. Biasanya makan yang dianjurkan selama musim penghujan ini yaitu dengan memperbanyak konsumsi makanan hangat dan berkuah agar tubuh tetap merasa hangat meski udara begitu dingin. Makanan hangat tersebut bisa berupa sup kuah, sayuran dengan kuah hangat, soto ayam dan makanan berkuah sehat lainnya.

4. Pola Tidur

Musim hujan biasanya orang malas untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Mereka kebanyakan diam di rumah. Dengan udara yang terasa dingin tentu akan mengundang rasa kantuk. Ambilah waktu istirahat dan tidurlah secukupnya, namun jangan pula tidur dengan waktu atau porsi yang berlebih. Tubuh yang mendapatkan porsi tidur yang berlebih akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot.

5. Pakailah Pakaian Yang Tebal

Ketika musim hujan tiba, maka secara otomatis kita juga harus menyesuaikan pakaian yang kita pakai. Pakaian yang tertutup dan tebal menjadi pilihan utama supaya badan kita terasa hangat. Pakaian dengan model seperti ini tentunya akan menjaga kita dari udara dingin saat musim penghujan.

 

 *) Sumber Photo : tipsehatfajar.com

Ikuti tulisan menarik Pevi Revina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu