x

Pengunjung melihat produk terbaru Samsung Galaxy Note 4 di Senayan City, Jakarta, 31 Januari 2015. Tempo/Aditia Noviansyah

Iklan

Marlin P

Suka bagi-bagi info HP Samsung
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Harga Selangit, Samsung Galaxy Note 3 dan Note 4 Tetap Jadi Incaran

Smartphone tampaknya bukan lagi barang opsional di jaman sekarang, dan Samsung berhasil memukau masyarakat Indonesia dengan produk-produknya, termasuk Galaxy Note 3 dan Galaxy Note 4 yang oke punya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Smartphone tampaknya bukan lagi barang opsional di jaman sekarang, dan Samsung berhasil memukau masyarakat Indonesia dengan produk-produknya, termasuk Galaxy Note 3 dan Galaxy Note 4 yang oke punya. Meski diketahui harga Samsung Galaxy Note 3 dan Note 4 masih selangit, tapi tetap keduanya banyak diincar pecinta gadget di tanah air. Kenali lebih dulu keduanya sebelum membeli; berikut ulasan spek dan harga untuk Anda.

Samsung Galaxy Note 3

Desain dan layar

Bodi dari Galaxy Note 3 ini didesain dengan dimensi 151,2x79,2x8,3 mm dan ketika dibawa pun pengguna akan merasa nyaman-nyaman saja karena bobotnya yang hanya 168 gram; tidak lupa ponsel ini juga dilengkapi dengan Micro-SIM, S Pen stylus. Samsung dalam hal layar menggunakan Super AMOLED kapasitif yang menawarkan 16 juta warna lebih. Layar dengan besar resolusi 1920x1080 piksel ini berukuran 5,7 inci dengan kemampuan multitouch dan tidak perlu takut akan mudah tergores atau rusak karena Corning Gorilla Glass 3 siaga melindungi layar ponsel.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hardware

Performa dari sebuah smartphone tentu jadi hal penting yang perlu diperhatikan, dan untuk mendukung kinerja Note 3 supaya bagus, Samsung menggunakan chipset Exynos 5 Octa 5420 prosesor Quad Core Cortex A7 yang berkecepatan 1,3 GHz untuk N9000, dan Snapdragon 800 Qualcomm Quad Core Krait 400 yang menawarkan kecepatan 2,3 GHz untuk N9002 dan N9005. Grafisnya pun sudah terbilang memukau dengan Mali-T628 MP6 yang tertanam di N9000 dan Adreno 330 yang digunakan untuk N9002 dan N9005. Sistem operasi yang dipilih Samsung untuk Galaxy Note 3 adalah Android Jelly Bean v4.3 yang bisa diupgrade ke KitKat v4.4.2 dan masih bisa diupgrade lagi ke Lollipop v5.0 kapan saja pengguna menginginkannya. Kinerja semakin baik dengan adanya dukungan RAM dengan kapasitas yang besarnya 3 GB.

Sektor kamera

Karena tergolong HP kelas atas, tentu bisa ditebak bahwa harga Samsung Galaxy terbaru masih dibanderol tinggi, tapi lihat juga spek kameranya. Ada dua kamera yang ditawarkan oleh Samsung; kamera sekunder yang ada di depan memiliki resolusi 2 MP, sedangkan kamera utama yang terletak di bagian belakang diberi kualitas 3096x4128 piksel, 13 MP. Fitur-fitur keren yang bisa didapat adalah smile/face detection, touch focus, HDR, panorama, geo-tagging, image and HD video recording, dual shot, LED flash dan autofocus menjadikan aksi pemotretan makin seru karena hasilnya yang bakal super. Video dengan mutu 1080p pun ada untuk N9000, sedangkan untuk N9002 dn N9005 video berkualitas 1080p dan 2160p; tidak diragukan lagi kalau pengabadian momen spesial ke dalam video berakhir sempurna dan hasilnya pasti HD dan sangat tajam.

Kekuatan baterai

Mungkin yang sering kita temui, smartphone lainnya rata-rata memiliki baterai yang kekuatannya hanya 1000 hingga 2000 mAh, tapi Samsung kali ini menyematkan baterai berkapasitas 3000 mAh yang jelas besar. Mau dibiarkan dalam keadaan standby saja, ponsel cerdas ini bakal bisa bertahan hingga kurang lebih 420 jam. Namun, jika digunakan untuk berkomunikasi sesering mungkin dalam sehari, talk time-nya bisa mencapai kurang lebih 21 jam.

Memori penyimpanan

Memori internal yang berkapasitas besar adalah yang paling dicari oleh para pecinta smartphone dan untuk Galaxy Note 3, ada tiga versi yang bisa dipilih, 16/32/64 GB. Kalau memilih yang paling kecil kapasitasnya, jangan khawatir bila pada akhirnya butuh memori lebih. Ada slot memori eksternal yang bisa diandalkan; memori jadi bisa diekspan sampai 64 GB.

Samsung Galaxy Note 4

Desain dan layar

Dirilis tahun lalu, yaitu September 2014, Note 4 berhasil menarik perhatian para penggemar gadget di Indonesia sekalipun ponsel cerdas ini sama kelasnya dengan Note 3; bisa ditebak kisaran harga Samsung Galaxy Note 4. Untuk bodi smartphone satu ini, Samsung membuatnya dengan dimensi 153,5x78,6x8,5 mm; ponsel MicroSIM ini juga nyaman dibawa ke manapun karena bobotnya hanya 176 gram. Seperti halnya Note 3 yang sudah dilengkapi dengan S Pen Stylus, ada satu lagi yang perlu diketahui, yaitu Fingerprint sensor untuk PayPal.

Layar oke juga menghiasi ponsel ini; tipe yang dipilih Samsung adalah Super AMOLED kapasitif. Datang dengan ukuran 5,7 inci, layar Galaxy Note 4 mempunyai resolusi besar, 2560x1440 piksel dan bahkan diberi kemampuan multitouch untuk multitasking yang lebih seru. Tidak perlu takut akan layar yang mudah kena gores karena pelindungnya saja sudah canggih, Corning Gorilla Glass 4 adalah yang terbaik yang bisa diandalkan.

Hardware

Ketika melihat daftar harga Samsung Galaxy yang rata-rata selangit, jangan lupa dengan hardware yang mendukung performa dan kualitas si ponsel; untuk Galaxy Note 4 SM-N910C, Samsung membenamkan prosesor canggih Quad Core Cortex-A57 berkecepatan 1,9 GHz dan Quad Core Cortex-A53 dengan kecepatan 1,3 GHz. Kinerja makin baik dengan adanya chipset Exynos 5433 dan untuk kualitas grafis terbaik, ada Mali-T760 yang dipilih Samsung.

Galaxy Note 4 SM-N910S beda lagi karena performanya didukung oleh prosesor Quad Core Krait 450 berkecepatan 2,7 GHzdan Snapdragon 805 Qualcomm. Adreno 420 digunakan Samsung untuk memberikan kualitas terbaik untuk sektor grafisnya. Performa super keduanya tidak lepas dari sistem operasi Android KitKat v4.4.4 yang bisa diupgrade ke Lollipop v5.0, serta RAM yang berkapasitas 3 GB.

Sektor kamera

Harga Samsung Galaxy Note boleh tinggi tapi ada kualitas yang didapat, termasuk juga kamera yang oke, seperti pada Note 4 ini. Kamera sekundernya berkualitas 3,7 MP dan kamera utama diberi kemampuan 16 MP berikut fitur-fitur luar biasa, seperti smile/face detection, HDR, panorama, touchfocus, geo-tagging, HD image and video recording, dual shot, LED flash, autofocus, serta optical image stabilizer. Video call juga bakal asyik dan juga aktivitas merekam video karena kualitas yang diberikan adalah 2160p dan 1080p ditambah adanya dual video rec. dan optical stabilizer yang belum ada pada Note 3.

Kekuatan baterai

Kapasitas baterai yang diberikan tentu lebih besar dari Note 3, yaitu 3220 mAh. Daya tahan ponsel bisa sampai kurang lebih 82 jam jika digunakan untuk memutar lagu seharian. Tapi kalau digunakan untuk berkomunikasi sesering mungkin dalam sehari, talk time diperkirakan bisa kurang lebih sampai 20 jam yang cukup baik sehingga tidak perlu terlalu sering mengecas.

Memori penyimpanan

Memori internal besar tentu jadi favorit banyak pengguna smartphone dan Samsung menyediakan 32 GB sebagai besar kapasitas memori penyimpanan. Namun, bila belum terlalu puas dengan kapasitas tersebut, memori masih bisa diekspan dengan menggunakan slot memori eksternal. Ekspansi bisa dilakukan sampai 128 GB sehingga para pengguna dengan banyak hal yang ingin dikoleksi bisa terbantu dan lebih puas. Bisa dilihat dari Galaxy Note 3 dan 4 bahwa meski mahalnya harga Samsung Galaxy, spek dan teknologi yang ditawarkan tidak main-main dan selalu berkualitas tinggi.

 

Sumber: hargasamsung.com

Ikuti tulisan menarik Marlin P lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu