x

Iklan

dian basuki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Big Data: Konvergensi yang Mengguncang

Salah satu kecenderungan penting yang semakin jelas ialah konvergensi Social, Mobility, Data Analytics, dan Cloud Computing.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Data menyediakan nilai bisnis luar biasa. Banyak business leader meyakini data adalah bentuk baru kapital—bukan hanya mesin, lahan-bangunan, dan uang. Saat ini, indeks berbicara tentang nilai merek Anda. Di masa depan yang tidak terlalu lama lagi, akan ada indeks yang berbicara mengenai nilai data Anda. Informasi tentang orang, tempat, dan benda-benda akan menjadi pembeda bisnis Anda dari yang lain.

Laporan yang diterbitkan oleh Warsaw Institute for Economic Studies (2014) mengungkapkan kecenderungan masa depan bahwa kegiatan ekonomi akan mengarah kepada data-driven economy. Big data analytics memengaruhi cara kerja ekonomi melalui tiga cara, yaitu memperbaiki efisiensi penggunaan sumber daya, memperbaiki produk dan proses melalui inovasi, dan memperbaiki manajemen melalui pengambilan keputusan berbasis bukti dan data.

Pemanfaatan big data analytics akan semakin meluas ke berbagai bidang dan memengaruhi bagaimana ekonomi berjalan. Penting dan mendesak bagi pelaku bisnis untuk beradaptasi terhadap perubahan atau tertinggal dalam kompetisi. Pemerintah harus menata ulang cara mereka mengelola pelayanan publik dengan memanfaatkan big data analytics.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu kecenderungan penting yang semakin jelas ialah konvergensi Social, Mobility, (Data) Analytics, dan Cloud (Computing)—keempatnya menuju titik yang sama. Konvergensi akan mengikis batas-batas yang selama ini masih ada di antara keempat entitas ini dan menyingkapkan peluang yang nyaris tak terbatas.

Perpaduan empat kekuatan ini akan membawa big benefit bagi bisnis, pengalaman yang lebih kuat bagi konsumen, serta efektivitas dan efisiensi kerja bagi karyawan dan perusahaan. Mengapa demikian?

Social networks menghubungkan manusia dengan cara baru dan menarik. Jutaan orang mengirim pesan suka dan kecewa, pujian dan kritik. Di ranah bisnis, media sosial bukan lagi hanya menjalankan fungsi customer service, tapi juga pemasaran dan penjualan. Data yang Anda himpun dari pelanggan dapat dimanfaatkan secara efektif melalui media ini. Jejaring sosial menjadi keharusan bagi perusahaan, pemerintah, juga entitas lain yang ingin meningkatkan kinerjanya.

Bagaiamana dengan mobility. Semakin tidak mudah bagi siapapun yang hidup di era digital untuk lepas dari mobile devices. Peranti mobile telah menopang mobilitas manusia yang kian tinggi dan mengubah cara mengakses konten digital menjadi jauh lebih mudah dan kaya pengalaman. Berkat mobile devices, kapan saja dan di mana saja kita dapat berbicara, membeli produk, menulis food reviews, mengirim laporan, dan merespons isu publik.

Lalu (data) analytics. BilaAnda pelaku bisnis atau pejabat publik, mengadopsi strategi teknologi informasi yang tepat sangat diperlukan untuk menangkap peluang big data. Analitik adalah cara untuk menggali insight dari big data dan menemukan apa keinginan dan kebutuhan pelanggan Anda, atau apa yang dikeluhkan mayoritas warga kota Anda, apa topik yang tengah menjadi trend pembicaraan. Berbekal analisis prediktif, Anda dapat memperkirakan perilaku pelanggan Anda.

Cloud adalah platform yang selalu ‘on’, yang menjalankan fungsi komputasi, akses kepada jaringan, serta tempat penyimpanan data. Cloud diperlukan untuk mendukung keterbatasan mobile. Cloud menyediakan lingkungan infrastruktur untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang dihimpun melalui mobile dan social networks. Cloud merupakan jalan keluar untuk menjalankan proses-proses analitik big data, yang outcome-nya dapat diakses dari manapun.

Konvergensi ini akan menjadi leading disruptor yang mengguncang lingkungan bisnis-teknologi dalam waktu tidak lama lagi. Sebagai pengambil keputusan, dalam bisnis maupun pemerintahan, apakah Anda hanya ingin menjadi penonton? (sumber ilustrasi: digital-warriors.com) ***

Ikuti tulisan menarik dian basuki lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu