Kopi Bakar - Analisis - www.indonesiana.id
x

Thamrin Dahlan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Kopi Bakar

    Kopi Bakar ini bukan seduhan kopi hangat. Serbuk kopi dibakar menghasilkan kepulan asap digunakan untuk mengusir lalat yang beredar di meja makan.

    Dibaca : 3.351 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Mau izin konfirmasi dulu kepada Pakar Kopi sedunia. Pasalnya awak menemukan pengalaman baru terkait kopi bakar. Selama ini dikenal dalam dunia perkulineran nusantara adalah jagung bakar, ikan bakar, ubi bakar dan ayam bakar serta jenis bahan mentah lainnya yang bisa dibakar sebelum dinikmati.  Referensi Kopi Bakar ?

    Baru tahu setelah kemarin Senin, 16 Nopember 2015 ketika menyaksikan si Buyung karyawan Kedai Induk Raya menebarkan bubuk kopi di atas piring kaleng kecil Kopi bubuk itu  kemudian di sulut dengan pematik api, dhess langsung nyala. Setelah nyala sebentar maka keluarlah asap tebal mengepul dengan aroma khas kopi.

    Yes Kopi bakar yang memproduksi asap itu di gunakan untuk mengusir lalat. Lalat berhamburan lenyap tidak tahan mengisap aroma kopi bakar dan amanlah rendang, kalio, gulai ikan mas dari gangguan lalat lalat kecil,... ajaib.

    Jadi kopi bakar bukan untuk dinikmati sebagai jenis makanan atau minuman namun dia berfungsi sebagai media untuk mengamankan hidangan di atas meja dari serangan serangga serangga kecil.  Inilah fungsi kedua kopi setelah sangat terkenal di dunia sebagai minuman tersedap dengan aroma khas sesuai dengan jenis koipi dan asal tanah tempat dia ditanam. 

    Si buyung menjelaskan bahwa semua jenis bubuk kopi bisa dibakar dan kemudian dapat pula di fungsikan atau di jadikan obat nyamuk. Produksi Asap dari kepulan kopi bakar itulah yang menjadi alat untuk mengusir nyamuk.  Boleh juga sih dicoba, karena biasanya bau obat nyamuk bakaran tradisonel kurang enak bagi si hidung.

    Boleh juga neh di praktekkan di rumah, asalkan jangan membakar bubuk kopi berkualitas produk gayo Pak Syukri pasti berang.  Bakar saja kopi bubuk yang sudah expired atau basi. Kopi bekas itu sayang jangan dibuang bisa berfungsi untuk mengasapi hidangan sekalian mengamankan dari gangguan lalat lalat kotor yang tak pernah cuci tangan.

    Penasaran dengan kajaiban kopi bakar, serta merta tadi pagi, Selasa 17 November 2015 awak mengambil stock kopi bubuk yang masih tersedia dilemari dapur.  Langsung saja awak tebarkan diatas piring kecil dalam bentuk gundukan.  Korek api beraksi dan dhezz, kopi bubuk segera menyala sembentar.  

    Kemudian nyala api itu membuat arang maka  keluarlah kepulan asap mengelilingi hidangan nasi goreng awak sebagai menu  sarapan pagi.  Jadi sobat tidak perlu lagi menggunakan nyala lilin guna mengusir si lalat. Simpan lilin dengan rapi di laci, nanti saja digunakan ketika PLN bertingkah alias lampu padam tanpa pemberitahuan.  

    Dokumentasi foto koleksi pribadi  

    Salamsalaman

    TD

     

     

    Ikuti tulisan menarik Thamrin Dahlan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.