x

Iklan

Iwan Singadinata

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Kondisi Jalan Selatan Empat Kecamatan di Tasikmalaya Rusak Parah

Pemkab Tasikmalaya Tutup Mata

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Kondisi Jalan Selatan Yang Menghubungkan Empat Kecamatan  Di Kabupaten Tasikmalaya Dibiarkan Rusak Parah

Kerusakan infrastruktur jalan Provinsi dari warungpeuteuy Kecamatan Mangunreja menuju arah  selatan ke Kecamatan Taraju dan Kecamatan Sodong melewati Kecamatan Puspahiang membutuhkan penanganan yang serius dari pihak-pihak terkait, selain jalan berliku dan banyak tikungan tajam,juga rentan longsor ,badan dan permukaan jalan berlubang disertai tonjolan-tonjolan, apabila pengguna jalan  baik kendaraan roda dua maupun empat tidak extra hati – hati tentang hal ini, bukan tidak mungkin akan  menimbulkan kecelakaan yang fatal sehingga  menelan korban jiwa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pemerintah Daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tasikmalaya , seharusnya cepat tanggap untuk dijadikan salah satu  pekerjaan rumah tersendiri ,karena jalan ini merupakan aktivitas transportasi centra Produksi palawija , teh dan manggis dalam menunjang laju Pertumbuhan  Pembangunan Perekonomian  Daerah.

Bila dibiarkan terus-menerus kerusakan  jalan tersebut,  sangat jelas membahayakan semua pengguna jalan dan melumpuhkan aktivitas warga di empat kecamatan,lihat saja sepanjang jalan  kurang lebih 50 kilomiter tak ada yang tersisa badan jalan dan permukaannya  rusak parah tak punya pilihan, kilah seorang warga yang setiap harinya melakukan aktivitas perdagangan dari ujung taraju ke Singaparna Ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam penulusuran beberapa awak media, saat melintasi sepanjang jalan ini menuju Kecamatan Taraju yang dulu hanya ditempuh satu jam dari  Singaparna, kini mencapai waktu dua jam setengah akibat kondisi jalan rusak parah. Tak habis pikir bila perjalanan dilakukan dimalam hari, kerawanan akan timbul terjadi karena empat kecamatan yang melintasi sepanjang jalan ini, miskin Penerangan Jalan Umum (PJU).

Tokoh Masyarakat Taraju deudeul, Shohib berharap pihak terkait dapat segera mengatasi kerusakan badan jalan dijalur vital ini, ungkapnya. Sedang wawan suherlan pengemudi angkutan umum mini bus elf, kerusakan jalan jalur Sodong-Singaparna sangat mengurangi pendapatan sehari-harinya, sebab biaya operasionalnya untuk mengisi bahan bakar solar menjadi dua kali lipat dan sparepart jenis ban selalu rusak.

 

Hal serupa juga dikatakan oleh beberapa warga di Kecamatan Puspahiang saat berkunjung ke daerah  tersebut, mereka sangat berharap sekali dan menaruh harapan kepada Pemerintah baik Pusat,  Provinsi maupun  Daerah agar segera memperbaiki kerusakan jalan secara permanen sehingga kenyamanan Pengguna jalan terjamin.

 

Singaparna Kabupaten Tasikmalaya (29/02)

 

 

IWAN SINGADINATA

 

Ikuti tulisan menarik Iwan Singadinata lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

17 jam lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

17 jam lalu