Apa Pantas Zaskia Gotik Jadi Duta Pancasila?

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penunjukkan Zaskia Gotik sebagai Duta Pancasila menuai banyak kecaman dan komentar pedas publik dan netizen.

Kasus Zaskia Gotik beberapa waktu lalu sempat menjadi perbincangan hangat publik dan netizen. Bagaimana tidak, di sebuah acara di televisi, Zaskia Gotik mengganti lambang sila ke 5 Pancasila sebagai 'bebek nungging'.

Lantas, ini membuat publik menjadi marah besar, alhasil Zaskia pun dipolisikan. Beruntung bagi Zaskia Gotik, Permohonan maaf diterima dan tuntutan dicabut. Ia terbebas dari ancaman hukuman yang sudah siap menjeratnya.

Sempat beberapa waktu menghilang, Zaskia muncul dengan berita yang tak kalah heboh. MPR mengundang dan menobatkannya menjadi Duta Pancasila. Beragam anggapan dan pendapat dilontarkan mengenai berita ini.

Ada yang mengecam, ada pula yang memberikan 2 jempol bagi keputusan ini. Lalu, Pantaskah Zaskia Gotik menjadi seorang Duta Pancasila setelah tindakannya?

Pantas saja sih!

Banyak orang yang justru menyambut dengan gembira keputusan yang satu ini. Sebuah peribahasa 'Keledai tidak akan jatuh ke lubang yang sama' menjadi dasar mengapa ini menjadi keputusan yang bagus untuk Zaskia dan Indonesia. Setelah kejadian tersebut, tentu Zaskia akan labih belajar mengenai Pancasila dan butir-butir luhur yang ada di Pancasila. 

Terlebih lagi, dengan jabatan ini, Zaskia tentu akan berusaha keras untuk menjadi orang yang mahir dalam urusan Pancasila. Sebagai duta, ia sudah harus menguasai isi Pancasila dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya mempelajari dan mengetahui isi dari Pancasila. Ini juga akan menjadi motivasi tersendiri bagi masyarakat, terutama para fans Zaskia Gotik, untuk juga turut andi dalam pelestarian Pancasila dan isinya.

Ah, Mending Nggak Usah Deh!

Penunjukkan Zaskia Gotik sebagai Duta Pancasila menuai banyak kecaman dan komentar pedas publik dan netizen. Tindakan tidak terpuji yang pernah dilakukan oleh Zaskia menjadi pertimbangan tersendiri bagi publik dan netizen untuk membenci keputusan ini. Keputusan ini menjadi konyol karena menjadikan pelaku penghinaan Pancasila menjadi Duta Pancasila. Ini sama saja menjadikan seorang koruptor menjadi duta anti korupsi ataupun menjadikan penjahat sebagai duta anti kriminalitas.

Rasanya, menjadi duta bukanlah hal yang biasa atau sepele. Perlu pembuktian dengan tindakan nyata sebelum menjadi seorang duta. Sebut saja, Angelina Jolie, yang menjadi duta UNICEF. Hal ini jelas sangat singkron dengan tindakan yang dilakukan oleh istri Brad Pitt tersebut. Ia seringkali mengadopsi anak-anak dari beberapa negara untuk dirawat sebagai bentuk kepedulian akan generasi muda yang gemilang dan bermotivasi. Lalu bagaimana dengan Zaskia Gotik? Jika melihat dari kasus Angelina Jolie, agak menyimpang bahkan berkebalikan. Jolie menunjukkan tindakan nyata lalu ditunjuk menjadi duta, sedangkan Zaskia Gotik menghina lalu menjadi duta.

Keputusan telah dibuat. Anda semua berhak memberikan pendapat, baik positif maupun negatif mengenai berita ini. Ini bisa saja berdampak pada keinginan generasi muda untuk mempelajari lagi Pancasila dan butir-butirnya, atau malah menjadi blunder besar yang dilakukan pemerintah dengan menjadikan seorang pelaku penghinaan sebagai duta Pancasila. Patut ditunggu, tindakan nyata apa yang akan dilakukan oleh Zaskia Gotik selaku Duta Pancasila!

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Oky Handoko

Seorang yang hobi menulis

0 Pengikut

img-content

Memimpikan Jakarta yang Bebas Macet

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua