Tapak Suci UNEJ Sukses Raih Juara Umum - Analisis - www.indonesiana.id
x

Andik Setyawan (PB)

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Tapak Suci UNEJ Sukses Raih Juara Umum

    UKM Tapak Suci Uninersitas Jember (UNEJ) behasil sabet juara Umum pada UMSIDA FAIR OPEN 2016

    Dibaca : 4.283 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

                  Jember – Lima Belas pesilat dari Tim Tapak Suci Universitas Jember (UNEJ) berhasil menyabet juara umum di UMSIDA FAIR OPEN 2016. Umsida Fair Open merupakan kejuaraan pencak silat tingkat Jawa Timur yang digelar setiap tahun oleh UKM Tapak Suci Uniersitas Muhammadiyah Sidoarjo. kejuaraan yang diikuti oleh ratusan atlit dari berbagai daerah  tersebut berlangsung selama 5 hari, diawali dengan Technical Meeting (TM) oleh para manager pada Rabo (13/04). Pelaksanaan pertandingan pencak silat sampai dengan pentupan dan pengumuman juara dilaksanakan selama 4 hari yakni pada Kamis-Minggu (14-17/04) dan dihadiri oleh para atlit pencak silat tapak suci dari berbagai penjuru Jawa Timur yang terbagi kedalam empat kategori, mulai dari usia dini, pra remaja, remaja dan dewasa. Dengan beberapa kelas pertandingan yaitu A,B,C,D,E,F,G,H,I,J Peserta berasal dari berbagai Pimpinan Daerah (PIMDA) Tapak Suci dan perguruan tapak suci di ektra sekolah dan perguruan tinggi. Berlangsung di area lokasi perguruan muhammadiyah Sidoarjo, dengan menggunakan beberapa gedung milik SMAMDA, PC Muhammadiyah Sidoarjo dan UMSIDA kejuaraan berlangsung meriah dan damai.

                UKM tapak suci Unej yang menjadi salah satu peserta atau tim kontingen dalam kejuaraan tersebut berhasil menyabet juara umum pada kategori dewasa dengan rincian 4 emas, 3 perak, dan 1 perunggu. Perolehan tersebut merupakan perolehan terbanyak pada kategori dewasa. Juara umum 1 tersebut diperoleh setelah sebagian besar atlit dari kontingen UNEJ berhasil menjadi pemenang dari setiap kelas yang diperlombakan. 2 Emas disumbang dari kelas tanding D dengan atlit atas nama Hafi, E (Haikal) dan F atas nama pesilat Fitrah. Medali perunggu yang juga didapat UNEJ sebanyak 3 buah, yang di sumbangkan dari kelas pertandingan A (Shella), B (Jannah pi & Winagil pa). Hasil mengesankan tersebut dipeoleh berkat kerja keras dan kerja sama yang baik. Joko, pelatih TIM Tapak Suci Unej saat ditemui menyatakan, “Alhamdulillah, kami berhasil menyabet juara umum, saya ucapkan selamat dan terimah kasih kepada semua atlit, menager dan semua pihak yang terlibat disini. Pencapaian ini merupakan yang terbaik yang diberikan temen-temen untuk Tapak Suci Unej. Ini akan menjadi titik awal kebangkitan Tapak Suci Universitas Jember kedepannya. Semoga dengan hasil ini temen-temen tetap rendah diri dan tetap menjaga semangat latihan dan bertempur digelanggang”(17/4).

                   Kemenangan Tim Tapak Suci UNEJ ini dirayakan dengan berbagai yel-yel dan lagu juara oleh para atlit dan manager pada saat pembagian piala dan pembacaan juara. Hasil lain yang tidak diduga adalah terpilihnya salah satu pesilat dari tim UNEJ sebagai pesilat pria terbaik dalam kejuaraan tersebut. Pesilat atas nama Haikal dari kontingan Jember dengan nomor kelas pertandingan E menjadi pesilat pria terbaik di ajang UMSIDA FAIR OPEN kemarin. Gilang, Ketua umum UKM Tapak Suci Unej mengungkapkan,”Pencapaian ini menjadi hadia terbaik atas kerja keras kami untuk menyongsong kejuaraan ini, saya beharap hasil ini akan menjadi bahan bakar untk lebih membakar semangat kita kedepan, bukan justru membuat kita sombong dan terlena. Masih banyak kejuaraan setelah ini”. Usai penutupan, TIM Tapak Suci Unej langsung kembail pulang menggunakan armada kampus, namun berahirnya kompetisi ini tidak serta merta membut berahirnya rutinitas latihan. Gilang menambahkan, “Rektor Cup sudah di depan mata, bulan depan kita kembali akan bertempur digelanggan. Mari sama-sama mulai menyiapkan diri masing-masing dan kembali menjadi juara”, Pungkasnya. (Andik P.b)

    Ikuti tulisan menarik Andik Setyawan (PB) lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.