x

Iklan

Pakde Djoko

Seni Budaya, ruang baca, Essay, buku
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pemerkosaan yang Mencederai Nurani

Korban pemerkosaan bukan hanya gadis cantik, seksi dan menggairahkan. Anak kecil di bawah umur pun menjadi korban keganasan nafsu seksual manusia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tidak habis-habisnya bangsa Indonesia dirundung duka, Hampir sepanjang hari  berita di koran, majalah, portal berita internet menampilkan informasi”Mengerikan”. Seperti beruntun dan tak berhenti pada satu peristiwa berita pemerkosaan  menjadi sebuah rutinitas,  tren,  penyentak kegagapan manusia pada moralitas yang semakin sengkarut.  Semakin modern,  maju,   terbuka informasi semakin banyak pula mata telinga melihat dan mendengar ketimpangan  di sekitar. Artikel yang saya tulis sebelumnya (Pelecehan Seks di Era Digital) pemerkosaan itu adalah warisan purba manusia. Sejak manusia ada persoalan seks akan selalu hadir . Seksualitas adalah perilaku yang menempel dalam interaksi manusia laki-laki dan perempuan.

Seiring berjalannya waktu, pengaruh psikis, bombardir informasi, pergesekan budaya, kelainan-kelainan genetik yang mempengaruhi perilaku seksual telah mengarahkan manusia menjadi”sadis” bahkan lebih sadis dari pada makhluk lain yang ada di dunia ini. Manusia mempunyai akal tetapi kadang “buta” saat tidak kuat menahan nafsu seksnya. Manusia mempunyai landasan idiologi bernama agama untuk membentengi keimanannya, tapi di tengah  masyarakat agamis muncul  pemberontakan. Di tengah ketatnya aturan agama muncul percikan-percikan  kecil berupa penyimpangan seksual, lama-lama penyimpangan seksual mengalami pembiaran, ditambah dengan  situasi masyarakat yang tengah sakit karena belenggu kemiskinan, ketimpangan sosial,  miskin figur  yang menjadi patron dari perilaku  sosial masyarakat.

Ada banyak hal yang akhirnya menjadi  berita yang menggegerkan. Pembunuhan sadis dengan cara memutilasi korban namun sebelumnya korban diperkosa  dan disiksa hingga menemui ajalnya dengan mengenaskan. Untuk  menghilangkan jejak pembunuh perlu upaya praktis untuk membuang jejak kejahatan. Maka dilakukanlah mutilasi agar mayatnya bisa ditaruh entah di koper, di tas plastik dan media lain yang bisa menutup rapat jejak kejahatan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kejahatan tingkat “dewa”  bermula pada nafsu seksual  yang tidak terbendung. Menemui  “partner “ dari sekumpulan orang yang sedang gandrung pada media digital, terprovokasi  oleh gambar-gambar yang amat mudah dilihat diinternet dan menemui  kliennya yang kebetulan adalah manusia tanggung  kurang bekal moral, kurang mendapat pendidikan yang membekali  generasi muda sekarang dengan penghargaan pada  individu, pada harga diri orang lain, lunturnya empati bertumbuhnya individualisme akibat  dominasi gawai yang selalu menempel di tangan.

Pemerkosaan menjadi berita sehari-hari, selalu datang dan datang lagi modus  yang lebih sadis dari hari hari kemarin. Baru saja  kasusnya di Bengkulu, sudah menyusul berita dari Bandung, Yogyakarta, Jakarta dan di mana lagi. Belum terhapus air mata keharuan melihat betapa sedihnya keluarga YY, Muncul berita V(19) dari Manado yang diperkosa sekitar 19 orang, korban pencabulan US yang tidak mendapat pendampingan memadai, NN  Gadis dari Cirebon  yang digilir oleh lima orang pemuda, serta yang tak kalah hebohnya adalah pemerkosaan yang dilakukan RA(15), R dan IP 3 pemuda  di Tangerang yang memperkosa  gadis EF (29)yang ditaksirnya dengan cara sadis setelah disetubuhi vaginanya  ditusuk dengan gagang cangkul kurang  lebih 60 cm tembus ke dalam.

Apa yang merasuki pikiran manusia sampai bisa berperilaku  biadab. Apakah  semua ini adalah pertanda bahwa dunia tengah sakit. Meskipun secara pencapaian teknologi  peradaban mengalami kemajuan pesat tapi di sisi lain jaman seperti kembali ke masa bar-bar dimana hanya ada hukum alam ala binatang Siapa kuat siapa menang siapa yang lebih perkasa dialah yang bisa memperlakukan makluk lain semau –maunya.

Korban pemerkosaan bukan hanya gadis cantik, seksi dan menggairahkan. Anak kecil dibawah umur pun  menjadi korban keganasan nafsu seksual  manusia.

Lalu apakah ada korelasi pelaku pemerkosaan adalah orang yang berpendidikan rendah? Belum ada penelitian yang memperkuat  alibi tersebut tapi dari  bacaan-bacaan, artikel-artikel yang penulis baca kebanyakan pemerkosa adalah mereka yang akrab dengan minum-minuman keras, pemakai narkoba dan penikmat Film Porno, atau orang yang mempunyai  keterbelakangan pergaulan serta penyimpangan perilaku. Serta yang tidak kalah pengaruhnya adalah karena lingkungan yang mendukung terjadinya pemerkosaan.

Pemerkosaan hak, pemaksaan kehendak atas orang lain adalah pelanggaran hak asasi manusia. Pemaksaan itu mencederai nurani, pemaksaan yang berakhir dengan melayangnya nyawa seseorang sudah masuk dalam kejahatan kemanusiaan, ditambah dengan penyiksaan-penyiksaan adalah sebuah peristiwa luar biasa yang susah diterima nalar dan akal sehat. Pengikisan dampak munculnya pemerkosaan itu adalah keterbukaan . Menerima sex sebagai bagian dari denyut nadi manusia, memahami seksualitas sebagai  hubungan relasi laki-laki dan perempuan yang sama kedudukannya di hadapan Yang Maha Pencipta.

 

 

Ikuti tulisan menarik Pakde Djoko lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Terkini

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB