x

Iklan

Redaksi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Waspada Penipuan Mengatasnamakan Universitas Jember

Modusnya dengan mengirimkan pesan melalui SMS atau media sosial seperti BBM serta WA, yang mengabarkan peserta SBMPTN diterima di kampus Tegalboto.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Makin dekatnya jadwal pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), ternyata digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan tidak halal. Modusnya dengan mengirimkan pesan melalui SMS atau media sosial seperti BBM serta WA, yang mengabarkan peserta SBMPTN diterima di kampus Tegalboto. Pelaku mengaku sebagai pegawai Universitas Jember, dan meminta mentransfer sejumlah uang. “Masyarakat, terutama siswa peserta SBMPTN beserta orang tua harus lebih waspada dan berhati-hati jika menerima kabar tidak jelas terkait penerimaan SBMPTN, apalagi meminta sejumlah uang,” tegas Agung Purwanto, Kepala Bagian Humas dan Protokol Universitas Jember (17/6).

Peringatan Agung Purwanto ini dikeluarkan berkaitan dengan munculnya laporan dari salah seorag orang tua siswa di Situbondo. Putranya yang mengikuti SBMPTN  menerima pemberitahuan melalui SMS bahwa ia diterima di Universitas Jember dari jalur SBMPTN. Setelah dihubungi, si pengirim pesan yang mengaku pegawai di Universitas Jember lantas meminta sejumlah uang dengan alasan untuk daftar ulang. “Untungnya orang tua siswa tadi waspada, sehingga mengecek kebenaran berita ini kepada kami,” tutur Agung.

Agung lantas menceritakan, saat nomor telepon genggam orang yang mengaku pegawai Universitas Jember dihubungi, ternyata sudah tidak aktif. “Kami sudah mencoba menghubungi nomor telepon genggam nomor  082247172900 milik pengirim pesan tadi, tapi sudah tidak aktif,” jelas Agung. Untuk diketahui, pengumuman calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SBMPTN akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2016 nanti. “Sekali lagi, kami menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dengan penipuan yang mengatasnamakan Universitas Jember, jika ada pertanyaan atau hal yang kurang jelas, silahkan ditanyakan langsung kepada kami di Humas Universitas Jember,” katanya lagi. (iim).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

*) Artikel ini merupakan rilis dari Bagian Humas dan Protokol Universitas Jember

   

      

          

Ikuti tulisan menarik Redaksi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu