x

Iklan

Ainun Mahya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

4 Obat Untuk Menghilangkan Jerawat Membandel

Memang banyak cara menghilangkan jerawat dengan obat jerawat yang bisa dipilih, pelajari kandungan obat jerawat yang efektif untuk kamu disini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagian besar orang memiliki jerawat, karena kondisi ini sangat umum sehingga banyak orang mencari cara menghilangkan jerawat. Jerawat tersebut bisa ringan, sedang ataupun parah dan cara yang dilakukan untuk menghilangkan jerawat tersebut bergantung pada kondisinya.

Penyebab jerawat umumnya karena kondisi hormonal kamu yang dipengaruhi oleh hormon androgenic. Hormon ini umumnya aktif pada usia remaja. Sensitifitas pada hormon tersebut yang dikombinasi dengan bakteri pada kulit serta fatty acid pada kelenjar minyak menyebabkan terjadinya jerawat. Karena itulah jerawat banyak terjadi pada area dengan kelenjar minyak seperti punggung, dada, pundak dan wajah.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Obat-Obatan

Terdapat berbagai cara menghilangkan jerawat, salah satunya adalah dengan menggunakan obat-obatan. Kandungan dalam obat-obatan tersebut akan dengan efektif menghilangkan jerawat. Kamu dapat memperoleh obat-obatan tersebut dalam obat jerawat yang dibeli secara bebas di apotek. Tentunya kamu harus mengetahui kandungan obat jerawat tersebut yang efektif untuk menghilangkan jerawat sehingga obat yang dibeli benar-benar ampuh. Berikut kandungan obat jerawat yang bisa kamu cari:

1. Benzoyl Peroxide

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kandungan ini dapat memghilangkan penyumbatan pada jerawat dan menghambat pertumbuhan bakteri. Kamu dapat menemukan kandungan ini dalam sabun, gel, lotion ataupun cairan penyembuh jerawat. Saat menggunakan obat yang mengandung benzoyl peroxide mungkin kulit kamu akan terlihat kemerahan dan mengelupas, jerawat juga terlihat semakin menjadi-jadi. Namun tidak usah khawatir karena memang itu bagian dari cara menghilangkan jerawat dengan benzoyl peroxide. Terus gunakan obat selama 4-6 minggu maka kamu dapat melihat hasilnya.

2. Retinoid

Kandungan ini merupakan extrak dari vitamin A yang dapat memghilangkan penyumbatan pada jerawat dan menyembuhkan pembengkakan. Kelebihan dari retinoid adalah kandungan ini dapat membantumu dalam pembentukan sel-sel kulit yang baru. Dengan demikian tidak hanya jerawat yang sembuh tetapi juga bekas jerawatnya akan hilang. Kamu dapat menemukan kandungan ini pada obat jerawat yang berbentuk gel, lotion, serta krim. Awalnya gunakan maksimal 3 kali untuk seminggu pertama untuk membiasakan kulit Anda, baru setelah itu gunakan tiap hari pada sore harinya.

3. Antibiotik

Bagi kamu yang memiliki kondisi cukup parah, maka cara menghilangkan jerawat yang efektif adalah dengan menggunakan antibiotik. Namun kamu tidak bisa langsung membeli antibiotik secara langsung di apotek karena untuk memperolehnya harus menggunakan resep dokter. Karena itulah jika jerawatmu memang cukup parah pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter sehingga dapat ditentukan antibiotik seperti apa yang cocok. Biasanya dokter akan memberikan resep antibiotik didampingi dengan obat jerawat yang lain agar penyembuhan jerawat menjadi lebih cepat dan efektif.

4. Terapi Hormon

Menurut Harian Gadis, jerawat juga disebabkan oleh hormon androgen maka terapi hormon dapat menjadi cara menghilangkan jerawat yang ampuh. Biasanya terapi ini digunakan oleh wanita yang memiliki tanda-tanda kelebihan hormon androgen seperti penipisan rambut serta menstruasi yang tidak teratur. Dengan terapi ini maka produksi minyak berlebih yang menyebabkan jerawat dapat dikurangi sehingga jerawat akan cepat sembuh. Tentunya terapi ini dilakukan dengan pengawasan dokter yang akan menambahkan obat jerawat lainnya agar proses menjadi lebih efektif.

Memang banyak cara menghilangkan jerawat dengan obat jerawat yang bisa dipilih. Tentunya tidak semua obat tersebut cocok untuk kamu. Karena itulah kamu dapat mencoba beberapa obat untuk menentukan yang paling efektif dan cocok.

Pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter jika memang sudah tidak ada obat jerawat bebas di apotek yang tidak dapat membantumu menghilangkan jerawat.

Ikuti tulisan menarik Ainun Mahya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB