Alumni PC IPM Solokuro Gelar Pertemuan Tahunan - Analisis - www.indonesiana.id
x

Andik Setyawan (PB)

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Alumni PC IPM Solokuro Gelar Pertemuan Tahunan

    Sebuah forum diskusi dan sharing terkait perkaderan di kalangan IPM khususnya di Kawasan Kecamatan Solokuro

    Dibaca : 1.413 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Lamongan - 27 Juli 2016, Nampak puluhan kader IPM yang terhimpun dalam ikatan demisioner PC IPM (Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah, red) Solokuro Daerah Lamongan mendatangai kediama Izni, salah seorang anggota dari perkumpulan Demisioner PC IPM. Kedatangan mereka adalah untuk menghadiri pertemuan tahunan yang bertajuk Halal bi Lalal dan reuni kader sebagai agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Demisioner PC IPM Solokuro. Rudi, Koordinator Acara mengatakan bahwa, “Pertemuan kali ini sengaja kita desain dengan format Hala bi Halal dan Reuni Kader. Kegiatan ini adalah ajang silaturahmi, temu kangen, diskusi dan juga tentunya Ibadah kepada Allah SWT. Saya berharap pertemuan ini akan di manfaatkan sebaik mungkin oleh kawan-kawanku untuk berdiskusi terkait apapun, khususnya masalah kondisi Organisasi IPM Cabang Solokuro yang saat ini sedang dijalankan oleh pengurus aktif periode sekarang”(27/07).

    Kegiatan yang dihadiri oleh ketua umum PC IPM Solokuro periode 2013-2015 beserta presidiun sepengurusan tersebut berlangsung di wilayah paling timur dari beberapa Pimpinan Ranting yang berada dibawah naungan PC IPM Solokuro, tepatnya di Desa Takerharjo Kecamatan Solokuro. Pertemuan yang sudah menjadi agenda rutin di kalangan kader IPM Cabang Solokuro ini sengaja diadakan dan dilaksankan secara berkelanjutan karena berbagai pertimbangan. Beberapa pertimbangan terkait dengan alasan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menjaga ukhuwah (rasa persaudaraan,red) antar kader. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu melestarikan ikatan antar kader yang dahulunya pernah berjuang bersama di kepengurusan Cabang IPM. Alasan lain diselenggarakannya acara tahunan ini juga diungkapkan oleh Azil, Sekum PC IPM 2013-2015 dalam sambutannya bahwa “rasa persaudaraan sesama kader, demisioner atau alumni dikalangan PC IPM Solokuro saat ini sudah mulai luntur, mulai nampak adanya gap antara pengurus diperiode terdahulu dengan pengurus periode selanjutnya, atau pengurus IPM Hari ini yang sedang mengemban amanah”. Dia menambahkan, “Berdasarkan data hasil survei pribadi yang saya dapatkan, pengurus IPM sekarang sudah jarang sekali melibatkan pengurus terdahulu (Alumni/Demisioner, red) didalam setiap kegiatan PC IPM. Hal tersebut menjadikan alumni juga semakin apatis terhadap kondisi organisasi baik internal maupun eksternal organisasi”. Hal tersebut menjadi bahasan krusial pada pertemuan kemaren (27/07) dan menjadi salah satu pertimbangan untuk diselenggarakannya pertemuan-pertemuan semacam ini dikalangan aktifis IPM, khususnya IPM solokuro.

    Pertemuan yang dilangsungkan dengan berbagai rangkaian acara tersebut berlangsung lancar dan damai. Dimulai dengan persiapan menu konsumsi untuk jamuan yang di siapkan secara gotong-royong oleh para peserta Halal bi Halal. Lutfi, Kordinator sie Konsumsi dalam suatu kesempatan menyampaikan, “sengaja kami bikin teknis pertrmuan ini sedemikian rupa, mulai dari persiapan konsumsi kami laksanakan secara berjamaah, bersama-sama dan gotong royong, hal ini untuk meningkatkan solidaritas dan guyup rukunnya temen-temen seperjuangan di IPM”. Usai mempersiapakan jamuan acara dilanjutkan dengan sholat berjamaah dan dilanjutkan dengan makan.

    Suasana mulai khidmat dan agak tegang ketika memasuki sesi formal dan diskusi, peserta yang hadir dari pengurus PC IPM terdahulu ini dengan seksama menyimak pemandu acara yang mulai membacakan rangkaian acara dan membuka sesi diskusi. Diskusi berlangsung dengan damai tanpa kerusuhan dan menghasilkan beberapa keputusan penting terkait dengan ikatan demisioner, organisasi PC IPM dengan beberapa proyeksi kedepan. Nampak Uqud, Notulen Diskusi mengakhiri sesi diskusi dengan membacakan beberapa hasil diskusi, diantaranya adalah “terbentuknya struktur kepengurusan baru di Ikatan Demisioner PC IPM Solokuro yang di kordinatori oleh Rudi Setyawan asal Palirangan, penetapan tempat dan waktu pertemuan tahun depan, serta rencana pembentukan forum komunikasi antar demisioner pengurus PC IPM Solokuro mulai dari periode pertama keengurusan sampai dengan yang baru selesai menjabat. Semoga apa yang sudah kita dapatkan hari ini bisa menjadikan organisasi kita lebih baik lebih berkemajuan,” Pungkasnya. (Andik PB).

     

     

     

    Ikuti tulisan menarik Andik Setyawan (PB) lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.