x

Iklan

muthiah alhasany

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mau Menikmati Hidup? Sayangi Jantung Anda

Jantung adalah organ vital yang harus dijaga.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Semakin sering kita mendengar seseorang meninggal mendadak akibat serangan jantung. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Sekitar 35 % kematian di negara kita adalah karena penyakit jantung, utamanya jantung koroner. Berdasarkan data di Federasi Jantung Dunia pada tahun 2014, angka kematian akibat penyakit jantung mencapai 1,8 juta kasus. Dan saat ini, sebanyak 17,3 juta jiwa meninggal setiap tahun karena penyakit jantung dan stroke.

Mengapa penyakit jantung bisa menyerang kita? Ini menandakan bahwa gaya hidup masyarakat cenderung semakin tidak sehat. Seseorang bisa mengalami penyakit jantung jika aliran darah ke jantungnya terhambat oleh lemak. Penimbunan lemak dalam arteri jantung dikenal dengan istilah aterosklorosis dan menjadi penyebab utama penyakit jantung koroner.

Aterosklorosis mengurangi suplai darah ke jantung, menyebabkan terbentuknya trombosis atau penggumpalan darah. Faktor pemicunya adalah  tingginya kolestrol, merokok, diabetes dan tekanan darah tinggi. Kalau suplai darah terhenti, maka terjadilah serangan jantung.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

gaya hidup

Tanpa kita sadari, kita terjebak dalam pola hidup yang tidak sehat. Terutama yang tinggal di kota-kota besar dimana banyak kemudahan yang membuat kita malas bergerak.  Sementara itu, pergaulan dalam lingkungan di sekitar kita tidak mendorong kita untuk melakukan aktivitas yang berguna bagi tubuh. Bahkan mengundang masuknya  penyakit, misalnya dengan mengkonsumsi rokok dan menggemari makan enak tanpa memikirkan akibatnya.

Ibukota Jakarta, menyimpan banyak pekerja di dalam gedung-gedung. Ribuan pekerja menyerbu Jakarta setiap hari. Mereka datang dari daerah di sekitarnya yaitu Bekasi, Depok, Bogor dan Tangerang. Para pekerja ini membutuhkan makanan yang mudah dibeli agar menghemat waktu.

Fakta ini menumbuhkan bisnis kuliner yang memanjakan pelanggan. Sudah hal yang biasa kalau restoran menyediakan delivery service. Kita tinggal memesan melalui telepon ataupun online, maka makanan akan datang. Kalau pun tidak begitu, karyawan akan meminta office boy untuk membelikan makanan. Dengan sendirinya aktivitas karyawan hanya seputar kantor dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk di kursi.

Seperti halnya mesin, jika anggota tubuh jarang digerakkan akan membuat tubuh semakin mudah sakit, cepat lapuk dan terserang obesitas. Penyakit lain akan datang susul menyusul, seiring dengan pertambahan usia. Penyakit jantung menjadi salah satu ancaman yang paling mengerikan. Serangan terhadap jantung tak bisa diprediksi, bahkan oleh dokter sekalipun. Seseorang bisa meninggal akibat serangan jantung, karena organ ini sangat vital bagi manusia.

Pada umumnya, tak ada orang yang ingin cepat mati. Kita ingin bisa menikmati hidup lebih lama, mencapai cita-cita yang dibangun sejak masih muda dan berkumpul dengan orang-orang yang kita sayangi. Tetapi bagaimana kita bisa menikmati hidup jika tidak menjaga kesehatan, apalagi jika sudah terkena penyakit jantung.

Sebelum terlambat, kita perlu memacu diri untuk mengubah gaya hidup agar lebih sehat. Bila baru dimulai, mungkin akan terasa sangat berat.  Namun kita ingat bahwa hal ini harus dilakukan jika kita masih ingin hidup lebih lama. Mulailah dengan mengonsumsi makanan yang lebih bergizi, banyak serat dan vitamin. Kemudian disusul dengan olahraga yang sesuai dengan usia.

bersepeda

Olahraga yang paling sesuai untuk menyehatkan jantung adalah bersepeda. Olahraga ini sebenarnya cukup menyenangkan. Setelah subuh adalah saat yang tepat untuk bersepeda sambil menghirup udara segar. Bagi wanita, malah bisa dilakukan sambil menuju ke pasar untuk membeli sayur dan barang-barang kebutuhan rumah tangga atau juga mengantar anak ke sekolah.  Sedangkan kaum pria, bisa bersepeda sebelum pergi bekerja.  Bahkan ada yang sengaja bersepeda dari rumah menuju ke kantor. Mereka mandi dan berganti baju di kantor, merasa segar dan sehat sebelum memulai pekerjaan.

Bersepeda juga menjadi olahraga yang paling sesuai untuk kita yang berusia 40-an ke atas karena olahraga ini sebenarnya tidak terlalu berat. Bersepeda tidak menguras banyak tenaga dan gerakan fisik. Di dalam kompleks perumahan, biasanya ada perkumpulan orang-orang yang senang bersepeda. Ada yang kelompok usia tertentu dan ada juga yang campuran. Kita bisa bergabung dalam kelompok-kelompok itu.

Namun sebagian pekerja menganggap olahraga sulit untuk dilakukan karena tidak memiliki waktu luang. Misalnya jika mereka harus berangkat pagi dan pulang malam. Pada akhir minggu, mereka memilih lebih banyak tidur atau istirahat. Padahal, minimal olahraga sekali seminggu untuk menjaga kesehatan jantung. Untuk lebih menggairahkan olahraga, ajak seluruh anggota keluarga sehingga kegiatan ini terasa menyenangkan.

Solusi bagi karyawan yang memiliki jam kerja terlalu padat adalah mencari aktivitas gerak yang bisa dilakukan pada hari-hari kerja. Misalnya dengan selalu berjalan kaki untuk jarak yang tidak begitu jauh, menaiki jembatan penyeberangan dan menggunakan tangga ketika berada di kantor. Perangi rasa malas, sayangi jantung anda.

Selain aktivitas untuk fisik, kita juga harus memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Hindari memakan fast food, tapi lebih banyak buah dan sayur. Kebiasaan merokok dan minuman keras juga harus ditinggalkan karena membuat kondisi jantung semakin buruk. Periksakan kondisi kesehatan secara teratur agar dapat mendeteksi penyakit lebih dini. Misalnya dengan mengecek tekanan darah, kadar gula darah dsb. Gaya hidup sehat adalah mutlak dilakukan jika tidak ingin terserang penyakit jantung dan dapat menikmati hidup ini.

 

Ikuti tulisan menarik muthiah alhasany lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini